Siapapun Bisa Terkena, Kenali Ciri-ciri Sakit Jantung ini Agar Bisa Diobati Diawal

Komentar


foto via Sehat Jantungku

Serangan Jantung Jadi Penyakit mematikan no 1 didunia...

Jangan sampai anda mengalaminya, sebab siapapun bisa saja terkena, kenali cirinya, karena pada dasarnya tidak ada serangan jantung mendadak jika sudah tahu gejala awalnya...


Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang perlu kita waspadai karena penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu dunia. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena penyakit jantung tetapi anak yang masih dalam proses pertumbuhan pun bisa terkena penyakit jantung.

Oleh karena itu tentu saja Anda perlu mewaspadai gejala penyakit jantung beserta tanda dan ciri-ciri orang sakit jantung.

Penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, stres, cara diet yang tidak sesuai akan semakin meningkatkan resiko orang terkena serangan jantung.

Ada bebagai macam ciri-ciri yang bisa dilihat jika seseorang terkena penyakit jantung.

Sebelum saat penyakit ini betul-betul bersarang pada tubuh, sebaiknya Anda mulai hidup yang sehat dan berpindah pada makanan yang bersahabat dengan jantung.

Baca Juga : Bayi Baru Lahir yang Terkena Cacat Jantung Punya Tanda-tanda Berikut ini

Nah berikut kami rangkum beberapa ciri-ciri sakit jantung dan gejalanya.

Ciri-ciri sakit jantung
Dada terasa nyeri seperti tertimpa benda berat (dari sedang hingga parah) adalah gejala yang paling umum. Rasa sakit juga dapat terjadi di rahang, pundak atau lengan (terutama lengan sebelah kiri). Rasa nyeri seringkali dideskripsikan seperti diremas, berat, atau tertekan.
  • Berkeringat 
  • Napas pendek 
  • Tekanan jantung yang cepat atau tidak beraturan 
  • Mual 
  • Gangguan pencernaan

Wanita dan penderita diabetes mungkin mempunyai ciri-ciri yang berbeda dibandingkan pria, seperti napas pendek yang tidak disertai rasa nyeri.

Ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap ciri-ciri tersebut, mohon konsultasikan dengan dokter Anda.

Selain itu, gejalah awal sakit jantung itu juga perlu anda ketahui. Agar sebelum anda mengalaminya bisa mencari solusi pencegahannya agar tak mengalami sakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung
Ciri-ciri sakit jantung dapat dikenali dengan memperhatikan beberapa gejala muncul, seperti:

1. Kelelahan 

Bila anda sering capek walau tidak beraktivitas berat, segera tanyakan ke dokter pribadi. ini dapat menjadi indikasi ada problem pada jantung anda. Rasa capek ini tidak hanya dirasakan bila anda beraktivitas tetapi juga kerap dirasakan waktu bangun tidur.

Baca Juga : Sebelum Anda Mati Mendadak Terserang Jantung Saat Tidur, Waspada 5 Gejala ini

2. Nyeri dada 

Nyeri dada merupakan salah satu tanda-tanda sakit jantung. Tetapi tidak semua nyeri dada dapat dikatakan sebagai gejala sakit jantung karena bisa saja akibat penyakit lainnya, akan tetapi kita harus tetap waspada karena bisa saja nyeri dada merupakan salah satu ciri penyumbatan arteri sehingga menyebabkan darah tidak mengalir ke seluruh tubuh. Jika kondisi ini terjadi seseorang menjadi lemah dan mati rasa.

3. Sakit kepala 

Sakit kepala juga merupakan ciri ciri orang sakit jantung, jika seseorang sakit kepala waktu terkena tuturan sinar, mereka biasanya memiliki masalah pada jantung, sehingga denyut jantung akan terpengaruh bisa lebih lambat atau lebih cepat. Terlebih pada wanita yang kerap alami migren atau masalah visual, sekurang-kurangnya 2 x dalam sebulan, butuh waspada. mungkin saja ini merupakan tanda-tanda perubahan penyakit jantung. Demikianlah menurut studi yang diterbitkan American Academy of Neurology. Menurut peneliti, ini berlangsung dikarenakan penyimpangan sirkulasi darah yang mengakibatkan sakit kepala kronis.

4. Keluar keringat 

Biasanya seseorang berkeringat usai berolahraga atau waktu cuaca panas. Namun, Anda wajib waspada jika tubuh Anda mengeluarkan keringat meski tidak melakukan aktivitas apapun, karena bisa saja ini merupakan ciri jantung bermasalah.

Baca Juga : Detak Jantung Bayi Bisa Melemah Karena Ibu Konsumsi “Obat Sehari-hari” Ini Saat Menyusui

5. Rasa mual 

Gejala penyakit jantung dimulai dengan pembengkakan di bagian perut. Perihal ini mengakibatkan pasien kehilangan nafsu makan serta rasakan mual berlebih.

6. Rasa cemas 

Banyak yang meyakini, serangan jantung berbuntut pada trauma. Alhasil, mereka yang dulu alami serangan jantung seringkali alami ketegangan, ketakutan, atau kekhawatiran dapat kematian. Perihal ini dihubungkan dengan kekhawatiran psikologi serta stres yang mengakibatkan serangan seringkali.

