Jet Li Ambruk, "Jangan Menjual 30 Tahun Umurmu untuk Uang dan Membeli 30 Tahun Selanjutnya"

Komentar

Toggle.sg

Jet Li selama ini dikenal berkat aktingnya di berbagai film aksi. Namun, siapa sangka jika bintang film "The Sorcerer and the White Snake" itu harus berjuang melawan penyakit di usianya yang ke-53.

Penyakit yang tak pandang bulu bahkan tak akan melewatkan orang hebat sekalipun sekaliber Jet Li yang nota bene sebagai seniman beladiri dan aktor tersebut.

"Jika saya pensiun sekarang, saya akan duduk di kursi roda," kata Jet Li dilansir dari laman Toggle. Sebelumnya pada Juli 2016 lalu, Jet Li pun pernah menampiknya, saat ia mengakui bahwa kondisi kesehatannya tak lagi prima, "Saya memiliki penyakit, saya berjuang, tapi saya tidak duduk di kursi roda."


Toggle.sg

Dilansir dari Toggle, Jet Li menderita berbagai dampak dari aksinya selama ini. Tulangnya mengalami kerusakan dan memaksanya untuk mengonsumsi obat tertentu. Sayangnya obat itu justru membawa dampak lain yang mengancam kesehatannya.

Baca Juga: Hati-Hati Kalau Posting 1 dari 5 Status Facebook ini, Siap-Siap Saja Mendekam di Penjara

Mengenai hal tersebut, Jet Li tak pernah membicarakan seberapa parah penyakit yang dideritanya. Namun ia sempat mengatakan, "aku tak jauh dari kematian." Sontak pernyataanya itu pun membuat para penggemar sedih.

"Aku harap kamu segera sembuh, jagalah kesehatanmu," tulis seorang penggemar mendoakannya. "Kehidupan itu memang panjang, tapi sebenarnya sangat pendek. Aku harap kau cepat sembuh Jet Li," tulis yang lainnya

Sebenarnya, dokter dikabarkan telah memperingatkan dia untuk berhenti membintangi film action jika tak ingin menghabiskan masa tuanya di kursi roda.

Selain itu, Jet Li telah didiagnosa mengalami hipertiroidisme sehingga harus mengonsumsi berbagai obat secara rutin.

Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid overaktif adalah kondisi terlalu banyaknya hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid di dalam tubuh.

Tiroid adalah kelenjar di bagian depan leher yang mengendalikan metabolisme dan fungsi normal tubuh, seperti mengubah makanan menjadi energi.

Kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Banyaknya obat dikonsumsi juga memiliki efek samping berupa kerusakan jantung dan lambung Jet Li.

Ini pula menjelaskan, mengapa Jet Li agak kurus. Meskipun kondisi kesehatannya memburuk, Jet Li belum merencakan segera pensiun dari dunia hiburan dalam waktu dekat. Dia malah pernah menjelaskan sikapnya tentang itu.

"Jika saya memilih pensiun sekarang, saya akan duduk di kursi roda kemudian. Namun, jika saya tidak pensiun, kelak saya akan memiliki kursi roda bertahtakan berlian," kata dia.

Belakangan, Jet Li mulai mengurangi jumlah aktingnya pada film action. Dia lebih fokus pada pemulihan kesehatannya sambil mendalami ajaran kitab suci Budha.
Top