10 Hal Penting yang Bisa Dipelajari dari Negeri Sakura Jepang

Penulis Unknown | Ditayangkan 16 Oct 2015

Apa yang kamu ketahui tentang Jepang? 

Yap, Jepang selain terkenal dengan teknologi dan animenya yang digilai oleh anak-anak hingga dewasa, ternyata masyarakat Jepang juga memiliki gaya hidup yang patut untuk dijadikan contoh. 

Banyak hal penting yang bisa kita pelajari dari orang-orang Jepang yang memang terkenal sangat ulet dan pekerja keras. 

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dipelajari dari Negeri Sakura Jepang diantaranya adalah :


Hal-hal yang bisa dipelajari dari gaya hidup orang Jepang

Apakah kamu tahu ?

1. Anak-anak Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari selama seperempat jam dengan para guru, yang menyebabkan munculnya generasi Jepang yang sederhana dan suka pada kebersihan.

2. Setiap warga negara Jepang yang memiliki anjing harus membawa tas khusus saat membawa anjingnya berjalan-jalan, fungsi tas khusus itu berguna untuk mengambil kotoran piaraan mereka, karena mengatasi kebersihan adalah bagian dari etika orang Jepang.

3. Pekerja kebersihan di Jepang disebut "insinyur kesehatan" dan mendapatkan gaji setara Rp.50 juta per bulan, dan dalam perekrutannya menjalani tes tertulis dan wawancara.

4. Jepang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti di Indonesia. Mereka sering terkena gempa bumi, tetapi itu tidak mencegah Jepang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di dunia.

5. Siswa Jepang dari tahun pertama hingga tahun keenam primer harus belajar etika yang berguna kelak bila mereka berinteraksi dengan orang lain di masyarakat.

6. Masyarakat Jepang meskipun merupakan salah satu negara dengan pendapatan tertinggi di dunia, tetapi mereka tidak memiliki pembantu. Orang tua bertanggung jawab atas rumah dan anak-anaknya.

7. Tidak ada tes ujian dari tingkat pertama sampai tingkat ketiga (setara SD kelas 1 sampai SD kelas 3), karena tujuan pendidikan adalah untuk menanamkan konsep dan pembentukan karakter, bukan hanya tes dan indoktrinasi.

8. Jika Anda pergi ke sebuah restoran prasmanan di Jepang, Anda akan melihat orang-orang yang hanya makan sebanyak yang mereka butuhkan. Setelah selesai makan, tidak tampak limbah apa pun. Tidak ada pula sisa-sisa makanan.

9. Tingkat keterlambatan kereta di Jepang adalah sekitar 7 detik per tahun ! Mereka menghargai nilai waktu, sangat tepat waktu untuk menit dan detik.

10. Jika anda bertanya kepada mereka" Apakah arti pelajar ?" Mereka akan menjawab : " Pelajar adalah masa depan Jepang."

Bagaimana menurut kamu? Setuju dengan 10 hal yang disebutkan di atas mengenai orang Jepang? Yup, kita ambil hal-hal positifnya yang dapat kita pelajari dan kita jadikan contoh untuk kehidupan kita. Mungkin jika hal itu juga diterapkan di Indonesia, pasti akan menghasilkan SDM yang berkualitas.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb