Fenomena Langka! Monas Bakal Kehilangan Bayangan Sekejab Selama 3Hari

Komentar
Foto: Monas, dilansir dari tribunnews.com

Fenomena langka, sayang kalu Anda lewatkan bagi yang tinggal di jakarta.

Kurang lebih selam 3 menit, bayangan Monas akan menghilang. Bahkan, bukan hanya bayangan Monas, banyangan anda juga akan ikut hilang di Monas!

Berikut penjelasan fenomena tersebut!

Bagi warga Jakarta, Anda akan melihat pemandangan yang tak biasa. Keajaiban alam akan membuat bayangan Monas hilang untuk sekejap.

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan, bayangan bangunan ikonik Jakarta tersebut akan hilang selama kurang lebih 2 menit.

"Akan terjadi mulai 2 menit sebelum dhuzur," kata Marufin, Selasa (9/10/2018).

"Berlangsung 3 menit dari 11.39 sampai 11.41." ujarnya, seperti dilansir dari kompas.com.

Banyak dipublikasikan bahwa fenomena itu hanya bisa dilihat di Jakarta hari ini saja. Namun, menurut Marufin, publik bisa menikmati fenomena itu selama 3 hari mulai hari ini hingga 11 Oktober 2018 mendatang.

Senada dengan Marufin Sudibyo, AR Sugeng Riyadi, Kepala Pusat Astronomi Assalaam, mengatakan, fenomena tersebut terjadi karena posisi matahari berada tepat di atas suatu wilayah.

"Fenomena tersebut tidak terjadi pada hari yang sama, tergantung dengan posisi lintangnya, dan berdasar perhitungan pergeseran Matahari, fenomena tersebut terjadi dua kali dalam setahun," kata AR. Sugeng.

Baca Juga:

Saat fenomena itu terjadi, bayangan sebenarnya tidak hilang tetapi jatuh tepat di atas bendanya. Jadi manusia tak bisa melihatnya.

Fenomena itu terjadi dua kali dalam setahun. Untuk wilayah khatulistiwa seperti Pontianak, itu akan terjadi setiap tanggal 21 Maret dan 23 September setiap tahunnya. Untuk Jakarta, harus dihitung lagi.

Karenanya, jangan lewatkan untuk menikmati fenomena ini. Bukan hanya bayangan Monas yang hilang, tetapi juga bayangan Anda sendiri ketika di Monas.
Top