Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Terbukti Ampuh Sembuhkan Penyakit Maag

Komentar

manfaat kentang via blog.duniamasak.com

Ternyata kentang banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari..

Berikut beberapa manfaat kentang dan bagaimana cara mengolahnya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia telah terbiasa nasi sebagai makanan pokok. Sehingga tak heran jika sering muncul anggapan ‘belum kenyang kalau belum makan nasi’.

Padahal, nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat, lho, salah satunya adalah kentang. Kandungan kentang memberikan efek baik dan efek samping juga untuk tubuh kita.

Kentang adalah tanaman umbian-umbian yang dimakan adalah bagian akarnya saja atau biasa disebut dengan bagian umbinya dan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia.

Kentang merupakan makanan pokok beberapa negara terutama negara-negara yang terletak di kawasan benua Amerika Selatan dan Eropa.

Kentang dapat dimakan dengan berbagai cara. Kita bisa memasaknya dengan cara memanggang, merebus, menggoreng, maupun diolah menjadi makanan ringan.

Yuk kita simak selengkapnya tentang manfaat kentang ini!

Apa manfaat kentang dalam kehidupan sehari hari ?

Berikut ini apa manfaat kentang dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki pengaruh besar.

1. Kentang Sebagai Sumber Listrik
2. Bahan kecantikan
3. Menyamarkan kantong mata
4. Pembersih muka
5. Mengurangi bengkak pada mata
6. Penghilang karatan
7. Membersihkan sepatu kulit

Manfaat kentang untuk bayi


kentang untuk bayi via vimale.com

1. Sebagai Sumber Energi Yang Baik
Seperti telah dikatakan sebelumnya, kentang merupakan salah satu sumber energi yang  bagi siapa saja. Ini juga penting untuk bayi yang telah memasuki usia 6 bulan, khususnya yang sudah bisa mencerna makanan.

2. Membantu Mencegah Fermentasi Usus
Bayi memiliki alat pencernaan yang masih rawan sehingga harus memberikan makanan yang mudah di cerna. Alat pencernaan pada bayi memang masih rawan sehingga bakteri lebih mudah menyerang dan mengakibatkan fermentasi pada usus. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa dicegah dengan memberikan kentang pada bayi.

3. Membantu Mencerahkan Kulit Bayi
Kulit bayi sangatlah sensitive sehingga harus dirawat dengan memberikan makanan yang baik untuk kesehatan kulitnya, salah satunya adalah kentang.

4. Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Otak
Kentang mengandung Vitamin B6 yang ampuh meredakan stress pada otak. Hal ini juga penting untuk perkembangan otak bayi agar terhindar dari kecemasan dan merasa rileks.

5. Mencegah Penyakit Berbahaya Pada Bayi
Bayi yang rutin diberi kentang oleh orang tuanya tidak akan mudah terkena berbagai penyakit berbahaya. Seperti diketahui bahwa kandungan serat pada kentang dapat mencegah penyakit jantung, ginjal, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Manfaat air kentang untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengonsumsi jus kentang.

1. Asam urat
Sifat anti-inflamasi jus kentang mengurangi pembengkakan pada persendian yang disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh. Konsumsi jus kentang dapat menetralkan asam urat dan mengurangi peradangan.

2. Menurunkan kadar gula darah
Kentang mengandung serat larut tinggi yang memiliki indeks glikemik rendah. Karena itu, jus kentang baik bagi diabetesi. Jus kentang dapat dikonsumsi setiap hari untuk mengontrol kadar gula darah secara efektif.

3. Mengobati sakit paru-paru
Senyawa tertentu yang ada pada kentang diketahui menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga mencegah kanker paru-paru. Hal ini juga sangat membantu dalam mengobati berbagai penyakit paru-paru.

4. Melancarkan peredaran darah
Vitamin B kompleks dalam kentang dapat meningkatkan produksi oksigen dalam sel. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah.

5. Mengatasi sakit punggung
Sakit punggung seringkali berkaitan dengan artritis dan hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi jus kentang. Selain itu, Anda juga bisa menggosok irisan kentang langsung pada area yang nyeri dan hal ini akan mengurangi bengkak denga cepat.

6. Membersihkan Hati 
Jus kentang dapat menjadi jus detoksifikasi yang paling murah. Mengonsumsi jus kentang dapat membantu membuang racun yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal dan memperbaiki fungsi kedua organ tersebut.

