Cara Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak Agar Selalu Tampak Kinclong

Penulis Unknown | Ditayangkan 21 Dec 2015


Emas merupakan salah satu logam yang biasanya digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris. Tak hanya itu, emas juga merupakan logam mulia yang dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang. Ya, karena harga emas relatif selalu naik setiap tahunnya, sehingga sangat menguntungkan jika berinvestasi dalam bentuk emas.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak Agar Selalu Tampak Kinclong

Jika membeli emas yang berupa perhiasan, jangan hanya dipakai atau disimpan saja. Emas juga perlu perawatan secara teratur. Karena keringat dan noda di tubuh dapat mempengaruhi keindahannya.

Inilah cara mudah dan sederhana yang dapat dilakukan dalam perawatan emas hingga tampak kinclong.

– Siapkan air hangat di mangkok. Tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Lalu rendam perhiasan selama 15 menit.

– Angkat sepotong perhiasan, gosok lembut dengan sikat gigi bulu lembut bulu, untuk menghilangkan kotoran di sudut dan celah-celahnya. Bilas dengan air hangat, untuk menghilangkan residu sabun.

– Jika perhiasan telah bersih, keringkan dengan kain lembut. Dan gosok sebentar agar perhiasan bersinar.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak Agar Selalu Tampak Kinclong

Tak hanya emas, cara ini pun juga bisa dilakukan untuk membersihkan perak. Perbedaannya, perak cukup dibersihkan menggunakan air hangat, tanpa cairan pencuci.

Namun jika perhiasan perak terkena noda, berikut ini cara menghilangkannya.

– Jika ingin menghilangkan noda di perak dengan kain pembersih, kita dapat menggosok dengan gerakan dari belakang ke depan atau atas ke bawah (tidak melingkar).

– Jika menggunakan cairan pembersih (cleanser) khusus perak, rendam perak di dalam cairan, dan basuh sebentar. Kemudian keringkan dengan kain. Sekedar info, cleanser tersebut tidak membahayakan perhiasan emas dan platinum, tetapi tidak akan membersihkan keduanya dengan baik.

– Tetapi khusus perhiasan perak dengan ukiran atau desain yang rumit, kita dapat menggunakan pasta perak atau polish untuk membersihkannya. Ambil sedikit pasta dengan kain atau sikat berbulu lembut, gosok perlahan, dari atas ke bawah, lalu bilas dan keringkan.

Sedangkan penyimpanannya, kita dapat meletakkan perhiasan di kotak atau kantong perhiasan berbahan velvel atau suede.

Sebaiknya penyimpanan dalam kantong dipisahkan antara satu perhiasan dengan lainnya, terlebih jika berbeda jenis.

Kita juga bisa menyimpan kotak atau kantong perhiasan di dalam safe deposit box atau filing kabinet berbahan fireproof metal. Jika tidak dipakai, simpan di tempat kering dan tertutup.

Itulah cara membersihkan dan merawat perhiasan emas dan perak. Sehingga perhiasan kita akan selalu tampak kinclong seperti saat baru membeli dari toko. Semoga tips ini bisa dicoba dan bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : Tribun
SHARE ARTIKEL