11 Destinasi Wisata Indah yang Cocok untuk Muslim



Sampai saat ini, Islam masih dianggap sebagai salah satu agama mayoritas penduduk dunia. Fakta itu rupanya juga membuat potensi pasar traveler muslim sangatlah besar.

Berbagai negara di dunia pun perlahan namun pasti mulai berbenah. Tak sedikit dari destinasi wisata yang semakin meningkatkan fasilitas Islami agar wisatawan muslim bisa berlibur dengan nyaman.

Nah, dikutip dari laman Havehalalwilltravel melalui Brilio, Selasa (14/2), berikut 11 destinasi wisata yang terkenal paling 'Muslim Friendly' di dunia. Siap piknik?

1. Bosnia.



Kaya akan sejarah dan budaya, Bosnia yang terletak di Eropa Tenggara menjanjikan keindahan spektakuler yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Meski sempat menjadi daerah konflik, namun hadirnya banyak masjid baru dan terjamin makanan halal membuat Bosnia menawarkan harapan untuk para wisatawan muslim agar dapat berkunjung kesana.

2. Taiwan.



Banyak yang menganggap konflik Taiwan dengan China membuat negara yang satu ini tidak aman untuk dikunjungi. Padahal, negara yang terletak di pulau kecil ini juga punya segudang tempat menarik yang siap untuk dijamah. Untuk masalah makanan, Taiwan juga punya banyak pilihan yang memiliki sertifikasi halal.

3. Kazan, Rusia.



Namanya mungkin tak setenar kota Moskow. Namun kota yang sebenarnya memiliki penduduk mayoritas Kristen ini dianggap sebagai tempat yang Muslim Friendly di Eropa karena hadirnya Masjid Kul-Sharif. Yap, Masjid Kul-Sharif yang memiliki arsitektur menakjubkan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

4. Singapura.



Tak heran jika Singapura masuk dalam daftar destinasi paling Muslim Friendly di dunia. Negara kecil yang satu ini memang memiliki penduduk yang terdiri dari banyak ras dan etnik. Sehingga rumah ibadah seperti masjid dan makanan bersertifikasi halal bukanlah barang langka di tempat ini.

5. Hong Kong.



Hong Kong memang terkenal dengan ragam budayanya. Tak heran orang menyebutnya ‘Timur bertemu dengan Barat’. Keberadaan masjid, Islamic Center, dan restoran halal menjadikan Hong Kong berada dalam daftar lima besar Non Organization of Islamic Cooperation Countries. Kriteria survei ini termasuk fasilitas dan layanan ramah muslim di berbagai destinasi wisata di Hong Kong.

6. Cape Town, Afrika Selatan.



Salah satu negara di Benua Afrika yang ramah muslim adalah Afrika Selatan. Berbagai kota di sana nyaman untuk traveling bagi wisatawan muslim. Sebut saja Cape Town dengan jumlah masjid yang mencapai lebih dari sembilan.

Kota ini menjadi destinasi favorit turis di sekitar pertengahan tahun sebelum Ramadan tiba. Banyak yang wisata ke kawasan Kampung Muslim Bo Kaap yang menyediakan banyak restoran halal.

7. Spanyol.



Spanyol, khususnya Kota Cordoba dikenal sebagai pintu masuk persebaran Islam di Eropa. Nggak heran kalau di kota ini banyak sekali peninggalan Islam yang sangat menarik untuk disambangi. Sebut saja seperti keunikan dan arsitektur hebat yang juga menjadi monumen sentuhan Islam pada zamannya.

8. Bangkok, Thailand.



Meski mayoritas beragama Budha, namun Bangkok, Thailand juga dianggap sebagai destinasi wisata paling Muslim Friendly di dunia. Dengan banyaknya jumlah masjid di Kota tersebut membuat umat Islam tidak akan kesusahaan ketika ingin melaksanakan ibadah. Belum lagi dengan adanya aplikasi "Thailand Muslim Friendly" yang bisa digunakan untuk mencari masjid beserta makanan halal.

Untuk destinasi wisata, banyak juga yang bertema muslim. Misalnya saja kawasan Ko Panyi, sebuah pulau dengan mayoritas warga muslim. Ada pula Lorong Banhaw di Chiang Mai yang dikenal pula sebagai daerah China Muslim.

9. Korea Selatan.



Meningkatnya kunjungan wisatawan muslim ke Korea Selatan dari tahun ke tahun terbaca oleh otoritas pariwisata Korea Selatan sebagai peluang besar untuk makin memajukan pariwisata. Beberapa tahun belakangan berbagai toko dan rumah makan berlabel halal banyak bermunculan di Korea Selatan. Lebih dari itu, pusat perbelanjaan di Korea Selatan kini juga sudah dilengkapi dengan tempat ibadah yang memudahkan wisatawan muslim.

10. Jepang.



Jumlah masjid dan restoran halal di Negeri Sakura semakin banyak. Beberapa toko yang memiliki tulisan 'We Sell Halal Japanese Products' juga terus bertambah. Hal ini membuat Jepang menjadi primadona tersendiri bagi para wisatawan muslim dunia. Untuk urusan tempat ibadah, meskipun tidak selalu dalam wujud masjid besar, beberapa tempat umum juga menyediakan area untuk salat.

11. London, Inggris.



Siapa sangka, Islam menjadi agama terbesar kedua di Britania Raya dengan persentase 2,8%. Para warganya juga terkenal ramah dengan wisatawan muslim. Untuk tempat beribadah, ada banyak masjid yang bisa dikunjungi di Kota London, seperti London Central Mosque. Untuk urusan makanan halal juga sudah bukan menjadi hal yang langka di kota ini.
loading...
Top