Anime Terbaik Ini Menuai Beragam Kontroversi Gara-gara Menggunakan Adzan dalam Soundracknya

 03 Dec 2015  Unknown

Noragami Aragoto merupakan salah satu anime terbaik Fall 2015 season ini. Ceritanya sangat kompleks, rapi dan menghibur. Karakter-karakternya juga sangat loveable, serta OST-nya yang enak didengar di telinga membuat anime ini menjadi begitu populer dan disukai. Akan tetapi, kepopuleran Noragami Aragoto ini juga tak lepas dari kontroversi. Mengapa?

Anime Terbaik Ini Menuai Beragam Kontroversi Gara-gara Menggunakan Adzan dalam Soundracknya

Noragami Aragoto menuai kontroversi pasalnya salah satu soundtracknya menggunakan lafadz Adzan. Adzan merupakan sebuah seruan yang digunakan umat Islam sebagai pertanda memasuki waktu shalat.

Pada alah satu OST Noragami Aragoto yang berjudul Pus Button ini terdengar jelas lafadz Adzan yang di-remix dan digunakan sebagai BGM. Jika penasaran seperti apa OST-nya, dengarkan dalam video berikut :

Mungkin banyak dari kalian berpikir bahwa ini hanyalah hoax belaka atau hasil editan dari seseorang yang iseng dan ingin mencari sensasi. Akan tetapi, tampaknya hal ini benar adanya. OST ini sendiri bisa didengarkan pada beberapa episode dari Noragami Aragoto. Contohnya saja pada episode pertama berikut (mulai menit ke 13:50):

Atau dalam episode ke-6 (mulai menit ke 14:40)

Dan sepertinya, netizen pun bereaksi keras penggunaan lafal Adzan dalam OST berjudul Push Button ini. Terlihat banyak muslim yang mulai protes di akun twitter milik Taku Iwasaki –sang merupakan komposer yang menciptakan Push Button. Memang, dalam penggunaan lafal Adzan atau penggalan ayat-ayat suci Al Quran tidak seharusnya digunakan untuk main-main, apalagi dengan memasukkan unsur remix seperti dalam OST anime ini.