Alasan Rasulullah Membangun Masjid Nabawi di Madinah Bukan di Kota Lain

Komentar

masjid nabawi via id.wikipedia.org

Selain makam baginda Rasul ada 2 makam sahabat yang berada di Nabawi.

Sebenarnya apa alasan Rasulullah membangun masjid Nabawi di Madinah? Apa ada kaitan dengan 9 fakta unik tentang masjid Nabawi ini?

Masjid Nabawi yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Pemandangan di sana diklaim tanpa cela, dan keindahan seperti itu hanya ada satu di dunia. Meski Raudhah jadi tempat favorit ketika berkunjung ke Madinah, namun masih banyak orang yang belum mengetahui fakta-fakta uniknya.

Yuk mengetahui selengkapnya tentang masjid madinah di artikel ini. Apa fungsi masjid nabawi pada awal berdirinya , hingga 9 fakta unik masjid nabawi akan kami bahas selengkapnya!

Apa fungsi masjid nabawi pada awal berdirinya ?

Apa fungsi masjid nabawi zaman rasulullah masih hidup ? Berikut penjelasannya.

Masjid Nabawi di Madinah telah menjabarkan fungsinya sehingga lahir peranan masjid yang beraneka ragam. Sejarah mencatat tidak kurang dari sepuluh peranan yang telah diemban oleh Masjid Nabawi, yaitu sebagai:

1. Tempat ibadah (shalat, zikir).
2. Tempat konsultasi dan komunikasi (masalah ekonomi-sosial budaya).
3. Tempat pendidikan.
4. Tempat santunan sosial.
5. Tempat latihan militer dan persiapan alat-alatnya.
6. Tempat pengobatan para korban perang.
7. Tempat perdamaian dan pengadilan sengketa.
8. Aula dan tempat menerima tamu.
9. Tempat menawan tahanan, dan
10. Pusat penerangan atau pembelaan agama.

Agaknya masjid pada masa silam mampu berperan sedemikian luas, disebabkan antara lain oleh:

1. Keadaan masyarakat yang masih sangat berpegang teguh kepada nilai, norma, dan jiwa agama.

2. Kemampuan pembina-pembina masjid menghubungkan kondisi sosial dan kebutuhan masyarakat dengan uraian dan kegiatan
masjid.

Itulah fungsi dan peranan masjid nabawi zaman rasulullah masih hidup. Fungsi dan peranan masjid besar seperti yang disebutkan pada masa keemasan Islam itu tentunya sulit diwujudkan pada masa kini. Namun, ini tidak berarti bahwa masjid tidak dapat berperanan di dalam hal-hal tersebut. Sebegaimana kita tahu bahwa masjid nabawi terletak dikota madinah. Namun, mengapa rasulullah membangun masjid nabawi di madinah ? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Astagfirullah! Ketika Masjid Dijadikan Tempat Keributan Politik, Ini yang Akan Terjadi

Mengapa rasulullah membangun masjid nabawi di madinah ?


masjid nabawi madinah via jogjapost.com

Alasan mengapa rasulullah membangun masjid nabawi di madinah ada di bawah ini. Simak penjelasannya.

Ketika Rasulullah Saw. berhijrah ke Madinah, langkah pertama yang beliau lakukan adalah membangun masjid kecil yang berlantaikan tanah, dan beratapkan pelepah kurma. Dari sana beliau membangun masjid yang besar, membangun dunia ini, sehingga kota tempat beliau membangun itu benar-benar menjadi Madinah, (seperti namanya) yang arti harfiahnya adalah 'tempat peradaban', atau paling tidak, dari tempat tersebut lahir benih peradaban baru umat manusia.

Masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah Saw. adalah Masjid Quba', kemudian disusul dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Selain itu mengapa Rasulullah membangun masjid nabawi di madinah karena untuk menyebarluaskan agama islam di negara madinah dan juga pada saat Rasulullah SAW masjid tersebut digunakan untuk pertemuan, untuk pusat pemerintahan, untuk orang orang berkumpul, dan tempat untuk memperkuat tali silaturahmi

Ada orang-orang istimewa yang dimakamkan di dalam masjid Madinah ini. Siapa saja yang dimakamkan di masjid nabawi ya ? Berikut ini ulasannya.

