5 Dampak Luar Biasa Terhadap Psikologis Anak, Dengan Memberi Dukungan

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 21 Jun 2016

5 Dampak Luar Biasa Terhadap Psikologis Anak, Dengan Memberi Dukungan
Inilah manfaat luar biasa bila anda mendukung anak
Anak yang mampu berlaku lebih baik lagi, tidak hanya melulu menuntut hadiah dari orangtuanya. Yang mereka butuhkan kadang hanya perhatian. Memang salah satu perhatian adalaha hadiah.

Namun selain hadiah, kita bisa memberikan dukungan, dorongan yang positif bagi anak. Anak akan merasa bahagia dan dimengerti dengan diberikan dukungan. Mungkin ekspresi anak tidak seperti orang dewasa, mereka cenderung tenang dan diam, tetapi jauh di dalam lubuk hatinya ada perasaan tenang dan nyaman saat orangtuanya memberikan dukungan yang positif padanya.

Seperti bayi yang di belai lembut oleh ibunya, atau digendong, ekspresi wajahnya akan mudah terbaca kalau dia merasa nyaman. Seperti itulah ekspresi wajah anak saat merasa tenang dan nyaman dengan dukungan anda. Lebih tenang, tidak cemas, dan tidak merasa sendiri dalam berupaya yang terbaik bagi dirinya.

5 Dampak Luar Biasa Terhadap Psikologis Anak, Dengan Memberi Dukungan
Beri motivasi pada anak
Baca Juga : HATI - HATI : Memberikan Hadiah Pada Anak, Ini 5 Akibat Buruknya

Dikutip dari pendidikankarakter.com, berikut inilah 5 dampak luar biasa dengan memberikan dukungan kepada anak,

1. Menimbulkan rasa kepercayaan, serta percaya diri

Dukungan akan mengekspresikan secara langsung perasaan dan kepercayaan orangtua kepada anak. Saat anak merasa dipercaya maka rasa percaya diri anak akan berkembang dalam dirinya. Saat orangtua memberikan dukungan, ekspresi terlihat jelas.

2. Anak tahu dengan jelas prestasi dan langkah langkah yang harus ia kejar

Anak akan tahu dengan jelas apa yang harus ditingkatkan, dan bagaimana caranya mencapai kemajuan yang diperlukan. Anak tidak perlu merasa frustasi untuk mencari-cari cara yang dapat meningkatkan perilaku baiknya, karena orangtua telah memberikan informasi tersebut dengan jelas dan detail melalui dukungan.

3. Saat diberikan dukungan anak akan merasa nyaman secara emosi

Anak akan merasa diperhatikan, dicintai, dan dimengerti. Dukungan orangtua kepada anak adalah bentuk upaya untuk mengerahkan segenap kemampuan orangtua dalam bersikap, berkomunikasi, dan berempati terhadap anaknya agar menjadi pribadi yang terbaik.

4. Memberi kekuatan kepada anak disaat saat sulit mereka

Saat situasi anak sedang terasa berat dan sulit, iming-iming hadiah mungkin tidak berguna. Tetapi sikap percaya orangtua kepada anak, dukungan, dan dorongan akan membuat anak bisa keluar dari hal-hal yang menyulitkan.

Baca Juga : Ini Risikonya Anak Tidur di Kamar Ber-AC

5. Anak akan lebih termotivasi

Saat anak berantusias maka sedikit dukungan yang diberikan, dan saat kurang berantusias maka perlu banyak dukungan dan motivasi untuk anak. Dalam memberikan dukungan, orangtua dapat mengingatkan agar anak mudah memberikan dukungan kepada dirinya sendiri, ajarkan anak untuk memotivasi dirinya sendiri, dan berkata-kata dalam hati percaya bahwa ia akan berhasil. Hal ini akan mempermudah anak untuk menjadi antusias secara otomatis.
Semoga bermanfaat, dan membantu semua orangtua dalam mendidik perilaku anak, sehingga menjadi generasi di masa depan yang lebih baik.

SHARE ARTIKEL