Bukannya Pembatal Atau Dilarang Saat Puasa, Tapi Ini Hukumnya Makruh. Hati-hati Dengan Nomor 2!

Ada dua macam puasa, yaitu puasa sunnah dan juga puasa wajib. Berbeda dengan puasa wajib (Puasa Ramadhan) yang harus dilakukan setiap umat muslim, puasa sunnah boleh kita tinggalkan seperti jenisnya yakni ‘sunnah’.



BACA JUGA:  Jika Dengar Adzan Maghrib Langsung Berbuka, Artinya Anda Termasuk Orang Ini...

Saat puasa ada hal-hal yang membuat puasa kita batal, seperti makan, minum atau yang lainnya. Ada pula yang membuat pahala puasa kita hilang, seperti berbohong. Ada juga perbuatan yang dibenci oleh Allah karena berbagai macam hal, seperti 5 perbuatan ini.

1. Puasa wishol (dua hari bersambung tanpa berbuka).

2. Melakukan hubungan mesra dengan istri tanpa bersetubuh, seperti mencium, meraba, dan lain lain, karena dikhwatirkan bisa mengeluarkan air mani yang bisa membatalkan puasa, dan dikhawatirkan jatuh dalam persetubuhan yang haram untuk dilakukan, yang bisa memberatkandalam hukuman.

3. Berlebih lebihan dalam melakukan hal yang mubah, seperti mencium wangi wangian disiang hari bulan Ramadhan.

4. Mencicipi makanan, karena dikhawatirkan bisa tertelan dan bisa tercampur ludah yang kemudian tertelan.

5. Berkumur dan istinsyaq (menghirup air dengan hidung) secara berlebihan, karena dikhwatirkan bisa tertelan yang mengakibatkan puasanya menjadi batal.

Oleh karena itu, lebih baik kita meninggalkan 5 perbuatan diatas, agar puasa kita lebih barokah dan diterima oleh Allah SWT.
Top