Merasa Hamil Tapi Ragu? Kenali Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid Berikut

Komentar

Foto via ibundahamil.com

Kehamilan tidak hanya ditandai dengan telat haid

Merasakan ciri-ciri akan hamil sebelum telat haid tapi tadi tes hasilnya masih negatif selang beberapa hari kemudian sudah telat 2 hari, padahal sudah mengharap sekali. Sebenarnya apa saja tanda awal kehamilan, gejala hamil, dan ciri-ciri awal kehamilan yang paling tepat itu?

Salah satu hal yang banyak dicari oleh para calon orangtua adalah mengenai ciri ciri akan hamil sebelum telat haid.

Terkadang, seorang wanita memilih untuk membaca tanda-tanda yang muncul di tubuhnya sebelum melakukan tes uji kehamilan dengan test pack atau ke dokter dengan alasan agar tidak kecewa

Terlambat menstruasi atau telat haid merupakan tanda utama bahwa seorang wanita dicurigai hamil.

Baca juga : Bukan Hanya dengan Minum Air, ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif

Namun terkadang banyak yang tak sabaran ingin segera mengetahui status kehamilannya sehingga mencari tahu apakah ada tanda awal kehamilan sebelum telat haid ? Memang sebagian wanita bisa mengalami gejala seperti ini

Tanda awal kehamilan yang biasa di gunakan oleh mayoritas orang adalah ketika sudah telat haid.

Biasanya, hal ini di jadikan patokan meski tak selamanya akurat. Apa lagi jika anda adalah keluarga baru yang sangat ingin sekali segera

Jika terlambat haid, maka ini bisa jadi tanda yang akurat kehamilan. Namun para calon ibu biasanya was-was dan segera ingin tau apakah ia hamil atau tidak karena biasanya siklus haid para wanita bisa saja mundur.

Nah daripada Anda bingung, mari kita kenali 15 ciri awal kehamilan


Tanda kehamilan dapat membantu anda untuk mengurangi risiko kekurangan nutrisi pada tubuh dan janin selama kehamilan. Bahkan bagi anda yang telah mengetahui tanda kehamilan dapat menjaga aktivitas.

15 ciri-ciri awal kehamilan 

Ada 15 tanda awal kehamilan sebelum Anda mengalami telat haid. Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Suhu Tubuh (Suhu Tubuh Basal)

Anda dapat mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid dengan cara mengukur suhu tubuh Anda.

Pengukuran suhu tubuh yang paling akurat adalah ketika bangun tidur karena pada saat itu suhu masih belum terpengaruh oleh aktivitas.

Beraktivitas fisik tentunya akan meningkatkan suhu tubuh dan jika Anda mengukur suhu tubuh Anda pada sore hari misalnya, maka pengukuran tersebut tidak begitu akurat.

Secara umum wanita yang mengalami pembuahan akan mengalami peningkatan suhu tubuh di atas normal, tapi ini bukan suhu tubuh layaknya demam.

Tapi peningkatan suhu tubuh ini meningkat sedikit saja, yaitu sebesar 0,4-0,6 derajat Celcius dari suhu normal. Peningkatan suhu tubuh ini sering disebut sebagai suhu tubuh basal dan dianjurkan untuk mengukur suhu tubuh dengan termometer yang akurat.

2. Nyeri perut bagian bawah

Apakah Anda merasa ada nyeri pada perut Anda? Tanda kehamilan yang bisa terjadi adalah nyeri perut, khususnya di perut bagian bawah bertepatan dengan posisi organ rahim di perut.

Rasa nyeri ini terjadi karena ada proses pembuahan dan kontraksi rahim. Rasa sakit perut ini hanya berlangsung sebentar, tidak terus menerus, dan mungkin sakitnya seperti nyeri haid.

Oleh karena itu, banyak para ibu yang masih bingung karena nyeri perut ini sulit dibedakan dengan nyeri perut karena Pre Menstruation Syndrom (PMS).

3. Perubahan pada Area Kewanitaan

Tanda selanjutnya adalah tanda yang mungkin jarang diketahui oleh para calon ibu hamil karena biasanya para wanita tidak begitu memperhatikan dan juga sulit untuk diperiksa.

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid tiba tersebut adalah perubahan pada area kewanitaan. Perubahan tersebut berupa perubahan warna.

