Punya Uang Kuno Rupiah? Cek Daftar Harga Uang Kuno Jika Dijual Harganya Fantastis

Komentar


Tak disangka uang jadul rupiah ternyata harga tukarnya melejit melebihi nilai aslinya.

Uang adalah alat untuk pembayaran dalam sebuah transaksi yang diterima secara umum.

Tidak hanya berfungsi sebagai alat tukar, uang juga digunakan sebagai satuan hitung karena memiliki nilai barang atau jasa yang diperjual belikan.

Tahukah kamu jika uang dulu yang masih kamu simpan sebagai koleksi jika ditukar dengan uang sekarang harganya bisa fantastis.

1. Uang koin seribu rupiah bergambar kelapa sawit


Uang yang awalnya memiliki nilai seribu rupiah ini beredar sejak tahun 90-an. Namun dari sebuah toko online uang ini sekarang dihargai paling tinggi 300 ribu rupiah.


2. Uang kertas sepuluh ribu bergambar Cut Nyak Dhien


Uang yang beredar di Indonesia sejak tahun 1998 ini, memang sekarang sudah tidak berlaku lagi sebagai sebuah alat pembayaran. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor10/33/PBI/2008 tanggal 25 November 2008. Namun, siapa yang menyangka uang yang awalnya hanya bernilai sepuluh ribu rupiah ini jika dijual bisa mencapai 600 ribu rupiah per lembarnya.


3. Uang kertas seratus rupiah bergambar perahu layar


Uang ini dari dulu emang udah diremehkan karena nilainya yang kecil. Mungkin waktu itu masih bisa sih dibuat untuk membeli sebuah permen, namun kalau sekarang mungkin uang seratus rupiah meski sudah ada desain barunya kadang tak bisa dibuat membeli sesuatu. Uang bergambar perahu yang beredar sejak tahun 1992 ini kini sudah tak bisa digunakan untuk transaksi pembayaran saat jual beli. Dan jika dijual harganya bisa mencapai satu juta rupiah.

4. Uang kertas lima ratus rupiah bergambar monyet


Mungkin uang ini adalah uang yang tak bakal hilang dari ingatan masyarakat Indonesia, khususnya generasi 90-an. Bagaimana tidak, uang bergambar monyet ini sering banget dijadikan bahan guyonan anak-anak pada jaman itu. Namun, jika uang ini kamu jual sekarang harganya bisa mencapai 1,5 juta. 

5. Uang kertas lima puluh ribu rupiah bergambar Wage Rudolf Supratman


Uang yang bergambar pencipta lagu nasional Indonesia Raya ini memang memiliki daya pikat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Selain nominalnya yang cukup besar, uang yang diterbitkan tahun 1999 ini merupakan uang yang memiliki nilai sejarah tersendiri karena ada gambar pahlawan nasionalnya. Nah, jika kamu saat ini punya uang jadul ini kamu harus cepat menjualnya, kenapa karena satu lembarnya dihargai hingga 1,5 juta rupiah.


6. Uang kertas lima ribu rupiah bergambar alat musik sasando kote


Uang yang beredar sejak tahun 1992 ini, harga jualnya sekarang bisa bikin kamu kaget. Bagaimana tidak, uang yang dulunya hanya bernilai lima ribu rupiah ini, sekarang jika dijual bisa mencapai tiga juta rupiah per lembarnya. Tapi sayangnya, uang ini memang langka banget. Bukan hanya sekarang tapi jaman dulu uang ini juga sulit ditemukan.

7. Uang koin pecahan 200 rupiah


Gambar ini identik dengan cendrawasih dan burung Garuda,Dibuat dan berlaku dari tahun 1945-1970 membuat uang bernilai 200 rupiah ini sangat susah untuk di temui,apalagi dulu di tempa sangat terbatas,hanya 5.100 koin.

Harga Koin ini Sekarang : Rp. 400-500ribu

8. Uang koin pecahan 5.000 rupiah.


Uang Rp.5000 yang Memiliki corak hampir mirip dengan uang Rp.250 ini memiliki berat 12,3 gram,dulunya hanya di produksi sangat terbatas 2150 keping saja.

Harga Koin ini Sekarang : Rp.3.000.000 keatas

9. Uang pecahan 2.000 rupiah


Koin ini sudah cukup banyak di produksi yakni sebanyak 43.000 keping koin,Diproduksi pada tahun 1974, Koin ini diproduksi bukan dari emas,tapi dari perak dengan kadar mulai dari 50% dan 92,5%.

Harga Koin ini Sekarang : Rp.200.000 keatas
10. Uang koin pecahan 300.000 rupiah


Berikutnya masih terbaut dari emas dengan berat 17 gram,diproduksi sebanyak 3000 keping koin.Uang ini di produksi pada tahun 1995.Uang ini di produksi menandai 50 tahun indonesia merdeka dari penjajahan.

Harga Koin ini Sekarang : Rp.8.000.000 keatas

Penting untuk diingat : Ini hanya berlaku jika anda beruntung menemukan pembeli, karena harga tersebut hanya estimasi tertinggi,  bisa jadi di pasar online hanya ribuan rupiah harganya, semoga bermanfaat.
Top