Manfaat kentang dan cara pengolahannya

olahan kentang via vemale.com

Kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kentang memiliki manfaat sebagai memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari polip usus serta kanker karena kentang memiliki kandungan serat. Selain itu kentang memiliki kandungan vitamin A, mineral, vitamin B kompleks, antioksidan, dan mengandung senyawa anti kanker. Jadi, sangat baik untuk mengkonsumsi kentang dalam takaran yang dianjurkan karena baik untuk kesehatan.

Kentang yang tidak disimpan dengan baik akan cepat berubah warna menjadi hitam dan busuk. Seharusnya kentang yang melalui proses penyimpanan yang baik dapat bertahan lebih lama. Berikut cara menyimpan dan memasak kentang yang benar:
  • Saat memilih kentang, pilihlah kentang yang memiliki tekstur yang baik, utuh, permukaan kulit yang halus dan tidak kering;
  • Biasanya akan banyak “mata” atau mirip dengan bintik-bintik pada permukaanya;
  • Hindari membeli kentang yang memiliki memar, berwarna hijau, dan banyak tumbuh tunas karena banyak mengandung racun;
  • Menyimpan kentang sebaiknya pada tempat yang kering, gelap, dan udara yang sejuk. Jangan simpan kentang pada udara yang lembab karena akan menimbulkan racun dan kentang justru berkembang;
  • Sebelum dimasak, kentang harus dicuci bersih dan mengenai seluruh permukaan;
  • Kentang dapat dimasak langsung beserta kulitnya karena kulitnya mengandung serat dan vitamin. Biasanya kentang yang dimasak langsung oleh kulitnya adalah kentang goreng dan kentang panggang;
  • Untuk dijadikan olahan sop atau hidangan lainnya sebaiknya kupas kulitnya terlebih dahulu sampai bersih lalu dapat dipotong menjadi potongan dadu ataupun potongan julien yang memanjang.

Baca Juga : 10 Manfaat Coklat, Dari Anti Depresan Hingga Solusi Utama Cegah Penyakit Jantung

Apa manfaat kentang bagi tubuh ?

manfaat kentang untuk tubuh via koran-jakarta.com

Yuk kita simak apa saja khasiat kentang untuk tubuh agar selalu sehat !

1. Pencegahan kanker
Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengurangi kadar kolesterol
Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mengurangi resiko batu ginjal
Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

4. Kesehatan Tulang
Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Asupan natrium harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium  merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan anda yang memiliki tekanan darah tinggi

6. Kesehatan Jantung
Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

7. Membangun dan pembentukan sel
Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

8. Kesehatan Otak & Saraf
Kandungan vitamin B6 yang tinggi juga sangat membantu kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf.

Selain untuk kesehatan, kentang juga sangat baik digunakan untuk perawatan kecantikan wajah dan kulit.

9. Mengobati Wajah Berjerawat
Keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Dapat digunakan saat ingin tidur malam

10. Mengatasi bengkak sekitar mata
Kebiasaan tidur terlalu lama kadang menjadikan mata seperti bengkak, untuk mengatasinya cukup dengan kentang yang dicuci dan kupas kemudian di parut. Kompres mata dengan kain ke sekitar mata yang bengkak. Gunakan beberapa kali, agar bengkaknya mengempis.

Manfaat kentang bagi kecantikan dan kesehatan memang cukup banyak, kandungan nutrisi B6 pada kentang sangat membantu metabolisme dalam tubuh manusia.

Jadi itulah apa saja manfaat kentang bagi tubuh kita. Namun, mengonsumsi kentang memiliki efek samping lho! yuk simak!

Manfaat kentang dan efek sampingnya

Kentang memiliki kandungan yang perlu diwaspadi seperti alkaloid, solanin, dan chaconine. Alkaloid ini berkonsentrasi dalam jumlah terbesar terdapat persis di bawah kulit.

Akibat dari zat beracun ini, bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat menyebabkan sakit kepala, lemah, kram otot, dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kehilangan berat kesadaran dan koma.

Namun tak perlu terlalu khawatir, karena keracunan dari kentang sangat jarang terjadi. Paparan cahaya dan udara akan menyebabkan perubahan kentang menjadi warna hijau, dan ini bisa digunakan sebagai  petunjuk visual sebagai umbi kentang yang mungkin memiliki lebih banyak racun

Seperti itulah, Sobat, manfaat dan efek samping dari kandungan kentang. Sebetulnya tidak masalah jika Sobat konsumsi kentang asal jangan berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping.
Top