4 Alasan Kenapa Sulit Cari Pekerjaan dan Masih Nganggur

Penulis Unknown | Ditayangkan 22 Jan 2016

4 Alasan Kenapa Sulit Cari Pekerjaan dan Masih Nganggur

Tingginya angka pengangguran dalam negeri masih menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) pemerintahan Jokowi-JK. Apa lagi, Indonesia saat ini sudah bergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau pasar bebas ASEAN. Para pencari kerja harus bersaing dengan pekerja asing dalam mencari pekerjaan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2015 sebanyak 7,56 juta orang, bertambah 320 ribu orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7,24 juta jiwa.

Sementara jumlah angkatan kerja bertambah 510 ribu orang menjadi 122,38 juta, jika dibandingkan dengan posisi Agustus 2014 yang sebanyak 121,87 juta jiwa.
Secara persentase, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2015 sebesar 6,18 persen, naik dari 5,94 persen pada Agustus 2014.

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di Indonesia memaksa para tenaga kerja Indonesia menjadi pengangguran. Entah mereka yang lulusan S1, D3, maupun SMA.

Bukannya mereka tidak mau bekerja, tapi mereka belum mempunyai kesempatan untuk bekerja. Hal ini yang membuat banyaknya pengganguran di Indonesia.

Berikut ini adalah penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan di Indonesia seperti yang dikutip dari jobsdb.

1. Kemampuan

4 Alasan Kenapa Sulit Cari Pekerjaan dan Masih Nganggur

Kemampuan menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya seseorang mendapatkan pekerjaan. Jika Anda tidak memiliki kemampuan yang diminta oleh perusahaan ditambah dengan pendidikan Anda yang masih di bawah standar perusahaan, maka Anda harus berpikir dua kali untuk melamar ke perusahaan tersebut.

2. Mudah putus asa

4 Alasan Kenapa Sulit Cari Pekerjaan dan Masih Nganggur

Rasa putus asa atau menyerah adalah penyebab utama sulitnya pencari kerja untuk menemukan pekerjaannya. Misalnya, karena latar belakang pendidikan yang belum memenuhi standar perusahaan, seorang pencari kerja lantas memutuskan untuk menyerah pada keadaan.
Namun, Anda harus ingat sebuah pepatah, "Orang yang sukses adalah orang yang tak kenal menyerah."

3. Pengalaman

4 Alasan Kenapa Sulit Cari Pekerjaan dan Masih Nganggur

Dalam hal ini, pengalaman juga menentukan apakah Anda layak bekerja untuk perusahaan tersebut atau tidak. Orang yang berpengalaman adalah orang yang terbiasa dengan dunia kerja dan memahami kemampuan yang dia miliki.

Sekarang, banyak perusahaan yang membutuhkan kandidat yang sudah berpengalaman sebagai pegawainya. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan pekerjaan untuk para fresh graduate semakin menipis.

4. Persaingan

4 Alasan Kenapa Sulit Cari Pekerjaan dan Masih Nganggur

Banyaknya persaingan dalam dunia kerja dapat menyulitkan pencari kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan impiannya. Misalnya, suatu perusahaan hanya membuka delapan posisi jabatan, sedang calon pelamar di perusahaan tersebut mencapai 100 orang.

Hal ini dapat membuat kandidat yang tidak lolos seleksi harus mengurungkan niat mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Persaingan dalam dunia kerja memang sangat ketat.

Semoga sedikit ulasan di atas bisa memberi kita wawasan sebelum mencari pekerjaan agar kita lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Yang terpenting adalah terus berusaha, jangan pernah menyerah atau berputus asa. Selalu melatih skill dan kemampuan yang kita miliki, serta carilah pengalaman sebanyak mungkin. Hal itu pasti akan membuat kita lebih mudah untuk menemukan pekerjaan yang sesuai meski bukan sebagai karyawan kantoran.
SHARE ARTIKEL