Ciri-Ciri Hamil Muda Setelah Berhubungan 1-3 Minggu

Komentar
Photo by Marcelo Matarazzo on Unsplash

Cara memastikan istri sedang hamil atau tengah hamil muda?

Hampir sama dengan menstruasi, tapi bunda harus tahu, berikut ciri-ciri hamil muda setelah berhubungan 1-3 minggu yang membedakan dengan menstruasi. 

Tidak menstruasi tau telat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda yang menjadi tolak ukur bagi Anda untuk menentukan apakah Anda telah hamil atau belum.

Hanya karena terlambat datang bulan tidak semua kondisi ini mengindikasikan adanya kehamilan.

Dan jika saat ini anda sedang dalam program hamil dan menantikan momongan.

Untuk seorang istri, mengandung bayi  dan menjadi seorang ibu hamil merupakan suatu momen dalam hidupnya yang selalu ditunggu-tunggu.

Tanda hamil muda
Ada banyak sekali ciri-ciri hamil muda yang tak jarang dialami oleh banyak wanita yang dicurigai tengah hamil muda. Lazimnya, ciri-ciri orang hamil ini akan muncul pada pekan-pekan permulaan masa kehamilannya. Ciri atau pertanda dari kehamilan ini akan muncul sebagai pertanda dari terjadinya perubahan pada lahiriah maupun non lahiriah atau dapat juga ditandai dengan munculnya gejala-gejala medis maupun non medis.

Berikut beberapa ciri-ciri hamil muda yang perlu diketahui, khususnya anda yang sedang hamil.

Sering Mengalami Kram Perut

Ini merupakan salah satu tanda-tanda hamil muda pada perut. Ketika seorang wanita tengah positif hamil muda, maka akan terjadi perubahan lahiriah semenjak permulaan kehamilan. Perubahan lahiriah tersebut akan terjadi secara berjenjang. Untuk dapat mengenali ciri-ciri wanita hamil muda secara lahiriah benar-benar diperlukan kejelian dalam mengenalinya, sebab pada tingkatan ini perubahan yang terjadi masih sedikit dan juga jarang terjadi.

Baca Juga : Ciri-Ciri Orang Hamil Diluar Nikah Bisa Dilihat Dari Beberapa Hal ini

Gejala atau ciri-ciri orang hamil yang paling terang dan selalu terjadi lebih permulaan adalah mengalami kram di zona perut, gejala ini awam terjadi pada wanita hamil muda dan tidak akan terlalu menyakitkan, gejala ini terjadi disebabkan oleh sebab terjadinya perubahan secara hormonal dan adanya implantasi.

Sering Mengalami Mual dan Muntah

Munculnya rasa mual dan berkeinginan muntah ini memang alami dirasakan oleh para wanita sebagai bentuk ciri-ciri hamil, gejala ini akan muncul pada permulaan kehamilan hingga akhir masa kehamilan trimester pertama. Tetapi tidak sedikit wanita hamil yang mengalami gejala mual dan muntah ini selama masa kehamilan.

Lazimnya gejala ini hanya terjadi pada awal-awal kehamilan saja dan termasuk salah satu pertanda dari hamil muda yang paling gampang untuk dikenali. Normalnya, keadaan ini hanya berlangsung paling lama beberapa pekan setelah berhubungan. Bisa dikatakan ini menjadi ciri ciri hamil muda sebelum telat haid.

Perubahan Pada Payudara

Pada masa-masa terjadinya kehamilan, maka akan terjadi perubahan pada payudara namun perubahannya terjadi secara pelan. Umumnya payudara akan menjadi lebih kencang dan padat serta ukurannya secara perlahan akan membesar dibandingkan dengan sebelumnya.

Ciri-ciri orang hamil muda ini terjadi dikarenakan adanya perubahan pada hormon untuk mempersiapkan masa menyusui, meski masa-masa menyusui ini masih lama. Tanda seperti ini juga tidak hanya terjadi pada payudara saja, melainkan juga pada tubuh yang semakin lama akan semakin membesar dan yang paling pertama terjadi adalah pada payudara.

