Subhanallah, Sungguh Menakjubkan Kala Adzan Dikumandangkan Hingga Mengelilingi Bumi


Adzan adalah seruan umat Islam untuk melaksanakan sholat. Adzan akan berkumandang sesaat setelah waktu sholat tiba. Faktanya, waktu sholat disetiap koordinatnya akan berbeda antara satu dan lainnya.

Di Kepulauan Nusantara saja antara kota satu dan lainnya memiliki waktu adzan yang berbeda. Pertama kali adzan akan berkumandang di ujung timur Indonesia, Papua. Dari Papua hingga Aceh kumandang adzan bergerak dengan rentang selama dua jam lamanya.

Kumandang adzan yang belum selesai di Indonesia akan disambung oleh adzan di Negara tetangga Malaysia hingga Birma. Bangladesh, Calcuta India menyusul mengumandangkan adzan tepat satu jam setelah Jakarta. Begitu seterusnya sesuai letak dan waktu adzan sholat di setiap negara. Dengan perbedaan waktu sholat setiap tempat, membuktikan bahwa adzan berkumandang setiap saat di dunia.

Hal ini menunjukan bahwa tak hanya bulan yang bergerak mengelilingi bumi, namun kumandang adzan tanda waktu sholat juga bergema mengelilingi bumi setiap saatnya. Maha Besar Allah Swt yang menunjukan bahwa kumandang adzan tersebut akan terus berkumandang setiap saatnya tanpa ada jeda dan berhenti hingga nanti waktu Kiamat tiba.
Top