5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan

 12 Nov 2015  Unknown

Di antara sobat pastinya pernah menonton drama serial Korea ataupun mendengar musik K-Pop. Keduanya adalah hal yang banyak diminati, bahkan digilai. Mulai dari cerita dramanya yang menarik, artis-artisnya yang wajahnya unyu abiiss, boyband dan girlband dengan tarian yang energik, serta musiknya yang identik dengan anak muda membuat masyarakat, terutama anak muda menjadi demam dengan hal-hal berbau Korea.
 
5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
Bendera Korea Selatan

Demam akan hal-hal yang berbau Korea ini tak hanya melanda Indonesia saja, tapi juga seluruh dunia. Bahkan, kata-kata populer dari bahasa Korea yang sering digunakan semacam saranghae, oppa, ahjussi, anyeonghasseo juga sangat populer.

Namun, ada fakta-fakta unik lainnya yang belum banyak orang tahu tentang Korea. Fakta-fakta ini tak hanya unik, tapi juga bisa bikin kamu semua ngeri. Apa sajakah itu? Inilah 5 fakta unik sekaligus mengerikan dari Korea Selatan :

5. 40% Atheis

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
Hampir setengah penduduk Korea Selatan adalah atheis, atau tidak beragama

Ini fakta mengerikan. Meskipun kesuksesan di sana merajalela, namun hampir separuh dari penduduknya tidak beragama, atau atheis. Ini semua juga memiliki hubungan erat dengan tingkat stress yang tinggi di kalangan penduduk. Mereka sulit percaya kepada agama karena tidak memiliki kenyamanan untuk menyelesaikan tekanan. Namun demikian agama paling banyak dianut oleh masyarakat korea adalah Budha.

4. Korea Selatan adalah Negara yang Sangat Maju

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
KorSel adalah negara yang sangat maju dari segi teknologi, ekonomi, dunia hiburan, dan transportasi

Untuk Asia, Korea Selatan tergolong Negara yang sangat maju. Samsung berasal dari negeri ini. Bahkan dalam hal ponsel, Samsung kini bersaing terus menerus dengan Apple. Di otomotif, mereka memiliki Hyundai. Untuk urusan uang, mereka memiliki ATM untuk transaksi tersendiri. Kereta cepat memadai. Indonesia bisa dikatakan sangat jauh tertinggal dalam hal ini. Internet di Korea juga merupakan salah satu yang tertinggi di dunia, berkisar 60 Mbps, bukan 64 Kbps lho ya, hehehe… Wisata gratis, konser-konser untuk rakyat. Kuncinya, mereka sangatlah kompak, fighting!!!!! (anda pasti sering mendengar yell ini kan dalam serial drama Korea)

3. Tingkat Stres Tertinggi Di Dunia

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
Pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah di Korea 

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
Angka stress penduduk Korea Selatan tertinggi di dunia

Angka stress di Korea mencapai 80% dari total penduduk setiap harinya. Alasannya ada dua, ekonomi dan pendidikan. Ekonomi menjadi penyebab utama karena tingginya biaya hidup yang ada di sana. Namun faktor pendidikan adalah pendorong utama. Ya, di korea selatan pendidikan di tempa dengan sangat keras seperti di militer. Kedisiplinan, pembelajaran, bahkan waktu yang dihabiskan untuk belajar di sekolah mencapai 10 jam lebih. Untuk ujian bisa menghabiskan waktu 8 jam untuk mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Social Studies, Science, Matematika. Memang selanjutnya Negara ini menjadi sangat maju. Namun tekanan demi tekanan terhadap penduduknya sendiri menjadi boomerang.

2. Kehidupan Keras Artis

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
Dibalik setiap penampilannya yang selalu menarik, ternyata persaingan dalam dunia hiburan di Korea Selatan sangat ketat

Demam K-Pop, atau drama Korea melanda di seluruh dunia. Bahkan boy band dan girl band juga banyak yang mengiblat ke Korea mulai dari gaya, tarian dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya, artis Korea sendiri memiliki persaingan keras. Jarang terlihat artis tua, tidak boleh pacaran, agency yang kadang harus dengan cara melayani nafsu seksual. Bahkan karantina untuk artis sebelum ngetop di tempat agency sangatlah ketat. Dan paling penting, di sana skill dan tampang sangat menjadi prioritas. Bahkan ada drama korea berjudul Dream High yang menggambarkan bagaimana ketatnya untuk menjadi artis top di sana.

1. Gemar Operasi Plastik

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan
Transformasi wajah salah satu personil girlband Korea Selatan (Jessica SNSD)

5 Fakta Unik Sekaligus Mengerikan dari Negeri Ginseng Korea Selatan

Transformasi wajah salah satu aktor Korea Selatan (Kim Hyun Joong)

Kalau yang satu ini sudah sangat sering didengar, dan tak hanya menjadi isu belaka. Korea Selatan merupakan satu-satunya Negara yang memiliki julukan republic of plastic surgery. Di negeri ginseng ini operasi plastik merupakan hal yang sangat wajar, bahkan diiklankan di koran-koran. Biayanya sangat jauh lebih murah dibanding Negara lain, dan jarang kita mendapatkan kabar gagalnya operasi plastik di Korea Selatan. Di negeri artis ini kamu akan sangat sulit menemukan orang tidak cantik dan tidak tampan, karena di sana sangat mudah untuk merekonstruksi wajah. Bahkan hadiah ulang tahun juga berupa operasi plastik, dan terdapat 1.200 lebih ahli bedah plastik. Dan orang korea rela menghabiskan 30% uangnya untuk kegiatan ini.

Wow, itulah fakta-fakta unik sekaligus mengerikan yang berasal dari Negeri Ginseng Korea Selatan. Setelah ini, masihkah kita memuja-muja Korea Selatan? Kalau admin sih hidup mati ya Indonesia..hehe… Semuanya bisa kita ambil sisi positifnya, dan kita buang sisi negatifnya. OK!

Sumber : abdikos.blogspot.co.id