Tidak Datang Haid Merupakan Ciri-ciri Hamil Muda

Sudah menjadi pengetahuan awam, ketika seorang wanita yang telah menikah atau berkeluarga jika terlambat datang haid, mereka biasanya segera mengasumsikan jika mereka tengah hamil, tetapi wanita yang mengalami telat datang haid belum tentu mereka hamil.

Baca Juga : Buat Ibu Hamil, Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Maupun yang Susah Tidur

Walaupun sedang tidak haid, namun kadang-kadang akan sering keluar plek atau darah dengan jumlah yang sedikit. Ini terjadi dikarenakan adanya progres implantasi pada sel telur yang telah dibuahi ke dalam dinding rahim. Kemunculan dari plek ini akan berlangsung selama 6 hingga 12 hari setelah melaksanakan hubungan badan, jadi kedatangannya dapat lebih pesat dari perkiraan jadwal haid anda. Kecuali itu, flek ini juga tidak selalu muncul pada tiap-tiap kehamilan sebab jumlah dari pendarahannya benar-benar sedikit.

Perubahan Pada Organ Intim

Perubahan yang dimaksud adalah adanya perubahan pada warnanya, organ intim wanita yang hamil muda akan berubah menjadi lebih kemerahan atau lebih keunguan dari sebelumnya. Kondisi ini terjadi dikarenakan darah lebih banyak terpompa ke tempat tersebut, lalu akan timbul juga bercak putih seperti susu.

Bercak putih ini bukan keputihan, tetapi efek dari penebalan yang terjadi pada organ kewanitaan tersebut. Sementara itu, perubahan pada organ tersebut juga disebabkan oleh terjadinya pembuahan, sehingga keadaan ini dapat dihasilkan sebagai barometer jika telah terjadinya permulaan kehamilan.

Wanita Hamil Gampang Lelah Dan Mengantuk

Ciri-ciri hamil muda lainnya yang tak jarang kali dialami adalah wanita akan gampang lelah dan mengantuk, meski keadaan tubuh sang calon ibu sedang dalam keadaan sehat dan tidak kurang tidur. Tanda kehamilan ini benar-benar wajar dan biasa terjadi pada masa-masa awal kehamilan, pastikan Anda lebih banyak rehat dan jangan terlalu capek karena beraktivitas.

Indera penciuman anda juga akan lebih sensitif dan tajam, sehingga anda akan lebih sensitif kepada bebauan yang tidak nikmat. Kemudian perubahan juga akan terjadi pada kulit, kulit akan menjadi lebih sensitif. Kecuali itu, anda akan mengalami tak jarang buang air kecil, melainkan gejala ini hanya akan terjadi pada pekan ke 6 umur kehamilan anda.

Mengalami Kecenderungan Menyukai Makanan Tertentu

Ciri-ciri hamil muda yang pertama ini memang telah awam di rasakan oleh hampir semua perempuan yang hamil, lebih dikenal dengan istilah ngidam.

Baca Juga : 4 Produk Makanan Sangat Bahaya Untuk Balita dan ibu Hamil, Padahal Banyak Beredar

Wanita hamil muda lazimnya cenderung akan benar-benar menyenangi dan berkeinginan makan jenis makanan tertentu yang malahan sebelumnya Anda tidak menyenangi dengan makanan tersebut, ada yang menyenangi dengan makanan manis, asin atau makanan gurih.

Perubahan Mood Secara Tiba-Tiba

Pada wanita hamil muda umumnya akan menikmati perasaan yang bergejolak, mood tak jarang naik dan turun, jika mulanya merasa benar-benar bersuka cita tetapi beberapa saat kemudian tiba-tiba saja Anda akan merasa sedih atau malahan naik darah. Ini benar-benar wajar dan biasa terjadi pada permulaan kehamilan. Penyebabnya juga dari perubahan hormon dalam tubuh.

Selain ciri-ciri diatas, masih banyak cara untuk melihat orang hamil muda atau nggak.

Seperti ciri-ciri orang hamil muda berikut ini.