Sebelum terjadi kehamilan, area kewanitaan akan nampak berwarna merah muda. Jika kehamilan terjadi, maka warnanya akan berubah menjadi lebih pucat atau kehitaman karena proses pigmentasi yang berlebih selama kehamilan.

Tidak hanya bagian kewanitaan yang berubah menjadi kehitaman, namun juga diikuti berubahnya warna puting yang agak kehitaman.

Selain itu juga ada cairan putih mirip seperti cairan pada keputihan, tapi cairan ini lebih tipis dan cair, serta tidak berbau. Bedakan cairan putih ini dengan cairan keputihan di artikel Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya sampai Tuntas

4. Morning Sickness (Mual Kehamilan)

Tanda kehamilan selanjutnya adalah morning sickness (mual muntah) yang biasanya terjadi pada pagi hari. Tanda ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan kadar asam lambung semakin banyak diproduksi dan memicu mual dan muntah.

Selain itu kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang dihasilkan di plasenta sejak awal kehamilan meningkat dan menyebabkan gejala mual dan muntah.

Namun mual muntah ini akan reda seiring bertambahnya umur kehamilan. Jika mual muntah ini terjadi terus menerus dan tidak berhenti, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih baik.

Baca juga : Hanya dalam Semalam, ini Cara Menyembuhkan Pilek yang Aman tanpa Obat

5. Metabolisme Glikogen

Glikogen adalah polisakarida yang dihasilkan oleh tubuh sebagai cadangan gula. Jika tubuh memerlukan banyak energi dan nutrisi seperti pada awal kehamilan, maka glikogen akan dipecah dari hati.

Jadi perubahan selanjutnya yang menjadi tanda awal kehamilan sebelum berhenti haid adalah meningkatnya metabolisme glikogen. Peningkatan metabolisme glikogen bertujuan untuk memberikan cukup nutrisi untuk janin, namun sayangnya proses ini memicu munculnya muntah-muntah.

Pada awal kehamilan, organ penting janin mulai terbentuk sehingga asupan asam folat dan nutrisi lainnya sangat penting dan harus tercukupi, itulah kenapa glikogen dipecah lebih banyak.

6. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil tentunya membuat calon ibu bertanya-tanya. Apakah ini diabetes atau hamil? Berbeda dengan diabetes yang juga ditandai 3 P (Polydipsia;banyak minum, Polyfagia; banyak makan, dan Polyuria; sering kencing), hanya sering kencing dan tidak ditandai dengan gejala lainnya bisa menjadi tanda kehamilan awal karena pada masa kehamilan rahim akan membesar, dan pembesaran inilah yang menekan kandung kemih, sehingga ibu hamil umumnya akan merasa selalu ingin kencing.

7. Dada menjadi nyeri dan membengkak

Jika dada wanita atau payud*ra (maaf) terasa nyeri  meskipun hanya dengan sentuhan ringan dan membengkak, maka ini juga merupakan tanda awal kehamilan sebelum haid berhenti diketahui. Ini terjadi karena ada lonjakan dan perubahan hormon yang drastis pada wanita.

Rasa sakit dan bengkak ini sebenarnya juga dialami oleh wanita yang sedang haid, namun jika nyeri ini terjadi sebelum haid, maka bisa jadi tanda tersebut adalah tanda kehamilan.

Pada bulan pertama setelah terjadinya pembuahan, wanita akan mengalami perubahan hormon dan akan terus bertahan hingga umur kehamilan menginjak trimester ke 3. Jadi dada wanita akan terus membesar dan nyeri sebagai persiapan menyusui.

8. Pusing

Gejala yang juga muncul pada awal kehamilan adalah pusing. Pusing ini terjadi karena pada kondisi tersebut calon ibu hamil akan mengalami penggunaan glukosa yang lebih tinggi untuk memberikan nutrisi janinnya.

Selain itu, pusing pada calon ibu hamil ini juga terjadi karena menurunnya tekanan darah akibat pembuluh darah yang berdilatasi atau melebar untuk menyuplai asupan darah ke janinnya.

Selain itu, ibu hamil juga akan mudah pusing jika psikologisnya sedang tertekan karena menumpuknya pekerjaan, dan lainnya.

9. Sesak Napas

Apakah Anda merasakan kecapekan karena naik turun tangga secara mendadak? Ini kemungkinan suatu tanda bahwa Anda sedang hamil.

