6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Penulis Unknown | Ditayangkan 26 Nov 2015


Musim haji tahun ini baru saja usai. Para jamaah haji yang pulang ke Tanah Air tampak terlihat wajahnya berseri-seri dan penuh dengan kebahagiaan karena telah memenuhi panggilan Allah untuk mengunjungi Baitullah, sekaligus menunaikan Rukun Islam yang ke-5.

Namun, bagi sebagian orang yang lain yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji, pasti terbersit sedikit rasa ‘iri’ karena belum bisa pergi ke Tanah Suci Makkah untuk memenuhi panggilan Illahi. Karena untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke-5 ini bukan sembarang orang bisa pergi haji. Diperlukan berbagai persiapan yang matang, tak hanya materi, melainkan fisik dan mental juga.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Bagi mereka yang mampu dalam hal materi, fisik dan mental, tentulah sangat mudah. Namun, bagi mereka yang belum mampu atau tidak mampu, tentu hal ini dirasa sangatlah sulit. Namun, kita tidak perlu khawatir, sebab Allah Maha Pemurah. Allah juga memberikan beberapa amalan yang jika kita lakukan, pahalanya akan setara atau sebesar dengan pahala beribadah haji.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Haji


Keluar Rumah Untuk Sholat Fardhu di Masjid (Mushola) Dalam Kondisi Bersuci.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk menunaikan sholat fardhu, pahalanya seperti pahala haji orang berihram." (HR. Abu Daud).

Sholat Berjamaah di Masjid (mushola) Kemudian Duduk Berdzikir Sampai Matahari Terbit Lalu Sholat 2 Rakaat.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Sesiapa sholat subuh berjamaah lalu berdzikir (mengingat) Allah sampai terbit matahari kemudian sholat 2 rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi).

Dalam hadist lain, dari Abu Umamah dan 'Utbah bin 'Abd, Rasulullah bersabda, "Sesiapa sholat subuh dalam sebuah masjid secara berjama'ah lalu tinggal di dalamnya hingga ia sholat dhuha, maka ia mendapatkan pahala seperti pahalanya orang haji dan umroh, yang sempurna haji dan umrohnya."

Mempelajari atau Mengajarkan Kebaikan di Masjid.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Dari Abu Umamah, Nabi SAW bersabda, "Sesiapa pergi ke masjid, dia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala seperti pahala orang haji yang sempurna hajinya."

Melaksanakan Sholat Fardhu Berjamaah dan Sholat Dhuha di Masjid.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Dari Abu Umamah, Rasulullah bersabda, "Sesiapa berjalan menuju berjamaah sholat wajib, maka dia seperti berhaji. Dan sesiapa berjalan menuju sholat tathawwu' (sunnah) maka dia seperti berumroh yang nafilah (istilah lain sunnah)."
Dalam hadist lainnya, Rasulullah bersabda, "Sesiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan sudah bersuci untuk sholat fardhu maka pahalanya seperti pahala orang haji yang berihram, dan barangsiapa keluar sholat dhuha dia tidak bermaksud kecuali itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumroh. Dan sholat sesudah sholat yang tidak ada perbuatan sia-sia di antara keduanya ditulis di kitab 'Illiyyin'." (HR. Abu Daud)

Umroh di Bulan Ramadhan.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Nabi SAW bersabda, "Umroh pada bulan ramadhan itu bagaikan haji bersamaku." Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW bersabda kepada seorang wanita anshar, "Apa yang menghalangimu untuk ikut berhaji bersama kami?" Ia menjawab, "Kami tidak memiliki kendaraan kecuali dua ekor unta yang dipakai untuk mengairi tanaman. Bapak dan anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan meninggalkan satu ekor lagi untuk kami yang digunakan untuk mengairi tanaman." Nabi SAW bersabda, "Apabila datang ramadhan, berumrohlah. Karena sesungguhnya umroh di dalamnya menyamai ibadah haji." (Lihat Shahih: Shahih At-Targhib, 1117).

Mengurus Keluarga yang Ditinggalkan Pergi Haji dan Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa.

6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

Nabi SAW bersabda, "Sesiapa yang menyiapkan bekala untuk orang yang akan berjihad, ibadah haji, mencukupi keluarga yang ditinggalkan atau memberi makan orang yang berbuka puasa, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala mereka tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun." (Lihat Shahih:Shahih At-Targhib, 1078)

Demikianlah beberapa amalan yang jika dikerjakan pahalanya setara dengan pahala haji. Bagi kita yang belum berkesempatan untuk berhaji, sebaiknya untuk mengerjakan amalan-amalan di atas secara istiqomah sambil berniat untuk segera dimampukan pergi menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

Sumber : Viva
SHARE ARTIKEL