Ciri-ciri orang hamil muda
Tidak menstruasi tau telat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda tanda hamil yang menjadi tolak ukur bagi Anda untuk menentukan apakah Anda telah hamil atau belum. Dan pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai tanda awal kehamilan yang wajib untuk Anda ketahui.

1. Perubahan bentuk tubuh

Perubahan bentuk tubuh memang menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi. Perut terlihat tampak lebih besar tak bisa dipungkiri lagi. Namun, tak hanya bagian perut saja yang menjadi lebih besar, bagian lainnya seperti bokong, paha, lengan dan dada pun ikut membesar.

2. Perubahan pada payudara

Perubahan payudara merupakan perubahan fisik yang dialami oleh para wanita saat sedang mengalami masa kehamilan. Dimana payudara akan terasa lebih berat, sakit dan bahkan nyeri pada saat dipegang.

3. Kelelahan yang teramat sangat

Tanda-tanda kehamilan selanjutnya yaitu, wanita yang hamil akan mengalami kelelahan yang teramat sangat terutama pada awal kehamilan. Hal ini juga yang membuat wanita hamil membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur terutama pada minggu pertama ataupun minggu kedua pada awal kehamilan.

4. Sering buang air kecil dan konstipasi

Pada saat hamil, janin yang ada di dalam rahim tentunya membutuhkan ruang yang lebih luas di dalam rahim. Hal ini mengakibatkan kandung kemih menjadi tertekan. Kandung kemih yang tertekan akan membuat frekuensi buang air kecil Anda menjadi semakin meningkat. Selain itu, kandung kemih juga akan dipenuhi dengan urine.

5. Sering mual

Anda pasti sudah mengetahui bahwa mual menjadi tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Namun, tidak semua wanita yang hamil mengalami gejala yang satu ini. Mual pada pai hari pada saat masa awal kehamilan memang menjadi hal yang lumrah. Rasa mual biasanya akan dialami pada minggu ke empat sampai minggu kedelapan masa kehamilan.


Gejala Hamil Muda 
Tanda kehamilan memang bisa sering dirasakan sejak awal kehamilan. Bagaimanapun kehamilan bisa merubah tubuh ibu sehingga membuat perasaan menjadi sangat peka.

Pertumbuhan kantung janin saja sudah bisa membuat ibu merasakan berbagai tanda tanda kehamilan minggu pertama. Meskipun untuk beberapa ibu tidak bisa merasakan tanda kehamilan sejak dini karena kondisi hormon tubuh. Dan sejak ibu merasakan berbagai tanda kehamilan maka ibu bisa merasa khawatir yang berlebihan.

Atau terkadang menjadi kecewa karena setelah merasa tanda kehamilan namun tiba-tiba merasakan tanda menstruasi akan datang.

Untuk menghilangkan keraguan apakah sedang hamil atau tidak, maka ibu bisa melihat gejala hamil muda seperti dibawah ini.

Tidak menstruasi

Setiap wanita akan mengalami periode menstruasi setiap satu bulan sekali. Namun ketika ada tanda kehamilan maka wanita tidak akan mengalami menstruasi. Menstruasi biasanya terhitung dengan periode antara 26 sampai 29 hari. Dan kehamilan menyebabkan embrio berkembang dalam rahim sehingga sel telur tidak akan pecah. Hal ini yang membuat wanita hamil tidak akan menstruasi. Untuk menunggu apakah Anda sedang hamil atau tidak maka tunggu selama beberapa hari dari jadwal menstruasi.

Jika menstruasi tetap datang maka Anda mengalami menstruasi yang terlambat. Jika tidak maka Anda bisa datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan

Bagian puting terasa sakit

Kemudian setelah kehamilan masuk usia 2 sampai 3 minggu maka ibu bisa merasakan bagian puting yang sakit. Kondisi ini tidak terjadi di semua bagian payudara tapi hanya di bagian puting. Rasa sakit bisa digambarkan sebagai perasaan nyeri, perih dan lebih sensitif. Ini disebabkan karena siklus dalam tubuh telah melewati ovulasi dan sel telur telah bertemu sel sperma sehingga terjadi kehamilan. Untuk menjaga kondisi ini maka ibu bisa mencoba pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat.

