20 Untaian Indah Kata Mutiara Islam Tentang Wanita

Komentar

ilustrasi via campursari18.blogspot.co.id

Wanita adalah tempatnya surga, karena kata mereka surga ada di bawah telapak kaki ibu, dan sudah pasti seorang ibu itu adalah seorang perempuan/wanita

Wanita yang penuh kelembutan, penuh cinta, penuh kasih sayang...

Sedang lesu, sedih, atau galau karena berbagai masalah yang menghampiri?

Kumpulan kata kata bijak wanita muslimah ini bisa jadi inspirasi dan motivasi untuk Anda. Tak hanya dapat dijadikan kata mutiara kehidupan yang membuat Anda tegar, tapi juga mengingatkan pada Sang Pencipta. Apapun yang terjadi , yakinlah bahwa Allah tidak akan meninggalkan Anda sendiri.

Untaian kata kata bijak islami tentang wanita solehah akan melahirkan mutiara hikmah berupa kesadaran untuk menjaga dan melindungi mereka (perempuan) sebagai bentuk dari kebajikan.

Memang tak ada satu pria pun yang tak luluh dengan kecantikan dan keanggunan yang mereka miliki. Namun apa sebenarnya makna kecantikan itu? apakah pesona wajah dan paras yang aduhai, bentuk fisik yang proporsional, suara yang merdu, ataukah kecerdasan lahir dan batin? TAK SATUPUN

Pada dasarnya "cantik" bukanlah anggun, molek, ayu, gemulai, manis, dan sebagainya. Cantik juga bukan akibat fisik, tingkah laku ataupun budaya. Karena itu semua adalah "eksistensi" dari kecantikan, yaitu kesepakatan yang dibuat oleh paradigma.  Nah, memiliki kecantikan bagi wanita, itulah esensi atau makna yang sebenarnya. Karena sesungguhnya setiap wanita solehah telah diciptakan cantik oleh Yang Maha Indah.

Kata Mutiara Islam Tentang Wanita

“Hijab bukan untuk mengekang atau penindasan, melainkan tentang bagaimana membebaskan diri terhadap pandangan jahat.”

1. Kata bijak ini mengungkapkan jika memakai hijab untuk wanita muslimah bukan berarti mengekang para wanita untuk melakukan segala aktivitas, melainkan untuk menjaga kehormatan wanita dan menjaga wanita dari perbuatan jahat kaum pria.

“Wahai wanita…pilihlah pria yang senantiasa menjaga dirimu dan mencintaimu karena Cinta-Nya pada Allah, bukan karena fisikmu semata.”

2. Wanita muslimah yang mencari pasangan untuk dijadikan suami, sebaiknya memilih pria yang mencintainya karena Allah Swt semata dan untuk mendapatkan ridho-Nya, bukan karena mencintai fisiknya semata.

“Laki-laki memimpikan seorang wanita yang sempurna, dan wanita menginginkan laki-laki sempurna. Tanpa mereka tahu bahwa sebenarnya Allah menciptakan keduanya untuk menyempurnakan satu dengan yang lain.”

3. Untuk mencari pasangan hidup, kita tidak perlu mencari seseorang yang sempurna, karena Allah Swt menciptakan pasangan kita untuk saling menutupi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, Anda tak perlu khawatir tentang jodoh yang telah Allah pilihkan untuk Anda.

“Hijab bukan sekedar penutup semata, tetapi ia merupakan kunci untuk kita menuju surga”.

4. Hijab bagi wanita muslim bukan hanya menutup aurat semata, melainkan kunci para wanita agar terhindar dari api neraka.

“Tak ada wanita yang ada di belakang sosok pria hebat, melainkan wanita itu berada di sampingnya, dan bukan berada di belakangnya”.

5. Wanita sesungguhnya bukan berada di belakang pria ataupun di bawah pria, tetapi posisi wanita berada di samping pria untuk mendampinginya dan bersamanya. Karena seorang wanita sholehah merupakan pasangan bagi pria sholeh.

“Laki-laki sholeh akan selalu memilih wanita sholehah yang bisa menyejukan hatinya seperti tetesan embun pagi”

6. Wanita muslimah yang sholehah dan menyejukkan hati, selalu dicari pria yang sholeh. Jadi jika Anda ingin memiliki pasangan yang sholeh, tentu harus memperbaiki akhlak terlebih dulu supaya mendapatkan jodoh yang bisa mengantarkan Anda ke syurga Allah.

“Perhiasan terbaik dari wanita ialah rasa malunya”

7. Rasa malu merupakan sifat yang baik dan harus dimiliki setiap wanita. Karena dengan rasa malu inilah kita bisa terhindar dari segala bentuk “fitnah” dan selalu menjaga adab-adab berbicara maupun berperilaku sesuai dengan ajaran agama Islam.

“Wanita berhijab itu seperti mutiara yang ada dalam tiram”.

8. Wanita yang berhijab akan selalu terjaga kehormatannya, perilakunya, dan terjaga dari segala bentuk fitnah.

Wanita yang senantiasa menutupi auratnya dengan berhijab, akan terlihat lebih mulia daripada wanita yang tidak menutupi auratnya.

Ia senantiasa dihormati dan dihargai oleh laki-laki karena wanita berhijab menganggap dirinya berharga, sehingga tidak mudah bagi orang lain untuk melihat kecantikan tubuh dan wajahnya.

