Gak Kuat Bayar Biaya Berobat, Petugas Lakukan Tindakan Tak Manusiawi Demi Uang

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Feb 2017

Saat acara pemakaman seorang warga di Accra, Gahana, Warga terkejut saat petugas Rumah Sakit membuka dan mengeluarkan mayat dari peti mati itu. Ternyata, mereka menyita mayat tersebut lantaran keluarga yang bersangkutan belum membayar biaya layanan kamar mayat.

Gak Kuat Bayar Biaya Berobat, Petugas Lakukan Tindakan Tak Manusiawi Demi Uang

BACA JUGA: Tewasnya Kakak Kim-Jong-Un, Pelakunya Adalah WNI Cantik Ini?

Dikutip dari sindonews, kedua petugas itu melakukan penyitaan karena keluarga mendiang belum membayar biaya pelayanan sebesar 40 Cedi Ghana atau sekitar 120.000 rupiah.

Menurut laporan media lokal, sengketa finansial itu kemudian diselesaikan oleh keluarga dan rekan-rekan di perusahaan tempat mendiang bekerja sebelumnya. Setelah pembayaran diselesaikan, pemakaman akhirnya dilanjutkan.

”Saya sudah berbicara dengan orang (petugas pengurus) mayat; dia adalah orang yang disiplin; itu pekerjaan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan RS,” kata Dr Adusei Poku, direktur medis untuk RS tersebut kepada stasiun radio Adom FM, yang dikutip Kamis (16/2/2017).

Gak Kuat Bayar Biaya Berobat, Petugas Lakukan Tindakan Tak Manusiawi Demi Uang

Poku membela petugas kamar mayat. Menurutnya, penyitaan mayat itu menjadi hak petugas. Poku melanjutkan bahwa keluarga harus membiarkan orang-orang untuk tahu bahwa mereka mengalami kesulitan membayar layanan kamar mayat.

Sebuah pernyataan dari rumah sakit meminta masyarakat untuk “menghormati perjanjian yang dibuat antara kedua pihak, baik itu resmi atau tidak resmi”.

SHARE ARTIKEL