Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Suyadi, Pak Raden di "Si Unyil"

Halaman pencarian Google menampilkan doodle khusus hari ini, Senin (28/11/2016). Doodle itu memperlihatkan beberapa sosok yang identik dengan serial legendaris "Si Unyil".



Ada Pak Ogah, Pak Raden, Meilani, dan Unyil sendiri. Di tengah-tengah doodle, disematkan sebuah bingkai foto yang tak lain menggambarkan Suyadi.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, Suyadi adalah pencipta Si Unyil sekaligus memerankan tokoh Pak Raden. Ilustrator handal tersebut lahir pada 28 November 1932 atau 84 tahun lalu.

Pada 30 Oktober 2015, Suyadi menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pelni dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta. Masih teringat bagaimana duka yang menyelimuti layar kaca Tanah Air ketika sosok Pak Raden tersebut meninggal.

Suyadi bisa dibilang sebagai salah satu tokoh yang berperan penting dalam pendidikan anak Indonesia. Ketika pertama kali memperkenalkan Si Unyil pada 1980-an, lulusan Seni Rupa ITB tersebut ingin stasiun televisi lokal diisi acara yang mendidik.



Si Unyil sendiri bercerita tentang kondisi sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Unsur-unsur di dalam serial itu tak bisa dipisahkan dengan budaya populer yang berkembang hingga sekarang, seperti kemunculan kata-kata "hom-pim-pah alaiyum gambreng" atau "cepek dulu dong".

Karya Si Unyil sudah beberapa kali dibuat ulang untuk mencocokkan dengan perkembangan zaman. Versi orisinilnya dari 1981 hingga 1993, lalu dari 2002 hingga 2003 awal, dan pertengahan 2003 hingga akhir 2003.

Selain karya fenomenal Si Unyil, Suyadi juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar.

Meski raga Suyadi telah tiada, namun nama dan karyanya akan selalu hidup dari zaman ke zaman. Selamat ulang tahun Suyadi alias Pak Raden!
loading...
Top