Bacaan Doa Setelah Haid dan Tata Cara Mandi Agar Tubuhmu Benar-benar Suci Kembali

Komentar

doa setelah haid via ikhtisarislami.com

Haid atau menstruasi merupakan salah satu najis yang menghalangi wanita beribadah, baik ibadah sholat maupun puasa. Setiap wanita yang sudah dewasa pasti akan mengalami keadaan yang disebut dengan haid atau menstruasi ini.

Siklus haid atau menstruasi itu sendiri secara umum terjadi selama 3 hingga 7 hari. Apabila masa haid sudah berakhir, maka seorang wanita wajib untuk kembali mensucikan dirinya dengan melakukan mandi wajib setelah haid. Sebelum mandi wajib anda harus membacakan doa setelah haid, kemudian mengikuti tata caranya yang dianjurkan.

Inilah Doa Setelah Haid yang Harus Kamu Ketahui

Bacalah doa setelah haid jika kalian hendak bersuci setelah menjalankan masa haid

gambar doa setelah haid via ahmadkhotibarmad.blogspot.com

Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari janabati fardlal lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Bagaimana Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid?

Beberapa ketentuan atau tata cara mandi wajib setelah haid berikut ini dianggap baik oleh para ulama, serta disandarkan pada sejumlah hadits Nabi. Dengan melaksanakan mandi wajib setelah haid diharapkan kaum wanita menjalankan ibadahnya lebih lengkap. Dalam keadaan diri yang suci dan siap kembali menjalankan ibadah secara lahir dan batin.

ilustrasi gambar via youtube.com

Berikut ini ketentuan atau tata cara mandi wajib setelah haid.
  1. Bacakan basmalah dengan niat untuk menghilangkan hadast besar lewat mandi. Setelah itu, membasuh telapak tangan sebanyak tiga kali.
  2. Kemudian beristinja dengan membersihkan segala kotoran yang terdapat pada kemaluan.
  3. Disunnahkan untuk melakukan wudhu dan menyempurnakan wudhu yang dimulai dari bagian kanan seperti akan melaksanakan sholat. Hanya saja, jika tidak memungkinkan dengan berkumur dan ber-istinja disela kegiatan sebelum mandi sudah dianggap cukup.
  4. Menyiramkan air sebanyak tiga kali ke atas kepala, lalu menggosoknya hingga air mengenai ke pangkal rambut. Kemudian mengguyurkan air ke badan yang dimulai dari bagian kanan, lalu dilanjutkan ke bagian kiri. Ada baiknya saat menyela-nyela rambut dicampur dengan shampo atau pembersih lainnya.
Nah, seperti itulah penjelasan mengenai doa setelah haid. Sekarang kita sudah tahu bahwa wanita yang sudah selesai dari masa haidnya, maka dia wajib bersuci yaitu dengan mandi wajib. Untuk itu, bagi para wanita harus benar-benar memperhatikan akan hal ini, agar setelah haid bisa suci lagi.
Top