Agar Tak Sampai Seperti Jupe, Lakukan Vaksin Kanker Serviks dan Ini Biayanya

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 14 Jun 2017

Miliaran rupiah biaya yang dihabiskan almarhum Jupe selama berobat akibat kanker serviks yang dideritanya. Karena itu jangan sampai (Naudzbuillah) hal ini menimpa kita. Cara mencegahnya anda bisa lakukan vaksin kanker serviks.

Agar Tak Sampai Seperti Jupe, Lakukan Vaksin Kanker Serviks dan Ini Biayanya

Sekitar 3 tahun Jupe berjuang melawan kanker serviks yang dideritanya, dan dalam waktu yang tak sebentar itu miliaran rupiah menguras kantongnya. Hingga banyak simpati datang dari rekan kerja maupun teman artis dan donatur lain.

Namun takdir berkata lain. Meski telah berusaha sekuat tenaga dan materi, Jupe meninggal dunia  di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).

Vonis kanker serviks yang dideritanya ini terkuak  saat ia meluncurkan bukunya pada tanggal 27 Oktober 2014.

Kala itu Jupe membeberkan hasil biopsi kanker serviksnya yang dilakukan di laboratorium di Thomson Medical Centre, Singapura pada tahun 2014.

Wanita memang rentan terserang kanker serviks, kanker yang disebabkan dan dipicu karena virus HPV (Human Papilloma Virus).

Baca Juga: Bikin Menangis, Tunggui Anak Dirumah Sakit Berbulan-Bulan, Uang Tinggal Rp 15ribu

Penyebaran virus HPV  bisa melalui hubungan (pria dan wanita) yang terjadi kontak langsung antara kulit bagian pribadi masing-masing.

"Kanker serviks tidak bisa diobati tapi bisa dicegah agar tidak berkembang dan pencegahannya sejak dini," ungkap dr. Krisma Kurnia, Sp.PD, dokter Spesialis Penyakit Dalam di Siloam Hospitals Yogyakarta.

Menurut dokter Krisma, setiap hari ada sekitar 17.000 infeksi baru HPV terjadi di Amerika Serikat ini berarti 75%-80% laki-laki dan perempuan akan terinfeksi HPV selama hidup mereka.

"Meskipun sebagian besar infeksi HPV hilang dengan sendirinya, persistensi infeksi HPV tipe-tipe tertentu dapat menyebabkan penyakit klinis yang signifikan," ujar dokter Krisma dilansir grid.id.

Salah satu pencegahannya adalah pemberian vaksin sejak dini dan efektif jika diberikan sebelum terpapar HPV.

Baca Juga: Jika Punya Tanaman ini Dirumah Musnahkan, Kalau Tidak Ingin Membunuh Balita Anda

Pemberian vaksin HPV ini juga direkomendasikan oleh WHO yang menegaskan pentingnya imunisasi HPV pada anak usia 9-13 tahun atau sebelum mereka melakukan hubungan seksual.

Lalu, berapa biaya injeksi vaksin HPV dan harus kemana melakukannya?

Dokter Krisma menyarankan agar vaksin HPV dilakukan oleh dokter di rumah sakit atau klinik supaya bisa dikontrol pemakaiannya.

Dikutip dari grid.id, beberapa rumah sakit di Jakarta bisa melayani pemberian vaksin HPV, salah satunya, Jakarta Papsmear Center.

Di klinik khusus wanita yang lokasinya di Jalan Johar, Menteng, Jakarta Pusat ini, biaya vaksin HPV adalah Rp 3,3 juta.

Harga ini adalah paket pemberian vaksin HPV sebanyak 3 kali atau 3 dosis.

Baca Juga: 5 Perbuatan Baik Julia Perez Semasa Hidupnya yang Begitu Menginspirasi

Jeda pemberian vaksin 1 dan vaksin kedua adalah 2 bulan.

Sedangkan jeda vaksin kedua dengan vaksin ketiga adalah 4 bulan.

Jika dalam rentang pemberian vaksin HPV kamu hamil maka pemberian vaksin dihentikan.

Selain Jakarta Papsmear Centre, beberapa rumah sakit juga melayani pemberian vaksin HPV seperti Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Besarnya biaya vaksin tentu tidak akan sebesar dengan biaya perawatan kanker.

Setiap wanita memiliki faktor resiko terkena virus HPV oleh karena itu segera lindungi diri kamu dengan vaksin.
SHARE ARTIKEL