Seperti akan menstruasi

Salah satu gejala hamil muda yang aneh adalah ibu bisa merasakan seperti akan menstruasi. Gejala ini bisa seperti perut yang tidak nyaman, punggung yang sangat lelah dan seperti tekanan pada bagian perut bawah. Ini merupakan sebuat tanda ketika bagian tubuh ibu memiliki reaksi terjadap tekanan pada rahim. Meskipun bentuk janin belum terlihat namun rahim sudah bersiap untuk menerima kehamilan.

Tapi tanda ini harus diwaspadai jika memang ada gangguan kehamilan sejak awal atau ciri kehamilan bermasalah.

Morning sickness

Kemudian ketika ibu masuk usia kehamilan awal maka ibu bisa merasakan morning sickness yang lebih kuat. Kondisi ini hanya terjadi ketika ibu sudah masuk ke trimester pertama. Mual dan muntah menjadi gejala yang sangat jelas. Mual dan muntah sebenarnya juga tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi bisa sepanjang hari. Jika sudah seperti ini maka ibu bisa sangat lemah. Untuk itu ibu bisa melakukan cara mengatasi mual saat hamil karena ngidam.

Perut bawah berkedut

Kemudian ciri ciri orang hamil yang lain adalah ketika ibu bisa merasakan perut berkedut seperti dipukul dari dalam atau tertarik. Perut bawah ibu mungkin akan merasa tidak nyaman selama beberapa hari hingga ibu merasa seperti tidak ingin makan atau melakukan aktifitas. Jika ibu berusaha untuk berbaring maka tekanan akan terasa lebih kuat. Memang semua bagian perut ibu akan mengalami peregangan termasuk pada bagian rahim.

Ini memang sangat alami karena tubuh ibu siap untuk menerima perkembangan janin hingga lahir. Namun ibu harus waspada jika kondisi ini berhubungan dengan tanda keguguran tanpa pendarahan dan tanda tanda hamil kosong.

Kram perut yang sering

Usia kehamilan beberapa minggu akan menyebabkan ibu menderita kram perut yang sering. Kram perut bisa menyebabkan seperti ada yang tumbuh pada bagian perut. Kram perut sebenarnya disebabkan karena otot rahim mulai meregang untuk mendukung perubahan bentuk embrio. Ukuran janin yang semakin besar bisa menyebabkan kram perut yang lebih sering. Namun jika terjadi kram yang berlebihan maka ibu bisa datang ke dokter. Kondisi ini harus diawasi untuk mengetahui adakah kelainan hamil sejak awal termasuk seperti perut melilit saat hamil.

Ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid
Terlambat menstruasi atau telat haid merupakan tanda utama bahwa seorang wanita dicurigai hamil. Namun terkadang banyak yang tak sabaran ingin segera mengetahui status kehamilannya sehingga mencari tahu apakah ada tanda awal kehamilan sebelum telat haid ?

Memang sebagian wanita bisa mengalami gejala atau tanda awal kehamilan bahkan sebelum waktu haid berikutnya tiba.

Hal ini terjadi ketika hormon kehamilan mempengaruhi tubuh yang begitu sensitif, meskipun kadar hormon yang dihasilkan masih rendah. Bahkan ketika tes kehamilan masih menunjukkan hasil yang negatif.

Baca Juga : Balasan Pedih Bagi Suami yang Tak Memperhatikan Istri Saat Hamil, Tapi Malah Perhatikan Ibunya

Berikut 9 tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang bisa saja muncul:
1. Sensitif Terhadap Bau  
2. Kram Perut 
3. Bercak Ringan (ngeflek)  
4. Mual Mual 
5. Rasa logam di mulut 
6. Sering Buang Air Kecil  
7. Kelelahan  
8. Payudara Nyeri, Membesar 
9. Pusing
Bagaimana, apakah penjelasan tentang ciri-ciri hamil muda diatas telah cukup terang?

Untuk lebih memastikannya bahwa sedang hamil, Anda dapat melaksanakan pengecekan dengan menggunakan test pack atau memeriksakannya segera ke bidan atau dokter.
Top