Kenapa Jagoan Selalu Kalah Dulu? Inilah 4 Alasannya

Penulis Unknown | Ditayangkan 19 Aug 2015



Di film-film, terutama film bergenre action atau film superhero, selalu ditampilkan cerita jika sang pemeran utama atau jagoannya selalu kalah terlebih dahulu. Hal ini sering membuat penonton bertanya-tanya. Katanya jagoan, tapi masa’ harus kalah sih? Kenapa nggak langsung menang aja? Tapi, kalau dipikir-pikir, jika jagoan menang di awal cerita, pasti ceritanya akan langsung selesai, nggak seru kan?
Kenapa Jagoan Selalu Kalah Dulu? Inilah 4 Alasannya
Adegan Spiderman vs dr Octopus

Selain alasan tersebut, ada lagi penjelasan dibalik cerita kenapa jagoan selalu kalah duluan. Ini dia 4 alasannya :

1.    Menunjukkan Kalau Musuhnya Nggak Sembarangan

Kenapa Jagoan Selalu Kalah Dulu? Inilah 4 Alasannya
dr Octopus, salah satu musuh Spiderman yang tangguh

Agar cerita semakin seru, dibuatlah tokoh-tokoh antagonis atau musuh yang tangguh yang menjadi lawan sang jagoan tokoh utama. Hal ini membuat sang jagoan kewalahan dan tak jarang mereka kalah lebih dulu. Seringkali penonton dibuat cemas kalau-kalau jagoannya akan kalah dan ceritanya berakhir tragis. Tapi, disitulah emosi penonton dimainkan. Entah dapat keajaiban dari mana, setelah mengalami kekalahan, sang jagoan kemudian bangkit dan memiliki kemampuan super dahsyat yang lebih dari sebelumnya hingga pada akhirnya ia lah yang menjadi pemenang. Dan cerita berakhir bahagia.

2.    Memberi Kesempatan Transformasi Karakter

Kenapa Jagoan Selalu Kalah Dulu? Inilah 4 Alasannya
Tangan Peter Parker digigit laba-laba, awal mula ia menjadi Spiderman

Di awal cerita, sebelum menjadi seorang jagoan, karakter tersebut adalah manusia biasa yang tidak memiliki kelebihan apapun dan memiliki masa-masa sulit dalam hidupnya. Mengenaskan… Hingga kemudian ia mendapat suatu keajaiban yang tak terduga terjadi dalam dirinya. Entah setelah disengat laba-laba, diserang kelelawar, disambar petir, kena tumpahan zat kimia misterius, atau bertemu seseorang yang bisa memberinya kekuatan. Hingga bertransformasilah sang tokoh utama menjadi manusia super yang selalu membasmi kejahatan.

3.    Supaya Lebih Dramatis

Kenapa Jagoan Selalu Kalah Dulu? Inilah 4 Alasannya
Penonton yang antusias menyaksikan adegan film

Untuk memainkan emosi penonton, memang harus ada adegan sang tokoh utama harus merasakan kekalahan dan ditimpa kemalangan terlebih dahulu. Semakin babak belur wajahnya, maka penonton akan semakin berempati. Apalagi jika ditambah masalah-masalah lain, seperti neneknya diculik, rumahnya dibakar, pacarnya dianiaya. Wah, pasti sang jagoan akan lebih memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk mengalahkan si penjahat dan membuat cerita menjadi semakin seru.

4.    Pesan Moral

Ini juga menjadi alasan kenapa jagoan harus kalah dulu. Supaya ceritanya ada pesan moralnya. Supaya orang-orang yang selama ini merasa selalu kalah dalam hal apapun setelah nonton film tersebut bisa lebih semangat dalam menjalankan hidup dan berkata, ‘mungkin masih ada harapan bagiku untuk menjadi orang hebat!’ Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, menang pertarungan kemudian. Ada lagi nih, ‘kebaikan akan selalu menang, maka kita harus selalu jadi orang baik.’

Itulah 4 alasan kenapa saat kita menonton film jagoannya selalu kalah duluan. Ternyata ada alasan dibaliknya. Yang pasti, di dalam film-film superhero tersebut terbersit pesan moral yang bisa kita petik. Bahwa sekuat apapun tokoh penjahat, pasti akan selalu bisa dikalahkan oleh tokoh utama. Itu artinya bahwa kebaikan akan selalu menang, entah bagaimana jalannya. Prok..prok..prok… Good job buat para jagoan dan superhero di seluruh dunia, lanjutkan tugasmu.


SHARE ARTIKEL