Hati-hati! Kita Selalu Melakukannya, Padahal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Idul Fitri

Penulis Unknown | Ditayangkan 22 Jun 2017
Ada berbagai persiapan dilakukan saat idul fitri tiba. Mulai dari mengecat rumah, beli baju baru atau membuat kue untuk datangnya lebaran. Apalagi sekarang, yang hanya tinggal menghitung hari untuk menuju hari raya idul Fitri.

Hati-hati! Kita Selalu Melakukannya, Padahal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Idul Fitri

BACA JUGA: Rasulullah Tidak Pernah Lupa 4 Hal Ini Saat Hari Raya Idul Fitri

Tujuan dari idul fitri adalah agar kita menjadi suci kembali layaknya bayi yang baru dilahirkan. Untuk itulah, Rasulullah SAW melarang untuk melakukan 5 hal ini.

1. Bersalaman dengan wanita bukan muhrim

Yang satu ini perlu anda ketahui. Bersentuhan dengan wanita yang bukan mahramnya jelas dilarang dalam Islam. Kendati pada saat hari raya sekali pun, seperti bersalaman antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dilarang karena haram hukumnya.

2. Berpakaian menyerupai orang kafir

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka".

Maksudnya pada hari raya dilarang berpakaian seperti orang-orang kafir. Seperti memperlihatkan aurat, dan yang berpakaian yang mengundang nafsu lawan jenis. Saat Hari Raya Idul Fitri sebaiknya memakai pakaian yang bersih, menutupi aurat dan sopan.

3. Terlalu menghamburkan uang saat lebaran

Allah SWT berfirman, "Tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan". (QS Al Anam: 141).

Pada momen Lebaran jangan digunakan untuk berlebih-lebihan. Baik itu ketika makan atau pun belanja lainnya. Idul Fitri sebaiknya digunakan untuk mengucap syukur atas berkah Allah bahwa masih bisa dipertemukan dengan hari suci tersebut.

4. Berbondong-bondong ke kuburan

Ada beberapa orang yang memilih meninggalkan salat Ied demi ziarah ke kuburan. Hal itu tentu tidak diperkenankan dalam Islam. Pengkhususan ziarah kubur hanya dilakukan pada hari raya Ied sama adalah bidah.

BACA JUGA : Sebelum Ramadhan Berakhir, Sudahkah Hal Ini Dilakukan? Lakukan Agar Idul Fitri Nanti Bisa Lega!

5. Berhias diri dengan mencukur jenggot

Rasulullah SAW menganjurkan pria muslim untuk memelihara jenggot. Jadi bagi pria yang berjenggot hendaknya tidak mencukur saat Hari Raya Idul Fitri.

Semoga kita tidak melakukan 5 hal itu. terutama perhatikan betul apa yang ada pada poin 1.

Merasa artikel ini menambah pengetahuanmu? Jangan ragu SHARE juga ke teman-temanmu yuk! Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya, bisa LIKE fanspage kami, Berita Islam.

SHARE ARTIKEL