Fakta Medis Manfaat Wortel yang Bisa Menyehatkan Mata

Komentar
       
manfaat wortel via grid.id

Wortel memiliki berbagai macam warna, seperti ungu, oranye, kuning, merah, putih, dan juga hitam. Namun, di Indonesia wortel oranye lebih mudah didapatkan di pasar. Sayuran ini mudah untuk dikonsumsi bayi dan orang dewasa, baik itu dimakan mentah ataupun diolah dan dikombinasikan dengan makanan lain. Apa saja kegunaan dari wortel untuk kesehatan tubuh? Simak berikut ini.

Apa saja khasiat wortel ?

Berikut manfaat wortel menurut para ahli dalam mencegah beberapa penyakit dan menjaga kesehatan organ tubuh.

1. Mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi lebih banyak wortel oranye dan sayuran lainnya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner sebesar 32 persen. Selain itu, konsumsi wortel bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung pada wanita. Ini karena wortel dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Berbagai jenis penyakit kanker
Mengonsumsi wortel secara rutin dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Kandungan karotenoid dan beta karoten yang  tinggi mencegah terjadinya semua penyakit tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang mengonsumsi wortel lebih dari satu buah dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru.

3. Merawat mata
Vitamin A, beta karoten, dan lutein pada wortel dapat mencegah mata dari gangguan atau penyakit, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme dan hipermetropi).

4. Menjaga kesehatan otak
Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

5. Antiradang
Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

6. Antipenuaan dan kesehatan kulit
Antoksidan, karotenoid, serta polifenol pada wortel oranye dan ungu membantu memperlambat penuaan dengan mengurangi radikal bebas dari sinar matahari dan polusi pada tubuh.

7. Menjaga kesehatan mulut
Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

Sudah tahu kan manfaat wortel bagi kesehatan tubuh itu apa saja. Setelah ini yuk membahas manfaat wortel untuk mata kita. Simak ya!

Manfaat wortel untuk mata

manfaat wortel untuk mata via catatanmini.com

Apa saja manfaat wortel bagi kesehatan mata manusia ? Simak berikut ini.

Mengurangi Resiko Rabun Senja
Manfaat wortel untuk mata yang paling umum adalah untuk mengatasi rabun senja. Penyakit yang paling sering terjadi pada orang tua, yakni mengalami rabun di waktu senja. Sebab cahaya kala itu mengurangi ketajaman mata untuk melihat ke luar. Salah satu solusinya adalah dengan zat yang banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. Jangan lupa juga beta karoten yang membantu memperbaiki penglihatan semakin lemah. Semua kandungan tersebut ada pada wortel.

Wortel sudah dikenal semenjak dahulu kala sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Tidak heran banyak orang tua yang mempercayakan pada sayuran ini jika tidak ingin anaknya terkena rabun mata.

Menjaga Mata Dari Berbagai Penyakit
Salah satu organ yang cukup riskan, sehingga perlu dijaga dan dirawat. Anda bisa memulai dengan mengonsumsi wortel untuk kesehatan mata. Kandungan ini juga mampu mencegah terjadinya pembengkakan sel disekitar areal mata. Ada banyak penyakit mata yang dapat di cegah dengan konsumsi wortel secara teratur, berikut beberapa di antaranya :
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Rabun mata

Itulah manfaat wortel untuk mata yang sangat berguna. Selanjutnya yuk membahas manfaat wortel untuk kecantikan apa saja ya ?

Baca Juga : Mustahil, Ternyata Permen Karet Terbukti Ampuh Hilangkan Ketagihan Rokok

Manfaat wortel kecantikan

manfaat wortel kecantikan via javaagrohorti.com

Inilah manfaat wortel kecantikan yang baik bagi wajah

1. Mengurangi Kemerahan dan Bekas Luka
'Jus wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang dimana diubah menjadi retinol, yaitu salah satu bahan alami pembuat vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan bagi kulit untuk meremajakan, mencerahkan, dan menenangkan kulit. Kamu bisa mencampur cairan jus wortel dengan 2 sendok oatmeal dan satu sendok madu agar teksturnya menjadi campuran yang padat. Setelah itu usapkan ke wajah dengan dijadikan masker dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas.

2. Mencegah dan Mengatasi Efek Buruk Matahari
Menurut Dr. Purvisha Patel, seorang dermatologis dan pendiri Visha Skincare mengatakan bahwa jus wortel dapat membantu kita mengatasi efek buruk matahari seperti kerutan dan flek hitam karena wortel mengandung antioksidan bernama falcarinol. "Kandungan karoten pada wortel juga berguna sebagai sun protector," tambahnya. Namun bukan berarti kita keluar tanpa memakai SPF, karena karoten tidak melindungi sepenuhnya.

3. Mengurangi Jerawat
"Kandungan betakaroten dalam jus wortel secara efektif dapat mengontrol produksi sebum dan mengurangi efek breakout akibat jerawat," kata Anna Mitsios. Kamu bisa membuat masker dari wortel untuk mengurangi dan mencegah jerawat. Dr Patel menambahkan bahwa orang-orang di India biasanya membuat masker dengan menambahkan 1 sdt tepung garbanzo, 1 sdt kunyit, dan 1 sdt sari wortel lalu diaduk hingga teksturnya lembut. Setelah itu dipakai ke seluruh muka dan diamkan hingga 15 menit, lalu bilas.

4. Menstimulasi Produksi Kolagen
Semakin tua produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Maka dari itu kita perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit.

5. Wajah Bersinar
Mitsios kembali menjelaskan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam wortel, yaitu karotenoid dapat bekerja menangkal radikal bebas. Selain itu jus wortel dapat menghidrasi kulit, sehingga dapat membuat kulit kencang dan berkilau.

Jadi itulah apa manfaat wortel bagi manusia yang ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat. Semoga artikel ini bermanfaat. Selalu jaga kesehatan!
Top