Naudzubillah! Ternyata Ini yang Pertama-tama Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar


Kehidupan manusia akan kaca balau

Sejak kita SD pasti sudah diajarkan bahwa bumi itu bulat dan berputar pada porosnya. Penemuan ilmuan yang beratus-ratus tahun lamanya itu, memang benar adanya. Bahwa Bumi berotasi pada porosnya dengan kecepatan sekitar 965 kilometer per jam.

Ketika bumi melakukan rotasi, kita bisa bernafas lega karena keamanan dan kenyamanan kita terjamin, misalnya menikmati suasana pagi dan malam hari. Nah, pernahkah kamu berfikir bagaimana nasib Bumi kita jika berhenti berotasi?

Dikutip dari dari laman topworldfact, inilah akibatnya jika bumi berhenti berotasi.

1. Navigasi pesawat akan kacau

Kenapa? Pesawat membutuhkan satelit untuk berkomunikasi dengan operator di bandara. Karena itu satelit berfungsi mencocokan waktu dan tempat yang terjadi di Bumi.

Rotasi yang lambat atau lebih parahnya lagi jika bumi berhenti berputar akan menyebabkan posisi satelit pesawat salah, akibatnya pesawat bisa saja mendarat di tempat yang tidak seharusnya.

2. Durasi hari akan bertambah

Masalah lain ketika bumi berhenti berputar adalah jumlah hari tidak pernah sama lagi.

Ketika bumi berputar pada porosnya, matahari kembali ke posisi yang sama setiap 24 jam, tetapi jika bumi berhenti berputar, membutuhkan waktu 365 hari ke posisi matahari yang sama.

Satu lagi cuaca bumi yang tak rata, misalnya setengah bumi lainnya akan mengalami siang hari selama setengah tahun, sedangkan belahan bumi lainnya mengalami kegelapan.
Bumi akan sangat panas di sisi terang dan sangat dingin di sisi gelap, jelas ini akan menghancurkan tanaman dan hewan.

3. Bumi akan berbentuk bola yang hampir sempurna

Jika bumi tidak berputar, gravitasi bumi akan membentuk bola hampir sempurna.

Baca Juga : Jangan Ditiru! Detik-Detik Kecelakaan Wanita Cantik yang Sedang Selfie ini Viral di Facebook

Kedengarannya bagus dan tidak berbahaya, tetapi sebenarnya itu menciptakan masalah besar. Karena permukaan bumi di tengah, laut akan melebar dan berkumpul di khatulistiwa sejauh 8 km.

4. Terganggunya kehidupan flora dan fauna

Hewan - hewan yang bermigrasi akan kebingungan dengan hari yang terus bertambah panjang dan akhirnya mati kepanasan atau kedinginan.

Selain itu, tanaman juga akan tersiksa oleh sinar matahari yang lebih lama atau dinginnya malam yang panjang.

5. Manusia akan punah

Bisakah kita bertahan enam bulan panas dan enam bulan dingin?
Bahkan tsunami dan banjir akan membuat manusia mati secara serentak.

Mungkin sekarang kita harus bersyukur karena semua itu belum terjadi dan sudah menjadi tugas kita untuk menjaga bumi dan mencegah global warming.

Lima akibat di atas hanya menjadi gambaran hal yang akan terjadi jika bumi kita berhenti berotasi. Makanya jaga bumi tempat kita berpijak dengan melakukan hal-hal positif meskipun itu dimulai dari hal kecil seperti tidak buang sampah sembarangan dan mengurangi polusi dengan tidak menambah jumlah kendaraan yang kita miliki.
Top