Suka Bercermin / Berkaca, Jangan Sampai Lupa Doanya!

Komentar

Doa waktu bercermin, (foto: islamidia.com)

Suka bercermin...Dikit-dikit ngaca, ngerasa paling ganteng/ cantik.

Masya Allah, jangan pernah lupa bersyukur atas segala karunia yang diberikan oleh Allah, dan jangan lupa untuk memperindah akhlak kita.

Karenanya Rasulullah juga mengajarkan doa seperti ini waktu bercermin.

Bercermin sambil berdoa merupakan salah satu adab yang baik ketika bercermin agar Allah SWT menjadikan akhlak kita baik sebagaimana rupa kita dan terhindar dari sifat sombong dan angkuh.

Doa waktu bercermin:

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي
.
Allahumma kamaa hassanta khalqy, fahassin khuluqy

Wahai Allah sebagaimana Engkau telah membaguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlak ku.” (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Ibnu Hibban)

Sebagian ulama menjelaskan sebaiknya hadits ini dibaca ketika berkaca pada cermin.

Professor syaikh Abdullah Al-Jibrin rahimahullah berkata,

Di antara sunnah (membaca doa) ketika melihat pada cermin yang bisa memantulkan bayangan karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam melakukannya. Dan disunnahkan membaca doa ini sebagaimana pada hadits yang telah lewat.

Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah berkata,

Terdapat riwayat yang shahih bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa ini. Hanya saja tidak dijumpai keterangan bahwa beliau membaca doa itu ketika melihat cermin. Ibnu Rusyd ditanya tentang doa ini, kemudian beliau mengingkari orang yang melarang doa ini, mengingat keumuman hadis yang memerintahkan untuk berdoa.”[Fawaid fi Al-Alfadz, Syaikh Bakr Abu Zaid].

BACA JUGA: Berdasarkan Hadits, Inilah 6 Wanita yang Sulit Masuk Surga Bahkan Sekedar Mencium Baunya

Hendaknya kita tetap memperhatikan akhlak kita karena akhlak ini dakwah menjadi ringan dan mudah serta manusia senang dan berbahagia bergaul dengan kita dan inilah juga kebahagiaan kita yaitu bermanfaat bagi orang lain dan agama, seperti dikutip dari cannelsunnah.com.

Demikian pula sabda Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Yang paling banyak memasukkan ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia” [HR At-Tirmidzi, Ibnu Maajah dan Al-Haakim dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani]

Beliau juga bersabda,

Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Iringilah kejelekan dengan kebaikan niscaya ia akamenghapuskan kejelekan tersebut dan berakhlaklah dengan manusia dengan akhlak yang baik.”[HR. Tirmidzi no. 1987 dan Ahmad 5/153. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan hadits hasan shahih]

Jadi sekali lagi, kalau bercermin jangan lupa sambil berdoaa ya.

Semoga Allah Swt selalu melimpahkan rahmat dan hidayahNya pada kita semua. Aamiin...
Top