Terbukti Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Timbulkan Efek Samping

Komentar

cara menghilangkan kutu rambut via suratkabar.id

Kutu rambut bisa sangat susah membersihkannya, mungkin Anda akan heran bahwa di zaman modern ini masih ada orang yang mempunyai kutu rambut. Namun memang ada, dan fakta. Jadi begini cara menghilangkan kutu secara tuntas agar tak kembali lagi.

Kutu rambut adalah parasit kecil yang terdapat di kepala manusia dan mampu menghisap darah di kepala. Dan juga bisa bertelur di kepala, telur kutu rambut biasanya terdapat di bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

Kutu rambut ini hanya terdapat pada manusia dan penularannya hanya pada sesama manusia. anak-anak usia sekolah biasanya rentan dihinggapi kutu rambut. Namun risiko penularan juga ada bagi orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut.

Mari kita langsung saja membahas penyebab dan cara menghilangkan kutu rambut agar tidak kembali lagi dengan cara alami. Cara membasmi kutu rambut ampuh tanpa bahan kimia. Cara menghilangkan kutu rambut tanpa efek samping yang akan dibawanya. Yuk langsung saja membahas bagaimana cara menghilangkan kutu rambut secara cepat dan alami tanpa efek samping.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Inilah beberapa penyebab kutu rambut ada di kepala kita

1. Rambut Tidak Higienis
Seperti yang kita ketahui bersama, parasit ataupun serangga seperti kutu ini menyukai tempat yang tidak terlalu bersih. Jadi bila rambut anda tidak pernah anda rawat, kemungkinan besar akan kedatangan kutu rambut.

2. Kontak Langsung Dengan Penderita
Penyebab kutu rambut yang berikutnya adalah melakukan kontak langsung dengan orang yang telah terkena kutu rambut. Penyebab ini banyak sekali terjadi pada anak–anak. Dimana ketika bermain, anak kita terkena parasit ini, dimana kutu rambut berasal dari temannya yang memang memiliki kutu di rambutnya.

3. Sisir yang Sama
Terkadang ketika penderita kutu rembut sedang menyisir, banyak telur kutu yang tertinggal di sisir. Maka dari itu penyebaran kutu rambut bisa terjadi hanya lewat sebuah sisir.

4. Handuk yang Sama
Kita pasti sering mengeringkan rambut dengan handuk. Bahkan terkadang para perempuan menggunakan handuk untuk menggulung rambut mereka. Lewat situlah kutu rambut bisa berpindah ke rambut anda.

5. Helm yang Sama
Media tidak langsung yang ketiga adalah helm. Bagi anda yang memiliki anak sudah cukup dewasa dan terjangkit kutu rambut, jelaskanlah secara baik–baik kalau helm yang dia gunakan bisa jadi penyalur kutu rambut bagi seluruh keluarga.

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Agar Tidak Kembali Lagi 

1. Hilangkan kutu rambut dan telurnya dengan sisir serit

sisir serit via tokopedia.com

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat yang pertama adalah menggunakan sisir serit. Anda bisa dengan mudah membelinya di toko yang menjual alat-alat kosmetik.

2. Asam Cuka
Sifat asam dari cuka mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala Anda.

3. Minyak Zaitun

minyak zaitun via merdeka.com

Berikutnya cara menghilangkan telur kutu di rambut panjang adalah menggunakan minyak zaitun. Caranya :
  • Keramaslah dulu sampai rambut Anda bersih, lalu keringkan dengan handuk.
  • Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala Anda dan pijatlah dengan lembut.
  • Gunakan penutup kepala (shower cap), dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi.
  • Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.


4. Mayonnaise

mayonaise via eatthismuch.com

Biasanya kita menggunakan mayonnaise sebagai saus pelengkap makanan, namun ternyata mayonnaise juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen. Begini caranya :

Siapkan mayonnaise secukupnya.
  • Oleskan pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut sampai merata..
  • Gunakan shower cap untuk menutup rambut anda.
  • Biarkan dulu sekitar 5 sampai 6 jam.
  • Keramasilah rambut anda dengan shampoo.
  • Setelah mengeringkan rambut, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih.

5. Lemon
Karena buah lemon juga memiliki kandungan asam yang tinggi sama seperti pada cuka asam, maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman.

6. Minyak Kelapa

minyak kelapa via alodokter.com

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang mampu untuk menghilangkan kutu di rambut panjang. Juga mengandung Vitamin E yang mampu menyehatkan dan melembutkan rambut Anda.

Selain cara alami diatas berikut ini juga ada cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah. Bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah dengan mudah ? Berikut ini ulasannya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bawang Merah ?

bawang via hellosehat.com

Menggunakan bawang merah untuk membasmi kutu pada rambut adalah ide yang baik. Kamu bisa membuat obat kutu rambut dari bawang merah, dan bahan alami lainnya seperti berikut.

1. Bawang Merah
Dengan menggunakan bawang merah sebagai obat kutu rambut, maka dalam waktu beberapa jam kutu pada rambut mu akan pingsan bahkan mati. Cara membuat obat kutu dari bawang merah cukup mudah, yuk ikuti langkah yang berikut ini.

  • Siapkan bawang merah 5-10 siung.
  • Kupas bawang merah hingga tidak ada kulitnya yang menempel.
  • Cuci bersih bawang merah dengan air mengalir.
  • Blender bawang merah dengan menggunakan sedikit air.
  • Tuangkan jus bawang merah pada wadah yang bersih.
  • Obat kutu dari bawang merah siap digunakan.

