Jangan Merebus Botol Susu Bayi! Bukannya Steril, Justru Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Komentar

Semua perlengkapan bayi dan balita memang harus bersih dan steril, terutama dot atau botol susu. Untuk itu, tak jarang para ibu merebus botol susu bayinya yang mereka anggap tindakan itu bisa membuat botol susu bayinya dapat menjadi steril.

Namun, tahukah kita bahwa melakukan hal itu ternyata bisa berbahaya. Mulai sekarang, sebaiknya kita tinggalkan kebiasaan membersihkan botol susu bayi dengan cara merebusnya. Apa alasannya?


Ahli gizi dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Umum Ulin Banjarmasin mengatakan, kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC).

Jika direbus ada kemungkinan plastik ini akan melepaskan residu senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang sangat berbahaya.

“Zat kimia tersebut bisa berbahaya pada sistem reproduksi, saraf dan sistem daya tahan tubuh pada proses perkembangan anak, seperti menyebabkan kanker,” tulis Pramono di grup Gerakan Sadar Gizi.


Pramono juga menyebutkan, kebiasaan merebus botol susu juga menyebabkan Endocrine Disrupter yang menganggu sistem hormon tubuh.

Ini berhubungan dengan kesehatan pertumbuhan dan fungsi organ-organ tubuh dan dapat menimbulkan bahaya.

Lantas bagaimana menyikapinya? Pramono menyarankan, kita harus bijak memilih Botol susu yang aman.

Botol plastik yang aman untuk anak adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP.


Plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan karsinogen, zat penyebab kanker.

Untuk mengetahuinya, kita tinggal melihat lambang #2, #4 dan #5 yang berada di bagian bawah botol.

Botol susu juga sebaiknya tidak dicuci dengan sikat yang keras yang dapat menggores bagian dalam botol sehingga melepaskan senyawa berbahaya.

Waspadai jika botol susu sudah berubah menjadi buram, bisa jadi bagian dalamnya sudah tergores. Lebih baik botol susu bayi diganti setiap beberapa bulan sekali.

Mencuci botol susu plastik agar steril, maka botol sebelum digunakan dengan menggunakan alat steril khusus atau mengocoknya dengan air panas untuk membunuh bakteri jangan merebusnya, sebaiknya cukup dibilas air mendidih beberapa saat.

Itulah bahaya dari kebiasaan merebus botol susu bayi yang dapat menyebabkan penyakit kanker yang terkenal sangat mematikan. Tentunya kita selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati kita bukan? Untuk itu, sesuai saran ahli gizi di atas, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan merebus botol bayi dan ikuti anjurannya dalam memilih botol susu dengan bahan yang aman seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat untuk kita semua, dan buah hati ibu dapat selalu dalam keadaan sehat.

Sumber : Tribunnews
Top