8 Faktor Penyebab Gagal Ginjal Diusia Muda yang Wajib Anda Ketahui


GALAKKAN HIDUP SEHAT WASPADAI PENYEBAB GAGAL GINJAL...


Penyakit ginjal tidak begitu saja muncul pada diri seseorang. Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi seseorang mengidap penyakit tersebut. Diantaranya adalah pendidikan dan profesi.

Penyakit ginjal kronis atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Indonesia Renal Registry mendefinisikan gagal ginjal kronis sebagai kerusakan ginjal, dapat berupa kelainan jaringan, komposisi darah dan urine atau tes pencitraan ginjal, yang dialami lebih dari tiga bulan

Penyanyi cantik dan sekaligus mantan kekasih Justin Biber yakni Selena Gomez melakukan transplantasi ginjal di usia 25 tahun karena penyakit lupus.

Baca juga : Anda Perokok Pasif? 4 Resiko Mengerikan ini Mengancam Kesehatan Anda

Simak sejumlah hal lain yang bisa menyebabkan gagal ginjal di usia muda:


1. Polycystic kidney disease (PKD) adalah salah satu gangguan ginjal yang terjadi akibat munculnya kista di dalam ginjal. Penyakit ini biasa menyerang dewasa muda dan bersifat genetik atau keturunan. 


2. Goodpasture's Syndrome adalah kelainan ginjal di mana pembuluh darah di dalam ginjal (glomeruli) pecah atau rusak. Penyakit ini bisa menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal dalam waktu singkat. 

Baca juga : Cukup Satu Menit Deteksi Katarak Pada Bayi, Agar Tidak Seperti yang Dialami Anak Asri Welas


3. Penyalahgunaan obat penyeri juga bisa membuat seseorang mengalami gagal ginjal. Hal ini karena penggunaan obat tersebut selama bertahun-tahun yang akhirnya menumpuk. 


4. Tingginya pengidap hipertensi dan diabetes di kalangan dewasa muda juga meningkatkan risiko komplikasi gagal ginjal. 

Baca juga : Digigit Ular Berbisa. Ini Solusi Paling Mudah Tepat dan Cepat Agar 'BISA' Tak Meracuni Seluruh Tubuh


5. Menurut dr Ginova Nainggolan, SpD-KGH dari RS Cipto Mangunkusumo, batu ginjal dapat menjadi gagal ginjal. Hal tersebut dapat terjadi ketika batu ginjal dibiarkan dan secara perlahan menyebabkan kerusakan pada ginjal. 


6. Kebiasaan minum yang kurang baik, seperti terlalu banyak minum minuman ringan, kopi dan alkohol serta kurang minum air putih, dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. 

Baca juga : Membongkar 4 Fakta Mengerikan Air Minum Kemasan yang Belum Kita Ketahui


7. Peneliti dari National University of Singapore menyebut konsumsi daging merah meningkatkan risiko gagal ginjal hingga 40 persen. Namun apabila daging merah tersebut diganti dengan sumber protein lainnya seperti telur, daging ayam, ikan, atau susu maka risiko untuk gagal ginjal berkurang hingga 62%. 


8. Lupus Nephritis adalah sebutan bagi penyakit lupus yang menyerang ginjal. Penyakit ini menyebabkan ginjal mengalami bengkak atau luka, yang bisa berakibat pada gagal ginjal. 

Baca juga : Jangan Abaikan! 10 Tanda Kurang Darah ini Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Sering Pikun

Agar Terhindar dari Gagal Ginjal Kronis
Pengidap kondisi-kondisi tertentu yang berisiko mengarah ke penyakit ginjal kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan untuk mewaspadai perkembangan penyakit mereka. Perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, berolahraga teratur, menghindari konsumsi obat-obatan yang dapat merusak ginjal dan menghindari kelebihan konsumsi minuman keras akan membantu
Top