Bingung Saat Pertama Kali Naik Pesawat? Berikut 6 Tips Agar Kamu Enggak Bingung Saat Dibandara



Bagi beberapa orang, bepergian menggunakan pesawat terbang merupakan hal yang biasa. Tapi, bagi mereka yang belum pernah menjajal moda transportasi ini, menggunakan pesawat terbang adalah suatu hal baru yang bakal menjadi pengalaman yang nggak terlupakan.

Maklum, naik pesawat terbang akan sangat berbeda dengan naik kereta atau kapal laut dengan segala prosedur dan peraturan yang diterapkan.

Nah, buat kamu yang belum pernah atau pertama kali naik pesawat terbang, Wajibbaca.com merangkum dari laman Hipwee akan Tips kasih panduan lengkap dan singkat yang bisa kamu terapkan. Bye-bye sama takut atau khawatir berlebihan!

1. Demi mendapat tiket dengan harga yang lebih murah, pesan dan rencanakanlah jauh-jauh hari



Pembelian tiket saat ini rata-rata bisa dilakukan secara online. Dan sebaiknya kamu melakukan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum hari-H keberangkatan, agar kamu bisa survei harga termurah dengan maskapai yang terpercaya.

BACA JUGA : Sebaiknya Jangan lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Nge-Charge Ponsel!

Meski harga tiket yang dibeli secara online, biasanya belum termasuk pajak sebesar 10 persen.

Selain pembelian tiket secara online, kamu juga bisa melakukan pembelian tiket secara langsung di biro perjalanan terdekat.

2. Penting untuk kamu tahu kebijakan masing-masing maskapai mengenai minimal kuota bagasi di dalam pesawat, apalagi jika barang bawaanmu banyak



Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas bagasi gratis. Hal ini penting diketahui agar menghindarkanmu dari kewajiban membayar ekstra akibat bagasi berlebih.

Namun jika keadaan mengharuskanmu membawa barang bawaan yang cukup banyak, maka kamu perlu memastikan agar nggak melebihi kuota kilogram bagasi.

BACA JUGA : Takut Dengan Kulit Wajah Berjerawat? Berikut 6 Minuman Sehat yang Bisa Mencegah Jerawat

Biasanya, kuota minimal bagasi yang disediakan sebesar 15-20 kilogram, lebih dari itu maka akan dikenai biaya tambahan. Berita baiknya, terkadang beberapa maskapai memberikan layanan bagasi gratis untuk tiket penerbangan tertentu.

3. Saat tiba harinya, datanglah ke bandara minimal satu jam sebelum waktu keberangkatan. Ada beberapa hal yang harus diurus terlebih dahulu sebelum masuk ke pesawat



Biasakan datang ke bandara satu sampai dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawatmu. Saat tiba di bandara, kamu harus memasuki terminal yang sesuai nama maskapai yang akan kamu naiki.

BACA JUGA : Setelah Keramas, Sebaiknya Rambut Basahmu Dikeringkan Dulu! Kalau Nggak Mau 5 Hal Ini Akan Menimpamu

Saat akan memasuki terminal tujuan, tunjukkan e-tiket atau print out tiket elektronik kepada petugas. Biasanya juga akan dilakukan pemeriksaan keamanan dengan metal detector untuk barang bawaanmu.

Lantas segeralah beranjak untuk mengurus keperluan lainnya.

4. Selanjutnya, carilah loket check-in sesuai dengan nama maskapai untuk mendapatkan boarding pass, kemudian antrilah dengan tertib



Check-in merupakan prosedur resmi di mana pihak maskapai mencatat setiap penumpang yang datang ke dalam data penerbangan.

Barang yang kamu bawa juga akan ditimbang sebelum masuk bagasi, siap-siap membayar lebih jika ternyata bawaan kamu melebihi kuota.

BACA JUGA : Pengen Rambutmu Sehat dan Tebal Tanpa Rontok? , Inilah 7 Racikan Jus Ampuh yang Kamu Bisa Coba

Dalam proses check-in, kamu akan diberikan boarding pass yang berisi informasi mengenai nomor penerbangan, nomor kursi di pesawat, termasuk nomor gate (pintu) keberangkatan sebagai tanda masuk ke dalam pesawat.

Setelahnya, kamu akan diminta membayar airport tax sesuai tarif yang berlaku.

Beberapa maskapai nggak memberlakukan sistem ini, karena tarif tersebut sudah digabung dengan harga tiket.

5. Setelah mendapatkan boarding pass, saatnya masuk ke boarding room untuk persiapan pemberangkatan. Penting untuk tahu di gate mana kamu harus menunggu agar nggak salah pesawat



Ruang tunggu untuk masuk pesawat ini biasanya dipisahkan berdasarkan pintu. Sebelum memasuki ruang keberangkatan, lagi-lagi kamu harus melalui proses pengecekan barang dan pemeriksaan keamanan.

Setelah melewati pemeriksaan yang agak ribet tadi, pastikan kamu menunggu di area gate yang tepat karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini. Nomor gate tertera di boarding pass atau bisa juga ditemukan di papan pemberitahuan.

Kamu bisa mencocokkan nomor pesawat dengan nomor gate. Di papan ini, kamu juga bisa mengetahui jam keberangkatan dan juga status pesawat.

6. Sembari menunggu, selalu dengarkan pengumuman mengenai status pesawat. Tetaplah berjaga-jaga, siapa tahu sudah waktunya pesawatmu lepas landas



Pastikan lagi mengenai status pesawat yang akan kamu naiki. Selain dengan melihat papan pengumuman, kamu juga wajib mendengarkan setiap pengumuman yang disampaikan oleh customer service.

Jika kamu nggak yakin, coba tanyakan ke orang yang ada di sebelahmu, apakah dia akan naik pesawat yang sama.

Setelah mencocokkan nama di kartu identitas dengan di boarding pass, kemudian boarding pass akan disobek oleh petugas.

Beberapa diambil petugas, sisanya dapat disimpan. Jangan lupa, potongan-potongan nomor tas bagasi jangan sampai terambil oleh petugas.
Top