Hati-hati! Heboh Modus Pencurian Mobil dengan Selipkan Koin di Gagang Pintu

Penulis Unknown | Ditayangkan 13 Jan 2016

Kian hari tindak kejahatan semakin banyak terjadi. Berbagai modus dilakukan oleh para pelaku tindak kejahatan, mulai dari cara biasa, hingga cara-cara ekstrem. Tak hanya itu, ada juga di antaranya yang menggunakan modus baru yang tidak biasa digunakan oleh para pelaku kriminal yang lainnya.

Seperti baru-baru ini beberapa situs berita online melaporkan bahwa ada metode terbaru yang digunakan oleh pencuri untuk mencuri kendaraan. Modus ini bisa dibilang cukup rapi dan sulit terdeteksi oleh korban.

Hati-hati! Heboh Modus Pencurian Mobil dengan Selipkan Koin di Gagang Pintu

Di artikel tertanggal 7 Januari 2016, America News menulis pelaku pencurian kendaraan bermotor dilaporkan telah menggunakan koin atau uang logam untuk masuk ke dalam mobil. America News kemudian menjelaskan caranya.

Pencuri akan menyelipkan koin ke pegangan pintu penumpang di bagian belakang mobil. Kemudian, mereka menunggu pemilik mobil muncul dan mengikutinya pulang ke rumah.

Hati-hati! Heboh Modus Pencurian Mobil dengan Selipkan Koin di Gagang Pintu

Ketika pemilik mencoba untuk mengunci kembali mobil, mekanisme pengunci akan gagal karena pegangan pintu penumpang macet. Ini memungkinkan pencuri untuk masuk ke dalam mobil melalui pintu penumpang yang tak terkunci.

Pencuri memilih pintu penumpang karena pintu bagian ini jarang sekali diperiksa oleh pemilik mobil ketika mengendarai kendaraan sendirian. Ketika sampai di rumah pemilik biasanya akan mengunci mobil sebelum masuk rumah. Namun, pintu penumpang tidak bisa terkunci karena uang koin menahan sistem central lock pintu mobil.

Dengan cara ini, pencuri bisa masuk ke dalam mobil tanpa takut alarm berbunyi atau repot-repot memecahkan kaca jendela.

Namun situs yang biasa menguak mitos, Snopes, baru-baru ini merilis artikel tentang cara pencuri membobol mobil dengan uang koin. Snopes mengklaim bahwa cara demikian hanyalah hoax.

Meskipun demikian, Snopes, dalam artikelnya menyebutkan bahwa kemungkinan cara ini hanya bisa berlaku di mobil-mobil keluaran lama.

Pihak Snopes juga berbicara dengan departemen layanan di Arnold Chevrolet Buick di Babylon, New York. Hasilnya, seorang mekanik juga tertawa dan menjelaskan klaim itu sangat tidak masuk akal.

Dia menduga cara itu mungkin bisa dilakukan di beberapa kendaraan keluaran lama, tapi tidak terhadap kendaraan dengan fitur sistem central lock.

"Dan di kendaraan model terbaru, jika dicuri dengan cara seperti itu, pemilik akan tahu ketika mengunci pintu mobil dengan cara manual."

Namun, meskipun hal itu dikatakan hoax dan tidak mungkin terjadi pada kendaraan keluaran terbaru, Anda juga tetap harus hati-hati dan waspada, terutama jika kendaraan Anda merupakan kendaraan keluaran lama. Waspada jika seandainya pintu mobil tidak dapat terkunci. Sebaiknya sebelum meninggalkan kendaraan, pastikan terlebih dahulu jika semua pintu sudah terkunci rapat dan tidak mudah dibuka oleh pencuri kendaraan. Jika menemukan sesuatu yang janggal seperti ada koin di gagang pintu, sebaiknya laporkan hal ini kepada petugas yang berwajib. Bukankah waspada itu penting? Semoga bermanfaat bagi Anda, khususnya pemilik kendaraan bermotor.

Sumber : Dream
SHARE ARTIKEL