Khasiat Ampuh Sarang Semut yang Mampu Sembuhkan 10 Penyakit ini

Komentar

Manfaatsarang semut via kompassehat.com

Sarang semut ada yang pernah konsumsi, sudahkah Anda tahu kalau ini adalah tumbuhan? Disebut sarang semut karena bentuknya, dan ternyata khasiatnya begitu istimewa.

Banyak yang menganggap remeh sarang semut ini, namun tahukah anda ternyata sarang semut memiliki manfaat da khasiat bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya apa manfaat sarang semut dan apa khasiat sarang semut? Yuk simak ulasan lengkap tentang manfaat dan khasiat sarang semut di bawah ini.

Informasi lengkap suputar khasiat dan manfaat sarang semut asli untuk kesehatan, mulai dari mengatasi kanker, tumor, ejakulasi dini, gagal ginjal, dan lain sebagainya. Sarang semut merupakan istilah dalam bahasa indonesia untuk menyebutkan genus myrmecodia.

Setelah mengetahui tentang sarang semut, efek samping dari sarang semut mulai dirasakan oleh banyak pengguna yang melaporkan kondisi kesehatan mereka membaik setelah secara rutin mengkonsumsi herbal ini, apa sarang semut itu? Berikut penjelasannya.

Penjelasan Sarang Semut

Sarang Semut adalah istilah Indonesia untuk menyebut genus myrmecodia, suatu genus tanaman mirmekofita epifit yang berasal dari Asia Tenggara dan kepulauan besar yang terbentang sampai Queensland, Australia. Istilah Myrmecodia berasal dari bahasa Yunani myrmekodes yang berarti "mirip semut" atau "dikerumuni semut".


Khasiat sarang semut via deherba.com

Manfaat Sarang Semut

Bisakah sarang semut untuk jantung? Ada beberapa orang yang bilang bahwa sarang semut bisa mengobati penyakit jantung, benarkah begitu? Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari sarang semut.

1. Mengobati penyakit jantung
Salah satu organ intim tubuh yang begitu rawan dengan serangan berbagai penyakit adalah jantung. Dari organ inilah berbagai penyakit berbahaya dapat muncul, seperti hipertensi, stroke, jantung koroner dan masih banyak lainnya.

Akan tetapi, dengan kandungan mineral, kalium dan kalsium yang tinggi pada sarang semut ternyata mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung, seperti jantung koroner.

2. Menangani kanker
Biasanya, penyakit kanker ini akan muncul secara bertahap, dimana tahapan lanjut yaitu disebabkan karena pertumbuhan sel kanker yang sudah semakin menyebar.

Nah dengan mengonsumsi obat alternatif yang mengandung sarang semut, telah terbukti sel kanker tersebut mampu diatasi dengan efektif dan tanpa efek samping. Dan beberapa jenis kanker yang dapat diatasi menggunakan sarang semut antara lain adalah kanker usu, kanker rahim, kanker kulit, kanker paru, kanker prostat, dan kanker darah.

3. Benjolan pada payudara
Ini juga merupakan manfaat sarang semut yang tidak kalah pentingnya. Sebagai seorang wanita, sudah sewajarnya jika terdapat benjolan di area intim seperti payudara menjadi hal yang begitu menakutkan. Bagaimana tidak, umumnya benjolan ini merupakan satu gejala munculnya tumor ataupun kanker payudara.

Benjolan pada payudara ini sendiri merupakan sebuah cairan. Namun dengan kandungan flavonoid yang terdapat pada sarang semut, benjolan pada payudara ini bisa teratasi dengan tahapan waktu yang bisa dibilang singkat.

4. Melancarkan haid
Bagi seorang wanita, kesuburan organ reproduksi dapat tergambar salah satunya yaitu dari lancarnya haid. Nah disini sarang semut pun dapat membantu anda mengatasi masalah haid tidak teratur dan tidak lancar.

Tak hanya itu, manfaat sarang semut lainnya untuk organ reproduksi wanita yaitu dapat membantu mengatasi keputihan berlebih.

5. Mengobati rematik
Salah satu penyakit yang sering kali menyerang orang dengan usia lanjut yaitu rematik. Pada dasarnya, penyakit ini pun dapat menyerang mereka yang masih dalam usia produktif, hanya saja kemungkinan pada orang lanjut usia jauh lebih besar.

Nah dengan kandungan flavonoid yang dapat menjadi inhibitior enzim xanthine dan antioksidan juga tokoferol sebagai antioksidan dan multimineral yang terdapat pada sarang semut, terbukti tanaman ini mampu mengatasi penyakit rematik dengan cepat.

6. Membantu metabolisme
Bukan hanya bermanfaat untuk organ-organ intim tubuh, namun manfaat sarang semut lainnya pun dapat anda sarankan pada proses metabolisme tubuh. Dimana kandungan pada sarang semut telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik dan maksimal.

