8 Penyesalan Seseorang di Usia Tua

Penulis Unknown | Ditayangkan 11 Aug 2015

Seorang kakek sedang duduk di sofa ruang tamu sambil memandang foto-foto yang terpajang di dinding rumah dan di atas meja pajangan. Dalam foto-foto tersebut terlihat gambaran dirinya bersama dengan sang istri saat masih muda dan bersama anak-anak mereka.

Tak terasa, butiran air mata mengalir dari matanya. Terlintas sebuah pikiran, “Seandainya saya dulu seperti ini, pasti sekarang tidak akan begini.” Sebuah pikiran yang sering terlintas di benak dan menjadi sebuah penyesalan karena tidak memanfaatkan masa mudanya dengan sebaik mungkin.
8 Penyesalan Seseorang di Usia Tua

Hal di atas adalah sebuah gambaran tentang penyesalan seseorang ketika usianya sudah tua. Penyesalan tersebut sering datang menghantui pikiran lantaran sudah tak ada lagi yang bisa diperbuat. Seperti sebuah peribahasa, ‘nasi sudah menjadi bubur’. Penyesalan hanyalah penyesalan, waktu terus berjalan dan tak bisa terulang kembali untuk memperbaikinya.

Namun, hal-hal apa saja yang mungkin sangat disesalkan oleh seseorang di hari tuanya? Simak ulasan berikut agar anda tidak akan menyesal di kemudian hari.

1. Tidak berhenti dari pekerjaan yang bukan passion

Banyak orang yang mengatakan, lakukanlah pekerjaan yang kamu cintai, maka kamu akan melakukannya dengan senang hati. Hal itu memang benar, jika kita bekerja sesuai dengan passion kita, maka pekerjaan seberat apapun tak akan menjadi beban. Berbeda halnya dengan bekerja tanpa passion, kita akan selalu terbebani olehnya.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk resign lebih awal lalu kemudian merintis karir di bidang yang kita cintai, maka kesuksesan pun akan datang lebih cepat.

2. Tidak travelling di usia 20-an

Saat usia 20-an, memang masih belum punya banyak uang, tapi punya banyak waktu dan tenaga. Seiring bertambahnya usia, memang keuangan seseorang akan jauh lebih baik, tapi tidak dengan waktu, kesempatan, serta kesehatan. Sehingga akan sulit baginya untuk menjelajah dunia di usia tua dan dengan kondisi fisik yang tak lagi prima.

3. Tidak rajin menabung

Jika sejak muda sudah ditanamkan kebiasaan rajin menabung atau investasi, maka di masa tua tak akan mengalami kesulitan keuangan. Namun sebaliknya, jika sejak muda sudah terbiasa hidup boros dan tidak suka menabung, maka akan sangat sulit menjalani kehidupan di masa tua, terutama bagi yang tidak memiliki dana pensiun.

4. Tidak membahagiakan orang tua

Jangan sampai menyesal karena tidak sempat membahagiakan orang tua semasa hidupnya. Saat orang tua sudah tiada, sudah terlambat untuk menyenangkan hati mereka dan melakukan bakti pada mereka.

5. Tidak menjaga kesehatan

Saat muda, kesehatan seringkali terabaikan, terutama dalam hal berolahraga dan menjaga pola makan. Hal ini membuat seseorang menjadi sakit-sakitan dan digerogoti penyakit di usia tuanya.

6. Tidak berusaha sungguh-sungguh

Hidup ini singkat dan waktu terus berjalan maju. Anda hari ini adalah hasil dari apa yang dilakukan di masa lalu. Jangan sampai akhirnya menyesal karena semasa muda tidak berusaha sungguh-sungguh dalam menjalani hidup.

7. Tidak berjuang mewujudkan mimpi

Hidup di dunia ini hanya sekali. Wujudkan mimpi-mimpi kita selagi masih muda dan punya banyak waktu. Hidup juga sebuah pilihan, apakah kita ingin terus maju dan mewujudkan mimipi-mimpi kita, atau kita berdiam diri saja dan menikmati apa yang ada sekarang dan akan menyesal di usia tua karena tidak berusaha mewujudkan mimpi.

8. Tidak banyak beribadah dan beramal

Beribadah adalah hal yang sangat penting dalam hidup seseorang. Karena Apapun agama orang tersebut, tak seharusnya seseorang melupakan Tuhannya. Ibadah dan amal adalah bekal seseorang untuk kehidupannya yang kekal setelah ia meninggal. Tak ada satu harta pun yang akan dibawa mati, kecuali amal ibadah selama ia hidup di dunia.

Sobat, jangan sampai menyesali masa tua hanya karena kita menyianyiakan masa muda dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Apa yang kita lakukan sekarang ini akan kita petik hasilnya di masa mendatang. Pergunakan waktu muda dengan sebaik mungkin untuk kehidupan yang lebih baik di masa tua.
SHARE ARTIKEL