7. Sesak napas 

Terjadinya sesak napas diakibatkan oleh pembuluh darah yang menghambat aliran darah keseluruhan tubuh. Sehingga menyebabkan denyut jantung tidak teratur, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung.

8. Denyut jantung tidak teratur 

Bila anda alami denyut jantung tidak teratur, ini pantas diwaspadai dikarenakan bisa menyebabkan fatal. Denyut jantung tidak teratur biasanya berlangsung dikarenakan ada penebalan otot pada katup jantung. Hal ini mengakibatkan berlangsung penyempitan pada katup hingga mengakibatkan kebocoran.

Baca Juga : Mulai Deteksi Detak Jantung, 5 Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi ini Ternyata Mitos

9. Sakit pada bagian tubuh 

Seseorang dengan gejala penyakit jantung lainnya adalah rasa sakit. Pada wanita rasa sakit ini dirasakan pada tangan kanan dan juga lengan kirinya. Namun pada pria rasa sakit dirasakan pada bagian lengan kiri. Bisa juga rasa sakit ini dirasakan pada bagian tubuh lainnya seperti bahu, leher, punggung, siku yang kadang datang dan juga kadang pergi. Rasa sakit ini disebabkan karena arteri tersumbat.

10. Pembengkakan 

Gejala lainnya yang mengindikasikan bahwa jantung sedang dalam keadaan yang kurang baik dan kelainan katup jantung adalah pembengkakan yang terjadi pada saat cairain menumpuk di dalam tubuh. Pada umumnya pembengkakan ini terjadi pada pergelangan kaki dan juga perut.

Apa penyebab sakit jantung?

Sakit jantung dapat disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kondisi ini muncul ketika zat lilin yang disebut plak menumpuk di dalam arteri koroner. Arteri inilah yang menyalurkan darah yang kaya akan oksigen ke jantung. Saat plak menumpuk di dalam arteri selama bertahun-tahun, kondisi ini disebut juga dengan atherosclerosis. Pada akhirnya, area plak itu sendiri dapat pecah (terbuka) di dalam arteri dan menyebabkan terbentuknya gumpalan darah pada permukaan plak.

Baca Juga : Hati-hati, Kebiasaan Kencing di Malam Hari Bisa Sebabkan 5 Penyakit Berat ini

Penyebab lain terjadinya sakit jantung namun kurang umum adalah spasme hebat (penyempitan) pada arteri koroner yang memotong aliran darah. Spasme dapat terjadi di arteri koroner yang tidak terpengaruh oleh atherosclerosis. Kondisi ini biasanya terjadi karena penggunaan rokok atau obat-obatan terlarang seperti kokain.

Di samping itu, sakit jantung dapat juga terjadi karena adanya robekan di arteri jantung (pemotongan arteri koroner secara spontan)

Apa yang meningkatkan risiko untuk sakit jantung?

Faktor tertentu dapat menaikkan risiko pengembangan sel penyebab sakit jantung.
  • Pria berusia 45 tahun ke atas dan wanita berusia 55 tahun ke atas lebih berisiko terkena sakit jantung dibandingkan usia yang lebih muda 
  • Merokok 
  • Tekanan darah tinggi 
  • Kadar kolesterol atau trigliserida yang tinggi 
  • Faktor keturunan. Risiko lebih tinggi jika ayah atau saudara kandung laki-laki Anda didiagnosa dengan penyakit jantung sebelum berusia 55 tahun, atau jika ibu atau saudara kandung perempuan Anda didiagnosa dengan penyakit jantung sebelum berusia 65 tahun 
  • Kurang beraktivitas 
  • Obesitas 
  • Stress
Tidak mempunyai faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat terkena sakit jantung. Faktor-faktor ini hanya referensi, Anda perlu menemui dokter untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga : 2 Penyakit ini Mematikan, Padahal Gejalanya Cuma Ruam dan Demam Seperti Penyakit Ringan

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk sakit jantung? Tujuan dari pengobatan adalah menyelamatkan otot jantung sebanyak mungkin. Pilihan dari pengobatan tergantung berapa lama sejak sakit jantung dimulai dan ketersediaan prosedur khusus di rumah sakit Anda. Untuk menyelamatkan otot jantung sebanyak mungkin, obat-obatan akan diberikan untuk memperbaiki sirkulasi dan mengurai darah yang menggumpal di arteri.

Sebagai tambahan, dokter dapat menggunakan prosedur yang disebut dengan Coronary Angioplasty. Dalam prosedur ini, dokter memasukkan pipa tipis yang panjang (catheter) ke dalam arteri yang biasanya di kaki atau paha mengarah ke jantung untuk mengamati semua arteri koroner.

Catheter dilengkapi dengan balon spesial yang dirancang untuk membuka arteri yang tersumbat. Setelah itu, logam mesh dapat dimasukkan ke dalam arteri untuk jangka waktu yang lama.

Obat-obatan dapat juga digunakan untuk mencegah penyumbatan di lain waktu.

Dokter mungkin menyarankan Anda menggunakan obat lain untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan darah, sedangkan oksigen akan membantu pernapasan Anda. Obat-obatan lain seperti aspirin dan penurun kolesterol (statins) mungkin akan dianjurkan.
Top