Jadi, tanda awal kehamilan tersebut adalah sesak napas secara mendadak karena pada dasarnya perkembangan janin memerlukan oksigen yang Anda hirup, ini lah yang menyebabkan Anda menjadi tersenggal-senggal ketika berjalan ringan.

Selain itu pembesaran rahim juga salah satu faktor kenapa Anda menjadi susah bernapas, rahim yang terus membesar akan menekan otot diafragma sehingga paru-paru sulit untuk kembang kempis.

10. Kelelahan

Jika Anda kelelahan dan bahkan merasa sangat lelah hanya karena aktivitas ringan seperti membaca buku, berjalan, menyapu, dan aktivitas ringan lainnya, maka bisa jadi Anda sedang hamil. Ini terjadi karena ada perubahan hormon di tubuh Anda.

Memang sudah menjadi tanda jika seorang wanita cenderung mudah kelelahan karena bobotnya yang bertambah, terbaginya oksigen yang dia hirup, dan terbaginya nutrisi ke janinnya.

Pada banyak wanita, kelelahan akan berlanjut sampai trimester pertama dan akan mulai menurun setelah trimester selanjutnya. Namun ada juga yang semakin lelah ketika menjelang trimester akhir karena bobot perut mereka menjadi lebih besar dan berat.

11. Nyeri Punggung

Apakah Anda merasakan ada rasa nyeri pada punggung bawah Anda? Nyeri punggung bawah tersebut bisa menjadi tanda awal  bahwa anda sedang hamil.

Jika Anda tidak biasanya merasakan sakit di punggung Anda, bisa berarti ligamen Anda mulai terkikis dan mulai melengkung karena pertumbuhan rahim.

Sayangnya kondisi ini akan terus terjadi selama kehamilan, seiring meningkatnya berat badan Anda sehingga bobot tubuh Anda menekan tulang pinggul Anda.

12. Banyak Makan

Tiba-tiba Anda merasa lapar dan selalu ingin makan. Jika sebelumnya Anda tidak begini, maka ini juga adalah salah satu tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Kondisi ini terjadi karena asupan nutrisi ibu hamil akan terus meningkat untuk janinnya, jadi ibu hamil akan terus merasa lapar.

13. Konstipasi

Konstipasi adalah masalah umum yang terjadi pada calon ibu hamil karena seiring meningkatnya hormon progesteron karena kehamilan, ia akan menurunkan pergerakan sistem pencernaan.

Pergerakan sistem pencernaan yang menurun akan menurunkan juga proses pembuangan tinja dan kondisi ini akan mengarah ke susah buang air besar atau konstipasi.

Baca juga : Hanya 5 Menit, Begini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Bayi Tanpa Obat

14. Gangguan Mood

Dikit-dikit marah, dikit-dikit nangis, dan lonjakan emosi yang tak tentu ini sering terjadi pada wanita yang sedang hamil muda.

Perubahan hormon saat hamil akan menyebabkan mood seorang wanita menjadi kurang baik. Ini terjadi karena tubuh Anda sedang berusaha untuk membentuk dan menghasilkan hormon baru untuk pertumbuhan janin.

 15. Sensitif terhadap bau-bauan

Perubahan awal pada ibu hamil adalah bertambahnya sensitifitas terhadap bau yang menyengat. Mungkin pada awalnya ibu hamil akan merasa biasa saja ketika mencium bau-bauan, namun ketika hamil bau apa pun berubah menjadi tidak enak dan membuat ibu hamil ingin muntah.

Ini terjadi karena adanya perubahan hormon progesteron yang terus meningkat pada awal kehamilan.

Sebuah tanda awal kehamilan sebelum telah haid sangat penting untuk diketahui agar para calon ibu bisa menyiapkan dan menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Awal kehamilan memang harus dan wajib diketahui agar pemenuhan nutrisi asam folat untuk janin sudah tercukupi sejak awal.

Penutup

Jika cara tanda-tanda awal kehamilan sebelum telah haid di atas kurang membuat Anda puasa dan masih belum yakin bahwa Anda hamil, silakan berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda agar kehamilan Anda bisa diketahui dengan pasti.

Tes kehamilan yang bisa dilakukan oleh para dokter dan bidan adalah tespack (tes urin), pemeriksaan USG, dan tes-tes lainnya.
Top