Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Setelah 1 Jam Minum Coca Cola

Penulis Unknown | Ditayangkan 24 Oct 2015

Suka minum minuman bersoda atau yang lebih dikenal dengan soft drink? Memang minuman bersoda seperti coca cola dan sejenisnya memiliki rasa yang sangat enak, terutama jika diminum saat siang hari ditambah dengan es batu, pasti rasanya sangat menyegarkan.

Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Setelah 1 Jam Minum Coca Cola
Ilustrasi minuman bersoda dingin

Namun, tahukah Anda apa yang akan terjadi pada tubuh setelah minum minuman bersoda? Situs truththeory.com baru saja mengungkapkan fakta mengejutkan dari cara kerja minuman bersoda “merusak” tubuh manusia. Simak pemaparannya berikut ini.

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Meminum Coca Cola (Minuman Bersoda)

Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Setelah 1 Jam Minum Coca Cola
Inilah yang terjadi pada tubuh setelah 1 jam minum coca cola

10 Menit pertama
Pada kondisi ini kandungan gula yang diterima oleh tubuh hampir sama dengan sepuluh sendok teh gula yang siap menggedor sistem tubuh Anda.

20 menit
Pada tahap ini akan ada lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan ledakan insulin. Jika sudah masuk kondisi seperti ini, hati Anda memberi respon dengan mengubah gula menjadi lemak pada bagian tangan.

40 menit
Minuman jenis ini memiliki kandungan kafein yang tinggi. Di menit ke 40 setelah meminumnya, porses penyerapan kafein selesai. Pupil mata Anda akan membesar dan tekanan darah meningkat. Hal itu terjadi akibat respon hati kesulitan menampung banyaknya kandungan gula dalam aliran darah Anda.

45 menit
Di menit ini, tubuh Anda akan meningkatkan produksi dopamine dan merangsang pusat kesenangan pada otak Anda. Hal ini adalah cara kerja yang sama ketika manusia mengonsumsi heroin.

> 60 menit
Asam fosfat mengikat kalsium, magnesium, dan zink pada usus Anda yang memberi dorongan lebih pada proses metabolisme. Hal tersebut diperparah dengan tingginya kadar gula dan pemanis buatan yang meningkatkan ekskresi kalsium.

> 60 menit
Di tahap ini sifat diuretik pada kafein ikut berperan yang membuat Anda akan ingin buang air kecil terus menerus. Selain itu, kalsium, magnesium, dan zink yang terikat secara perlahan akan dievakuasi menuju tulang.

> 60 menit
Ini sudah masuk ke tahap yang paling berbahaya. Di menit ini Anda akan mulai kelebihan kadar gula. Anda akan mudah marah dan merasa lamban. Sebagai catatan, hal buruk ini akan terjadi jika Anda mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, masihkah kita mengkonsumsi minuman bersoda? Mulai sekarang, lebih baik kita menjauhi minuman bersoda untuk kebaikan diri kita sendiri. Sedikit sih boleh, asal tidak keseringan dan mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. Bukankah masih ada air putih yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi daripada minuman bersoda atau minuman kemasan yang lainnya?
SHARE ARTIKEL