Banyak yang Belum Tahu Manfaat Minyak Kelapa, Ternyata Terdapat Beribu Kegunaannya

Komentar

minyak kelapa via pedomanbengkulu.com

Apa saja khasiat dari minyak kelapa ini, hingga harganya begitu mahal. 

Minyak Kelapa mengandung energi sebesar 870 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 98 gram, kalsium 3 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu ada vitamin A, B1, dan C.

Karena itu banyak sekali manfaat minyak kepala. Yang kami bahas ada 8 manfaat.

Minyak kelapa dikenal sebagai bahan untuk memasak. Manfaat seperti ini banyak digunakan di dapur-dapur rumah Asia. Padahal, minyak kelapa punya banyak manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan.

Dari kesehatan, minyak kelapa dapat menjadi obat untuk menyembuhkan beberapa masalah kulit dan juga pencegahan demam.

Sedangkan dari segi kecantikan, minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembab. Itu sebabnya minyak kelapa sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik.

Ketimbang membeli kosmetik mahal, minyak kelapa yang ada di rumah bisa digunakan langsung sebagai perawatan kecantikan.

Kandungan di minyak kelapa

Minyak Kelapa mengandung energi sebesar 870 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 98 gram, kalsium 3 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Minyak Kelapa juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Minyak Kelapa, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Setelah mengetahui kandungan di minyak kelapa itu apa saja, yuk mengetahui minyak kelapa fungsi
bagi kesehatan tubuh manusia.

Apa saja manfaat minyak kelapa ?


manfaat minyak kelapa  via halebis.com

Berikut adalah apa saja khasiat dari minyak kelapa dan bagaimana mengaplikasikannya dalam setiap manfaat.

Pelembab kulit kepala dan rambut
Minyak kelapa dikenal sebagai pelembab yang bagus. Untuk menikmati manfaat minyak kepala sebagai kondisioner. Rambut akan terlihat lebih mudah diatur dan kulit kepala tidak kering yang dapat mencegah munculnya ketombe.

Melegakan dada sesak 
Campurkan dua sendok teh minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint. Oles campuran ini di bagian dada yang sesak yang disebabkan karena dem

Cegah rambut pecah-pecah
Oleskan minyak kelapa mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama lima menit dan bersihkan rambut.

Melawan eksim
Minyak kelapa yang dicampur dengan calendula dapat berfungsi untuk meredakan peradangan kulit. Campuran ini akan melembutkan kulit. Minyak ini juga dapat digunakan untuk kulit yang memerah karena gatal-gatal.

Menghilangkan pegal dan linu
Campur minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint dan cabai rawit. Percaya atau tidak, campuran ini pada saat dioleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal dan linu perlahan-lahan akan hilang.

Minyak spa 
Daripada menghabiskan uang mahal untuk spa, manjakan tubuh dengan menggunakan minyak kelapa.

Tuang minyak kelapa dalam mangkuk hingga setengahnya dan campurkan beberapa tetes minyak lavender. Campuran ini sudah dapat digunakan sebagai minyak pijat untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

Pelembab bibir
Jika bibir pecah-pecah, minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab alami. Colek minyak kelapa dengan jari kelingking dan oleskan ke bibir yang pecah-pecah.

Scrub pengangkat sel mati tubuh saat mandi
Campur setengah gelas minyak kelapa yang telah mencair dengan setengah gelas garam. Sebaiknya pink merah muda.

Gunakan campuran ini sebagai scrub saat mandi. Gosok tubuh dengan campuran ini untuk mengangkat sel mati tubuh. Setelah bilas dengan air hangat.

Apakah minyak kelapa bagus untuk rambut ?

Penelitian yang dilakukan membandingkan minyak kelapa dengan minyak bunga matahari dan minyak mineral. Minyak kelapa dengan kandungan asam laurat terbukti membantu mengurangi kekurangan protein pada rambut, sementara dua jenis minyak lainnya tidak memiliki manfaat yang sama.

Minyak kelapa mampu memasuki batang rambut, sehingga membantu mengatasi kerusakan yang terjadi. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk rambut yang kering karena pewarnaan atau hawa panas berlebihan.

Pertama, oleskan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil pada rambut secara merata hingga ujung rambut. Pijat rambut selama beberapa saat. Jika perlu, gunakan sisir agar minyak kelapa merata. Sisir dari akar hingga ujung rambut.

Kuncir atau gulung rambut, kemudian bungkus dengan penutup kepala. Biarkan rambut tertutup semalaman. Atau, Anda dapat membiarkannya selama dua jam setelah pengolesan. Namun, semakin lama minyak kelapa didiamkan, maka rambut akan semakin lembap.

Buka penutup kepala kemudian cuci rambut. Gunakan sampo yang bebas kandungan sulfat untuk menghilangkan minyak kelapa dari rambut. Cuci rambut sekitar 2-3 kali, hingga tangan tidak lagi terasa berminyak saat menyentuh rambut. Kemudian segera keringkan. Rambut akan terasa lebih lembut dan bercahaya.

Manfaatkan minyak kelapa untuk rambut yang lebih lembap dan untuk mengatasi kekeringan pada rambut. Jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok dan membutuhkan penyubur rambut, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Berapa lama minyak kelapa bertahan ?


penyimpanan minyak kelapa via cnnindonesia.com

Minyak yang disimpan dengan baik dapat terjaga kesegarannya untuk waktu yang lama. Sebaliknya bila minyak di simpan dengan tidak tepat, minyak tersebut dapat berbau tengik sebelum masa kadaluwarsanya.
  • Selalu gunakan wadah bertutup rapat untuk menyimpan minyak masak. Oksigen adalah musuh terbesar minyak masak Anda. Oksigen juga lah yang akan menyebabkan minyak masak Anda berbau tengik.
  • Simpan minyak masak dalam wadah berwarna gelap. Sinar matahari dapat merusak kualitas dari minyak masak, sehingga lebih baik untuk menyimpan minyak masak dalam wadah berwarna gelap atau di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
  • Hindari mengunakan wadah yang terbuat dari tembaga atau besi. Tembaga dan besi dapat membuat reaksi kimia bila menyentuh minyak dan menjadikan minyak tersebut tidak aman untuk dikonsumsi.
  • Simpan minyak pada suhu yang tepat. 
    • Contoh minyak yang dapat disimpan pada suhu ruangan
    • Minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak kelapa sawit, minyak kacan
    • Contoh minyak yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas
    • Minyak alpukat, minyak jagung, minya wijen
    • Contoh minyak yang dapat disimpan di suhu ruangan dan dalam kardus. Minyak tipe ini dapat disimpan dalam kulkas atau dalam lemari, tapi biasanya menyimpan minyak dalam kulkas akan membuat minyak tersebut segar lebih lama. Bila minyak mengendap saat di simpan di dalam lemari, keluarkan minyak yang akan dipakai 1-2 jam sebelum digunakan. Minyak kanola, minyak cabai, minyak jagung.
  • Hindari menyimpan minyak dekat kompor.

Demikianlah artikel tentang minyak kelapa. Semoga bermanfaat!
Top