Siapa saja yang dimakamkan di masjid nabawi ?

masjid nabawi terletak makam rasul  via youtube.com

Di masjid nabawi terletak makam rasul dan 2 orang lainnya. Siapakah itu ? Mereka adalah Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Ketika Nabi Muhammad SAW meninggal, beliau dikuburkan di dalam kamarnya sendiri --kamar yang merupakan 'tempat tinggal' Nabi SAW dengan istrinya, Siti Aisyah. Meski telah menjadi kuburan, Siti Aisyah tetap tinggal di kamar tersebut. Kemudian, ketika Abu Bakar mendekati ajal, beliau minta izin kepada Siti Aisyah agar dapat dikuburkan di samping sahabat yang paling dicintainya dan Aisyah mengizinkannya. Seperti diketahui Abu Bakar adalah ayah Siti Aisyah.

Kemudian ketika Umar bin Khattab mendekati ajal, beliau juga minta izin Siti Aisyah untuk dikuburkan di samping kedua sahabatnya, padahal Siti Aisyah sudah berencana untuk dikuburkan di samping suami dan ayah yang sangat dicintainya itu. Tetapi karena rasa hormatnya kepada Umar bin Khattab maka Siti Aisyah juga mengizinkannya.

Posisi kuburan ketiga orang yang sangat dimuliakan oleh umat Islam itu seperti posisi shalat antara imam dan ma’mum, artinya Abu Bakar menjadi ma’mum-nya Nabi SAW, kemudian Umar bin Khattab menjadi ma’mum-nya Abu Bakar. Pada awalnya makam berlokasi di luar Masjid Nabawi, tetapi setelah adanya perluasan dan perbaikan masjid makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabat itu dimasukkan ke dalam masjid.

Nah sudah tau kan sebagian tentang masjid nabawi. Yuk lanjutkan ingin tahumu!. Setelah ini kami akan membahas ketutamaan masjid nabawi ini. Simak yaa!

Keutamaan Masjid Nabawi

Kita tahu bahwa Masjis Nabawi adalah masjid yang mulia. Lantas apa keutamaan shalat di Masjid Nabawi dibanding masjid lainnya?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ – صلى الله عليه وسلم – وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Tidaklah pelana itu diikat –yaitu tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah ke suatu tempat)- kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, masjid Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan masjidil Aqsho” (HR. Bukhari 1189 dan Muslim no. 1397). Hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al Khudriy. Hadits ini secara tegas menunjukkan keutamaan sengaja bersafar ke ketiga masjid di atas. Dan ini berarti selain tiga masjid itu tidak dibolehkan jika sengaja bersafar ke sana dalam rangka ibadah, baik itu ke kuburan wali maupun orang sholih .

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah)

Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173)

Para ulama berselisih pendapat, apakah yang dimaksud dengan pengecualian dalam hadits di atas. Perbedaan pendapat ini berasal dari perselisihan mereka, manakah tempat yang lebih utama: Madinah ataukah Makkah? Ulama Syafi’iyah dan mayoritas ulama mengatakan bahwa Makkah lebih utama dari Madinah. Sehingga Masjidil Haram lebih utama dari Masjid Madinah.

Dan ini berkebalikan dengan pendapat Imam Malik dan pengikutnya. Sehingga menurut ulama Syafi’iyah dan mayoritas ulama, makna hadits di atas adalah: shalat di masjid Nabawi lebih utama dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom karena shalat di Masjidil Harom lebih utama dari shalat di masjid Nabawi.

Woww itulah keutamaan masjid nabawi yang luar biasa. Yuk lanjut, kita akan membahas 9 fakta unik masjid nabawi loh! Simak terus ya!

