Apa Kegunaan Fosfat? Selain Untuk Industi & Pertanian, Ternyata Ini Manfaatnya

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 31 Jan 2019
Apa Kegunaan Fosfat? Selain Untuk Industi & Pertanian, Ternyata Ini Manfaatnya
Batuan fosfat (blogs.uajy.ac.id)

Pernah mendengar tentang fosfat?

Bagi Anda yang belum tahu, ini pembahasan lengkap fosfat. Selain untuk industri dan pertanian, ternyata zat ini juga di butuhkan oleh tubuh manusia loh.

Ortofosfat atau yang lebih umum disebut sebagai fosfat adalah sebuah anion poliatomik yang tersusun atas satu atom fosfor (P) dan empat atom oksigen (O), dengan muatan -3 serta memiliki rumus molekul PO43-.

Zat ini merupakan hasil reaksi ketika Oksigen (O2) bertemu dengan mineral alami. Fosfat terkandung dalam batuan beku ataupun sedimen dan memiliki kandungan fosfor yang bernilai ekonomis.

Untuk mendapatkan manfaat fosfat tersebut, umumnya senyawa ini diolah menjadi pupuk dengan menambahkan senyawa asam.

Fosfat dalam bentuk komersial atau siap jual biasanya memiliki kemurnian 4 - 42%. Senyawa ini memiliki cukup banyak sumber daya fosfat di alam, yang baru diketahui adalah sebesar 2,5 juta ton endapan guano dengan kadar fosfat sebagai P2O5 antara 0,17 – 43%.

Jumlah tersebut terdapat di berbagai provinsi di Indonesia seperti Jawa Tengah, NTT, Jawa Timur, Aceh, dan Jawa Barat.

Kegunaan fosfat selain untuk pupuk di antaranya adalah untuk bahan peledak, pestisida, deterjen, dan lain-lain.

Selain itu, zat ini juga diperlukan oleh tubuh manusia, karena termasuk dalam golongan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak.

Dalam artikel ini akan dibahas apa saja pemanfaatan dari fosfat untuk kehidupan manusia.

Kegunaan Fosfat Untuk Pertanian dan Industri

Apa Kegunaan Fosfat? Selain Untuk Industi & Pertanian, Ternyata Ini Manfaatnya
Gambar tambang fosfat.(geologinesia.com)

1. Pupuk Fosfat

Kegunaan fosfat di Indonesia paling umum adalah sebagai pupuk. Umumnya pupuk yang dipakai untuk tanaman adalah SP36 dengan kadar P2O5 sebesar 36% dan pupuk TSP meskipun jenis TSP sudah absen dari di pasar Indonesia. Pupuk tersebut diproduksi dengan bahan baku dari tambang fosfat.

Manfaat fosfat untuk tanaman melalui pupuk fosfat adalah untuk menyuplai unsur fosfor (P) yang mana unsur ini sangat penting bagi tanaman. Unsur tersebut adalah penyusun material genetik dari tanaman dan menjadi komponen penghantar energi untuk tanaman.

Kekurangan fosfor pada tanaman menyebabkan daun menjadi keabuan, tulang daun berwarna gelap, hingga pertumbuhan tanaman menjadi lambat dan kerdil. Apabila tanaman kekurangan fosfor tentunya kualitas panen menjadi buruk, sehingga fosfor dari pupuk fosfat sangat bermanfaat bagi manusia terutama di bidang pertanian.

2. Korek Api

Sebelum masyarakat mengenal korek api gas, tentunya korek api geseklah yang digunakan, walaupun saat ini pun korek jenis tersebut masih dapat ditemukan di pasaran.

Manfaat fosfat untuk bahan korek api ini didapat dengan mengolah fosfat yang didapat di alam menjadi senyawa fosfor pentasulfida (P2S5) dan fosfor sesquisulfida (P4S3) yang digunakan untuk melapisi ujung batang dan pinggiran kertas pada korek api.

Jenis korek api ini dianggap aman karena hanya dapat menyala pada permukaan khusus, sehingga sering disebut juga sebagai safety match.

3. Cat dan Pelapis

Kegunaan asam fosfat dalam industri adalah untuk industri cat dan pelapis. Cat dan pelapis yang memanfaatkan fosfat sebagai komponennya adalah yang berbasis air (lihat tentang massa jenis air), bukan cat berbasis minyak.

Penggunaan utama dari fosfat ini adalah untuk membasahi pigmen dan filler, memecahkan gumpalan yang terjadi, serta sebagai penstabil pigmen dalam suspensi dari cat.

Polifosfat yang didapatkan dari pengolahan fosfat juga digunakan untuk mencegah terjadinya pembentukan gel pada cat, terutama apabila cat menggunakan tambahan senyawa oksida seng.

4. Produksi Keramik

Beberapa jenis fosfat digunakan dalam pemrosesan berbagai jenis keramik. Manfaat fosfat dalam produksi keramik adalah untuk membantu proses manufaktur pada keramik serta memberikan sifat fungsional pada keramik.