Cara menggunakan obat kutu ini cukup mudah sekali, dan kamu bisa menggunakannya sendiri. Pertama cuci bersih rambut mu, jika sudah setengah mengering sisirlah dengan perlahan dan buatlah menjadi beberapa bagian. Lalu gunakan jus bawang merah tadi sebagai masker rambut, oleskan pada setiap bagian rambut hingga merata. Diamkan hingga 1 jam lamanya, lalu sisirlah rambut mu kea rah bawah ( kutu pada rambut mu akan terangkat ). Selanjutnya bilas dengan air bersih atu bisa juga shampo rambut mu, dan keringkan dengan handuk.

2. Bawang Merah Dan Minyak Kelapa
Minyak kelapa tidak hanya bisa menyuburkan rambut mu saja, tapi juga bisa membuat kutu di rambut mu merasa tidak nyaman alias mati. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai campuran obat kutu dari bawang, dan membuat obat ini sendiri di rumah mu. cara membuatnya juga cukup mudah sekali, yuk ikuti langkah yang berikut ini.
  • Siapkan bawang merah 5-10 siung.
  • Kupas bawang merah hingga tidak ada kulitnya yang menempel.
  • Cuci bersih bawang merah dengan air mengalir.
  • Siapkan minyak kelapa sebanyak secukupnya.
  • Blender bawang merah dengan menggunakan minyak kelapa yang sudah kamu siapkan .
  • Tuangkan jus bawang merah dan minyak kelapa pada wadah yang bersih.
  • Obat kutu dari bawang merah dan minyak kelapa siap digunakan.

Cara menggunakan obat kutu dari bawang merah dan minyak kelapa ini cukup mudah. Pertama cuci bersih rambut mu menggunakan shampo, lalu sisirlah rambut mu dan bagi menjadi beberapa bagian. Gunakan obat kutu dari bawang merah dan minyak kelapa ini sebagai masker rambut, dan diamkan hingga 1 jam lamanya. Setelah itu sisirlah rambut mu dengan perlahan ( kutu pada rambut mu akan terangkat ). Selanjutnya cuci bersih rambut mu dengan air mengalir, atau kamu juga bisa menggunakan shampo pada rambut mu. 

3. Bawang Merah Dan Lidah Buaya
Dengan mencampurkan bawang merah dan lidah buaya akan memberikan efek dingin untuk penggunannya. Dan kamu juga bisa membuat obat pembasmi kutu ini sendiri di rumah. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuatnya, yuk simak yang berikut ini.
  • Siapkan bawang merah 5-10 siung.
  • Kupas bawang merah hingga tidak ada kulitnya yang menempel.
  • Cuci bersih bawang merah dengan air mengalir.
  • Siapkan lidah buaya sebanyak satu buah, dan cuci hingga bersih.
  • Ambilah daging lidah buaya secukupnya.
  • Blender bawang merah dengan lidah buaya.
  • Tuangkan jus bawang merah dan lidah buaya pada wadah yang bersih.
  • Obat kutu dari bawang merah siap digunakan.

Cara menggunakan obat kutu ini cukup mudah sekali, dan kamu bisa menggunakannya sendiri. Pertama cuci bersih rambut mu, jika sudah setengah mengering sisirlah dengan perlahan dan buatlah menjadi beberapa bagian. Lalu gunakan jus bawang merah dan lidah buaya sebagai masker rambut, oleskan pada setiap bagian rambut hingga merata. Diamkan hingga 1 jam lamanya, lalu sisirlah rambut mu kea rah bawah ( kutu pada rambut mu akan terangkat ). Selanjutnya bilas dengan air bersih atu bisa juga shampo rambut mu, dan keringkan dengan handuk.

4. Bawang merah dan Cuka Apel
Cara membuatnya juga cukup mudah, dan bahkan tidak memakan banyak waktu. Jika kamu tertarik untuk membuat obat penghilang kutu ini, yuk simak yang berikut ini.
  • Siapkan bawang merah 5-10 siung.
  • Kupas bawang merah hingga tidak ada kulitnya yang menempel.
  • Cuci bersih bawang merah dengan air mengalir.
  • Blender bawang merah dengan menggunakan sedikit air.
  • Tuangkan jus bawang merah pada wadah yang bersih.
  • Tambahkan 3-4 sendok makan cuka apel.
  • Aduk bawang merah yang sudah di jus dan cuka apel hingga tercampur merata.
  • Obat kutu dari bawang merah siap digunakan.

Cara menggunakan obat kutu dari bawang merah dan cuka apel ini cukup mudah sekali. Pertama cuci bersih rambut mu, jika sudah setengah mengering sisirlah dengan perlahan dan buatlah menjadi beberapa bagian. Lalu gunakan jus bawang merah tadi sebagai masker rambut, oleskan pada setiap bagian rambut hingga merata. Diamkan hingga 1 jam lamanya, lalu sisirlah rambut mu kea rah bawah ( kutu pada rambut mu akan terangkat ). Selanjutnya bilas dengan air bersih atu bisa juga shampo rambut mu, dan keringkan dengan handuk.

Sekarang sudah tahu kan apa saja faktor pemicuh munculnya kutu rambut. Kamu bisa menghindari faktor-faktor pemicuh munculnya kutu pada rambut, dan tentunya jangan menggunakan barang milik orang lain. Jika kutu sudah terlanjur mampir pada rambut mu, sebaiknya segera lakukan pengobatan secara khusus. Kamu bisa menggunakan salah satu cara membasmi kutu diatas. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!
Top