9 Fakta Unik Masjid Nabawi

keunikan masjid nabawi via travel.detik.com

Jadi, mari kita telusuri 9 fakta menarik tentang Raudhah dan Masjid Nabawi:

1. Tempat Pertama yang Dialiri Listrik di Jazirah Arab
Ketika Dinasti Utsmani memperkenalkan listrik ke Semenanjung Arab, tempat pertama yang diprioritaskan adalah Masjid Nabawi. Saat itu bahkan Istana Sultan Ottoman di Istanbul belum dialiri listrik.

2. Masjid Nabawi Merupakan Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia
Masjid Nabawi merupakan tempat ibadah yang ukurannya diperluas 100 kali dari ukuran semula sehingga wilayahnya kini mencakup hampir seluruh wilayah kota tua Madinah. Buktinya, area masjid kini berbatasan langsung dengan makam Baqi, yang dulu berada di luar wilayah Kota Madinah.

3. Terdapat Liang Lahat Kosong Dekat Makam Rasulullah
Nabi Muhammad SAW dimakamkan di Masjid Nabawi, dan di sebelahnya pula dikebumikan Abu Bakar Siddiq dan Umar bin Khattab. Makam mereka persis di sebelah raudhah. Faktanya, terdapat satu liang lahat lagi yang kosong. Lokasinya dekat makam Nabi SAW.

4. Hancur oleh Api
Masjid Nabawi pernah dilanda kebakaran besar sehingga atap, mimbar hingga dinding ruangan Makam Nabi Muhammad SAW ludes.

5. Sekarang Terdapat Dua Kubah
Nabi Muhammad SAW wafat sudah lebih dari 650 tahun, namun tidak ada kubah di atas kuburnya. Kemudian, Sultan Mamluk membangun kubah yang terbuat dari kayu pertama kali pada tahun 1279.

Di sisi lain nampak Kubah Hijau yang sekarang merupakan kubah luar di atas ruang Nabi Muhammad SAW dan didapati jauh lebih kecil.

6. Dahulu Kubah Warna Ungu, Sekarang Biru Ungu
Sekitar 150 tahun yang lalu, kubah yang terdapat di Masjid Nabawi memiliki warna ungu dan sekarang biru ungu. Beberapa orang Arab Hijaz dulu memang sangat menyukai warna biru ungu.

7. Memiliki 3 Mihrab
Masjid Nabawi hanya memiliki satu mihrab, namun masjid Nabi memiliki tiga mihrab. Mihrab saat ini digunakan Imam Hanafi yang diperintahkan Sultan Suleyman untuk memimpin salat, namun Imam Maliki memandu salat dari mimbar Nabi.

8. Ada apa di ruangan Fatimah?
Barang milik Nabi Muhammad SAW dulu disimpan di kamarnya atau kamar Fatimah yang berada di Masjid Nabawi. Saat Madinah berada dalam situasi genting saat perang dunia I, barang-barang tersebut dievakuasi oleh pasukan Kesultanan Ottoman ke Istanbul. Kini beberapa items tersebut disimpan di Museum Topkapi.

9. Penuh dengan tanda-tanda rahasia
Masjid Nabawi penuh dengan begitu banyak tanda dan kode rahasia. Setiap pilar, masing-masing kubah, setiap jendela memiliki cerita tersendiri serta membawa makna sejarah dan spiritual. Namun tak semua orang paham akan hal itu.

Orang-orang yang membangun kembali Masjid Nabawi menyadari bahwa tidak mungkin memasang tanda di mana-mana karena hal itu akan mengalihkan perhatian dari tujuan doa yang utama.

Subhanallah, itulah 9 fakta unik masjid nabawi yang mengagumkan.

Baca Juga : Unik, Masjid ini Dibuat Menyerupai Perahu, Ternyata ini Maksudnya

Demikianlah artikel tentang masjid nabawi yang dapat kami sampaikan. Semoga kita semua dapat menginjakkan kaki ke tanah suci tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!
Top