Proses produksi keramik biasanya diawali dengan bahan mentah berupa lempung yang cenderung cair, beberapa jenis polifosfat digunakan untuk mengontrol kekentalan dari bahan mentah tersebut. Beberapa jenis ortofosfat juga ditambahkan pada keramik untuk menguatkan ikatan kimia dari keramik yang dihasilkan.

5. Pemadam Api dan Perlindungan terhadap Api

Beberapa jenis turunan fosfat juga memiliki sifat tahan api yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat fosfat untuk perlindungan terhadap kebakaran contohnya adalah penggunaan amonium polifosfat untuk melindungi komponen-komponen pada bangunan, pelapis, dan seal yang ada pada bangunan.

Umumnya alat pemadam api untuk skala rumah tangga juga mengandung amonium fosfat dalam kandungannya. Untuk kebakaran skala besar pun, fosfat masih digunakan sebagai pemadam kebakaran, seperti contohnya pada kebakaran hutan.

Pada penanganan kebakaran hutan, amonium fosfat akan disebarkan dari jalur udara menggunakan pesawat ke area vegetasi yang ditentukan untuk mencegah meluasnya kobaran api.

6. Pengolahan Air

Senyawa fosfat juga banyak digunakan dalam pengolahan air, terutama untuk air dengan kualitas untuk air minum (lihat pengertian air).

Fosfat digunakan untuk mencegah warna merah dari oksida besi dan warna hitam dari unsur mangan pada air. Fosfat juga berfungsi untuk menahan pembentukan endapan mineral dan korosi pada sistem distribusi air. Timbal  dan tembaga (lihat kegunaan tembaga) yang terlarut pada air juga dapat dikurangi dengan penambahan fosfat.

Kegunaan Fosfat Bagi Tubuh Manusia

Apa Kegunaan Fosfat? Selain Untuk Industi & Pertanian, Ternyata Ini Manfaatnya
Manfaat fosfat bagi tubuh (markaindo.co.id)

Perlu Anda ketahui, saat ini ada dua jenis fosfat yang bisa ditemukan, yaitu fosfat organik yang berasal langsung dari makhluk hidup, dan anorganik yang berasal dari tanah dan air. Lantas, sebenarnya apakah kegunaan lainnya di dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Obat untuk Osteoporosis dan juga Rakhitis

Saat ini, penyakit Osteoporosis dan Rakhitis tidak hanya diderita oleh orang yang telah berusia dewasa saja, anak-anak juga memiliki resiko yang cukup besar untuk menderita kedua penyakit ini.

Penyakit ini dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan juga mengalami pengeroposan. Oleh karena itu, mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium dan juga fosfat sangat disarankan, agar pembentukan tulang menjadi lebih cepat dan juga optimal.

Di lain sisi, penderita Osteoporosis dan Rakhitis juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen, karena terdapat kandungan di dalamnya yang dapat merusak ginjal, khususnya jika diminum secara rutin.

2. Penguat Gigi dan Tulang

Manfaat lain dari zat fosfat yang bisa ditemukan di alam adalah sebagai penguat gigi dan juga tulang.

Pernahkah anda iseng menilik kandungan gizi pada daftar nutrisi susu bayi? Disitu banyak kandungan fosfat dan kalsium. Karena kekuatan dua zat ini, susu bayi difokuskan pada pertumbuhan fisik seperti pembentukan tulang yang kuat serta mendorong pertumbuhan gigi susu.

Oleh karena itu, anak Anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya, yang bisa ditemukan dalam bentuk susu bubuk kalsium. Sehingga, si kecil dapat merasakan pertumbuhan gigi dan tulang dengan lebih cepat.

Baca Juga: Kandungan Berbahaya Dalam Coca Cola, Bisa Akibatkan Kematian?

3. Menjaga Keseimbangan Nutrisi Tubuh

Di dalam tubuh manusia, sebenarnya terdapat beberapa nutrisi yang belum dapat diolah dengan baik. Oleh karena itu, zat pembentuk gigi dan tulang ini juga dibutuhkan tubuh, agar dapat mengikat mineral lain seperti alumunium, magnesium, dan juga kalsium yang dicerna.

Ikatan antara ketiga zat tersebut dengan fosfor dapat membentuk senyawa garam yang menciptakan nutrisi tubuh yang lebih seimbang.

4. Menghasilkan Energi yang Diperlukan Tubuh

Seperti layaknya karbohidrat dan zat gula lainnya, zat ini ternyata juga dapat menghasilkan energi.

Sebenarnya, zat ini bukanlah yang benar-benar menghasilkan energi sendiri, fungsinya adalah sebagai pemicu. Dengan adanya zat pembentuk tulang dan gigi tersebut dalam jumlah yang cukup, tubuh Anda dapat melakukan proses metabolisme dengan lebih optimal. Sehingga, energi yang dihasilkan untuk energi yang dibutuhkan sehari-hari pun terpenuhi.

Nah itulah kegunaan fosfat bagi kehidupan manusia. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda.
SHARE ARTIKEL