“Islam senantiasa mengajarkan kita untuk menutupi, dan bukan sekedar untuk membungkus.”

9. Setiap muslim tentu tahu bahwa memakai hijab bukan sekedar sebagai pembungkus saja, tetapi juga bisa menjaga akhlak, perbuatan, perilaku setiap muslimah sesuai dengan adab-adab yang diperbolehkan dalam Islam.

“Sebaik-baiknya perhiasan yang ada di dunia ialah istri yang sholehah.”

10. Dalam hadist yang diriwayatkan HR Muslim ini menjelaskan jika tidak ada wanita terbaik dimuka bumi ini melainkan istri yang sholehah.

Rasulullah SAW sangat mengagungkan wanita karena wanita merupakan perhiasan yang senantiasa harus dijaga dan dilindungi, apalagi bagi istri yang sholehah yang taat kepada suami. Karena jaminan menjadi istri sholehah adalah syurga Allah.

“Pernikahan yang sukses adalah bukan tentang hidup tenang dan damai bersama pasangan, tetapi Anda tak bisa hidup tanpanya.”

11. Dalam kata mutiara ini menggambarkan tentang besarnya peranan seorang istri untuk suaminya. Sehingga karena kecintaanya, terdapat ruang yang begitu besar dan tak dapat terisi tanpa adanya sang istri.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, dimana istri juga tak dapat hidup tanpa adanya suami. Kesuksesan dalam berumah tangga tentu harus didukung kedua belah pihak.

“Ibu merupakan madrasah bagi anak, jika Anda mempersiapkannya maka Anda akan mempersiapkan kelahiran masyarakat berbudi pekerti luhur.”

12. Peranan seorang ibu bagi anaknya sangat besar, ibu bisa berperan sebagai orang tua, sekolah, maupun guru bagi anak-anaknya.

Selain itu, ibu merupakan orang yang menghabiskan banyak waktu dengan anak-anaknya. Jadi wajar apabila perilaku, sikap, maupun perkatannya sering dicontoh anak-anak.

Jika ibu membimbing anak-anaknya dengan baik, bisa mencetak generasi yang berkualitas, begitupun sebaliknya.

“Hijab memang menutupi tubuhku, akan tetapi ia membuka pikiranku dengan lebih mengenal Allah lebih banyak.”

13. Dengan berhijab kita akan lebih mengenal dan merasa lebih dekat dengan Allah Swt. Karena hijab juga bisa membukakan mata hati kita untuk senantiasa berakhlak baik, dan menjadi muslimah sejati

“Jadilah seperti sebuah berlian, langkah dan berharga”

14. Wanita muslimah yang menutupi dirinya dengan berhijab, senantiasa terlihat berharga karena ia menyadari bahwa dirinya sangat berharga. Karena itulah walnita berhijab diibaratkan seperti berlian, tidak akan mudah dipermainkan dan digoda oleh laki-laki.

“Menutup Aurat merupakan cara untuk menghargai keindahan, dan bukan cara untuk menghindarinya”

15. Keindahan yang ada dalam diri kita sebagai wanita muslimah tentu harus benar-benar dijaga dengan baik, dengan cara menutupi aurat.

Hal ini untuk menghindari diri dari perbuatan jahat yang bisa datang kapan saja dan dimana saja tanpa kita ketahui.

“Allah senantiasa mengangkat martabatmu lewat hijab, saat seorang laki-laki asing melihatmu, maka ia akan menghormatimu, sebab ia tahu bahwa kamu saja bisa menghargai diri sendiri.”

16. Dengan berhijab tak ada seorang pria pun yang berani menggoda kita, karena sebagai wanita muslimah yang menutupi auratnya akan selalu dihargai pria. Karena mereka tahu bahwa kita menghormati diri kita dengan menutup aurat.

“Seorang wanita yang kuat, ia-lah yang senantiasa menutupi kesedihannya dengan kebahagiaan”

17. Meskipun banyak orang menganggap jika wanita itu lemah, akan tetapi wanita termasuk makhluk yang pandai menyembunyikan kesedihannya. Ia bahkan tak jarang menutupi kesedihannya dengan keceriaan, inilah bukti bahwa wanita makhluk yang kuat.

“Mengingat Allah adalah cara untukmu agar tetap berada di jalan yang benar.”

18. Segala sesuatu perilaku dan tindakan yang kita lakukan, jika kita selalu mengingat Allah senantiasa kita tak akan berbuat hal-hal yang dilarang-Nya. Mengingat Allah dengan rajin beribadah, berdzikir, dan berdoa Kepada-Nya merupakan cara kita terhindar dari dosa besar.

“Jadilah Hijabmu sebagai pagar iman-mu, bukan sekedar untuk menutupi aurat semata.”

19. Dalam kata-kata bijak ini mengingatkan setiap wanita muslimah agar senantiasa menjadikan hijabnya bukan sekedar untuk menutupi aurat saja, tetapi juga menutupi semua perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. Senantiasa menjadikannya lebih beriman, bertakwa, dan berakhlak baik.

“Membaca Quran adalah obat dari segala macam obat.”

20. Membaca quran bukan hanya kewajiban seorang muslim, melainkan bisa mengatasi segala permasalahan yang dihadapi setiap muslim. Karena dengan membaca quran pikiran menjadi lebih tenang dan hati pun merasa lebih damai.
Top