7. Menghentikan pendarahan
Seseorang yang mengalami pendarahan hebat sering kali akhirnya bernasib malang. Terlebih lagi jika terjadi pendarahan dalam, terutama pada area kepala.

Biasanya pendarahan akibat sayatan atau benda berbahaya lain ini akan terhenti ketika selurh darah kotor akibat tempelan benda tersebut sudah terbuang.


Kelebihan sarang semut via youtube.com

Khasiat Sarang Semut

Sudah ada beberapa penelitian yang dilakukan sehingga mulai diketahui kandungan apa saja yang terdapat dalam Sarang Semut yang membantu kesembuhan dari berbagai penyakit diantaranya:

1.Stroke Ringan Maupun Berat
Pengobatan stroke kemungkinan sangat berkaitan dengan kandungan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut. Darah Tinggi (Hipertensi) Sebagai obat alami untuk darah tinggi, Sarang Semut mengandung flavonoid yang mencegah penggumpalan darah sehingga bagi Anda yang mengonsumsi obat herbal ini secara rutin, maka tekanan darah tinggi dapat terhindarkan.

Hal ini lantaran hipertensi muncul jika terjadi penggumpalan darah dan Sarang Semut melindungi Anda untuk tetap memiliki darah encer. Selain Flavonoid, Sarang Semut juga memiliki senyawa Tokoferol yang terbukti mampu mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi dapat diatasi.

2.Diabetes Mellitus
Banyak pengguna Sarang Semut melaporkan kondisi kesehatan mereka membaik setelah secara rutin mengkonsumsi herbal ini, beberapa bahkan melaporkan sudah tidak menggunakan insulin lagi.

Kemampuan Sarang Semut dalam pembantu pengobatan diabetes diduga karena kemampuan herbal ini untuk memulihkan fungsi organ tubuh, khususnya pankreas, sehingga dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup, dengan demikian gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

3.Ambeien (Wasir)
Kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan ambeien (Wasir) berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.


Sarang semut via bukalapak.com

Nah, diatas merupakan beberapa manfaat dan khasiat lengkap dengan penjelasan mengenai sarang semut. Ternyata ada cara tersendiri untuk mengolah sarang semut, cara mengolah akan kami jelasakan berikut ini:

Cara Mengolah Sarang Semut

Walaupun ada banyak sekali manfaat sarang semut untuk kesehatan, tetapi tidak akan ada gunanya bila tidak tau cara mengolahnya.

Walaupun sekarang sudah ada beberapa sarang semut yang dijual dalam kemasan teh atau tablet ekstrak sarang semut, tetapi masih banyak sekali sarang semut yang umumnya masih dijual dalam bentuk irisan atau serbuk.

Jika masih dalam bentuk irisan, cara mengolahnya adalah dengan memotong kecil-kecil menggunakan tangan, dan masukan ke dalam blender. Setelah selesai diblender, giling dan tumbuk sampai halus.

Untuk memasak, dianjurkan agar Anda menggunakan panci stainless steel atau panci tanah liat. Alasannya adalah karena logam dari panci aluminium sering terkikis dan bisa tercampur kedalam ramuan. Ini berbahaya untuk kesehatan dan akan mengurangi keampuhan dari sarang semut.

Berikut ini adalah cara memasak dan mengolahnya:
  • Siapkan panci dan rebus satu sendok makan (kurang lebih 10 gram) sarang semut dengan dua gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih hingga warna air mirip dengan warna teh.
  • Kecilkan api dan aduk ramuan sesekali.
  • Tunggu hingga 15 menit, 2 gelas air tersebut akan hanya tersisa 1 gelas.
  • Diamkan hasil ramuan hingga dingin.
  • Saring keluar air hasil rebusan tersebut, dan ramuan tersebut sudah siap diminum.

Aturan minum obat herbal sarang semut yaitu:
Untuk pencegahan, minumlah 3 gelas setiap hari, pagi, siang, malam
Untuk penyembuhan, minumlah 3 sampai 8 gelas setiap hari yang dapat diminum setiap saat sampai penyakit sembuh

Takaran dosis bagi anak-anak di usia 10 tahun berbeda dengan takaran orang dewasa:
Untuk pencegahan, minumlah secara teratur 1 sampai 2 gelas seminggu
Untuk penyembuhan, minumlah 2 sampai 3 gelas yang sebaiknya dilakukan pagi, siang, dan malam.

Banyak sekali bukan manfaat dari sarang semut yang banyak diremehkan orang ini, anda bisa mencoba mengkonsumsi sarang semut jika anda mengalami penyakit yang disebutkan diatas tadi. Demikian penjelasan mengenai sarang semut semoga bermanfaat.
Top