Jangan Sekali-kali Stres, Ternyata Efeknya Dapat Menimbulkan Penyakit


Pasti kita tidak asing lagi kan jika ada seseorang disekitar kita lagi mendengarkan atau mengucapkan kata-kata stres. Stres memiliki arti sebagai bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi, ataupun mental. Bentuk ketegangan ini dapat mempengaruhi produktivitas seseorang dalam pekerjaannya, selain itu stres juga berdampak negatif bagi kesehatan dan mental kita.

Ketika sedang stres, suatu bagian otak yang disebut sebagai hipotamulus memicu pelepasan hormon adrebalin dan kortisol. Sedangkan penyebab stres yang lainnya bisa dikarenakan juga dari kejadian yang dialami dari kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Tak Banyak Disadari, Inilah Bahaya Duduk Lebih dari 6 Jam per Hari !

Nah, berikut ini akan membahas efek yang ditimbulkan akibat stres yaitu:
1. Penyakit jantung 

Stres akan menimbulkan perangsangan saraf simpatis, atau irama detak jantung menjadi tidak teratur sehingga menimbulkan gangguan pembulu darah jantung, atau penyakit darah tinggi yang menimbulkan penyakit gagal jantung dan gagal ginjal.

2. Stroke

Stres dalam pekerjaan ataupun pola makan yang tidak sehat sangat berpengaruh dan menjadi faktor utama timbulnya stroke. Stres merupakan salah satu keadaaan yang tidak karuhan. Bahkan mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti semua sering mengalami stres.

3. Depresi

Sebagian dari orang yang mengalami stres juga bisa menjadi depresi. Mengapa demikian? Karena hal itu akan mengganggu kemampuan kita untuk mengontrol emosi.

4. Insomnia (gangguan tidur) 

Orang yang mengalami stres pasti sering mengalami insomnia (gangguan tidur), karena mereka sering melakukan aktivitas tidur lebih sedikit dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami kelelahan. Orang seperti itu sering memikirkan pekerjaannya atau masalah yang sedang ia hadapi sehingga ia susah untuk tidur.

5. Rambut rontok

Tanpa kita sadari, salah satu penyebab stres ialah rambut rontok. Jika kamu tidak ingin mengalaminya cobalah selalu berpikir positif  untuk meningkatkan harga diri, dan tidur secukupnya.

BACA JUGA: 25 Hal Sepele Yang Bisa Bikin Orang Di Sekitarmu Terkesan Kepadamu

Sedangkan dampak psikologis yang dialami seseorang ketika mengalami stres yaitu:

  • Ketegangan
  • Kecemasan
  • Kejenuhan
  • Lebih sensitif
  • Mudah marah 
  • Sering murung

Jangan sekali-kali kita megalami stres yang berlebihan. Lebih baik kita mengatasinya dengan selalu berpikir positif, mendengarkan musik yang sekiranya bisa mengurangi menurunkan stres, dan selalu bersyukur kepada Allah.
Top