6 Tata Krama yang Wajib Diajarkan Kepada Anak

 18 Oct 2019  Taufiq F

6 Tata Krama yang Wajib Diajarkan Kepada Anak

Tata krama - Image from ainamulyana.blogspot.com

Penting mengajarkan tata krama bagi anak. Memang anak-anak akan selalu menjadi anak-anak, dan memang tidak ada salahnya untuk membiarkan mereka menjadi anak-anak.

Di balik sikap lucu dan lugunya, sopan santun dan tata krama juga sangat penting mereka pelajari. Ketrampilan sosial ini akan membuat mereka memiliki rasa percaya diri dan sukses dalam kehidupannya.

Tata krama merupakan sikap dan kata-kata yang selalu ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tata krama merupakan hal terpenting, pada zaman sekarang, dijumpai banyak anak muda yang kurang memperhatikan tata krama.

Tata krama anak muda jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu (Baca: Kenapa Tata Krama Anak Jaman Sekarang Berbeda Dengan Jaman Dahulu? Ternyata inilah 6 Faktornya)

Tata krama ini sebaiknya diajarkan sejak dini. Pada dasarnya orangtua sangat berperan penting dalam pembentukan etika pada anak, dan orangtua pula dituntut untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut, begini caranya.

Pengertian Tata Krama

Tata krama adalah istilah yang bersinonim dengan sopan santun, dan peradaban. Tata krama bahasa jawa artinya, tata berarti aturan dan krama (kromo) berarti baik.

Jadi tata krama adalah aturan yang baik, yang dilakukan oleh manusia sesuai dengan pada lingkungannya.

Tata krama suatu bangsa pasti berbeda dengan bangsa lainnya, karena tata krama berkaitan dengan kebiasaan atau etikat yang muncul dari adanya pergaulan.

Misalnya di sebuah negara, mengangguk merupakan "Tanda" iya, sementara di tempat (negara) lain gerakan mengangguk merupakan "Tanda" tidak.

Mengapa Tata Krama Penting?

Tata krama adalah aturan, maka menjadi penting bagi seseorang untuk mengikuti tata krama agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Misal saja tata krama makan, dalam budaya Indonesia, makan harus memakai tangan kanan.

Apa itu budaya? (Baca: Kebudayaan Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Unsur Kebudayaan)

Maka, jika ada orang yang makan atau mengambil makanan menggunakan tangan kiri, orang tersebut dianggap tidak sopan.

Tata krama juga sangat penting bagi diri pribadi seseorang. Orang yang mempunyai tata krama yang baik berarti mampu menyesuaikan dengan lingkungannya.

Jika seseorang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya berarti dia bisa membaca peluang. Kemungkinan besar orang yang mampu menyesuaikan diri dan membaca peluang adalah orang yang akan sukses di kemudian hari.

Tata krama ada 6 macam dalam kehidupan yang perlu di ajarkan pada anak sejak dini, apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini.

6 Macam-Macam Tata Krama dalam Kehidupan

1. Tata krama berbicara

Banyak yang mengatakan bahwa seseorang dinilai berpendidikan atau tidak dari tata krama berbicaranya. Bukan berarti yang banyak basa-basi menjadi orang yang berpendidikan.

Namun mereka yang tahu bagaimana berbicara di tempat yang tepat dengan kondisi yang tepat bisa merupakan tata krama berbicara yang benar. Sulit memang, namun jika anda memiliki kebiasaan buruk sebaiknya cepat diubah.

Kencing pun ada tata kramanya, berikut penjelasan lengkapnya menurut islam (Baca: 8 Tata Krama Buang Air Kecil yang Baik Dalam Islam).

2. Tata krama makan

Makan pun ada tata kramanya, dimana anda pernah menemukan seseorang yang mungkin makan dengan sembarangan, bersendawa, kentut atau sebagainya yang membuat orang lain tidak nyaman atau bahkan merasa tidak nafsu makan.

Adanya tata krama tak lain karena ingin membuat semua orang yang makan bersama merasa nyaman, bukan karena terlihat anggun dan juga cantik.

Tata krama makan setiap budaya memang berbeda, ada yang harus bersuara ada juga yang tidak boleh bersuara ketika makan. Semua ada maknanya, namun di Indonesia sendiri makan yang tidak bersuara dan tenang dianggap sebagai yang paling sopan.

3. Tata krama bertamu 

Ketika bermain atau bertamu ke rumah orang lain tentu anda harus mengutamakan kesopanan. Sebagai orang lain yang mampir atau datang kita harus menunjukkan rasa terima kasih sebagai tamu karena telah disambut dan diperlakukan dengan baik.

Ajarkan anak adab bertamu ke rumah temannya (Baca: Anak Suka Bermain Di Rumah Temannya Orang Tua Wajib Ajarkan 4 Sikap Ini)

4. Tata krama penampilan

Penampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan acara. Misalnya anda tidak mungkin mengenakan gaun di acara formal kenegaraan dan sejenisnya. Tata krama menunjukkan kesiapan dan kesesuaian kita berpenampilan dalam sebuah acara.

Dan yang sekarang mulai luntur adalah jalan membungkuk saat lewat depang orang yang lebih tua (Baca: Mlaku Mbungkuk, Akhlaq Orang Jawa yang Mulai Memudar)

5. Tata krama pergaulan

Bergaul merupakan cara manusia untuk bisa dekat dan bersosialisasi dengan teman dan sekitarnya. Faktanya ketika anda bergaul seringkali muncul masalah.

Karena tidak menghargai atau karena sulit untuk dihargai, adanya tata krama pergaulan akan membantu menjadi cara menghilangkan sifat egois dalam diri sesorang ketika bergaul.

6. Tata krama pada yang berbeda usia

Tata krama pada berbeda usia mungkin sering dibicarakan sebagai senioritas. Padahal sebenarnya bukan senioritas, menghargai yang lebih muda, dan itulah tata krama dengan orang yang berbeda usia.

Manfaat Tata Krama

Adapun manfaat tata krama atau etika yaitu: 

  1. Ada membuat seseorang mengambil keputusan dalam suatu masalah dengan bijak.
  2. Memberi pengenalan bagaimana menjalani hidup melalui rangkaian tindak sehari-hari.
  3. Membuat anda menjadi disegani, dihormati.
  4. Memudahkan hubungan baik dengan orang lain.
  5. Memberi keyakinan pada diri sendiri dalam setiap situasi.
  6. Menjadi anda dapat memelihara suasana yang baik dalam berbagai lingkungan, baik itu lingkungan, keluarga, pergaulan, dan dimana anda bekerja.

Menurut pemaparan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian tata krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat.

Tata krama terdiri atas tata dan krama. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan. Krama berarti sopan santun, kelakuan tindakan, perbuatan. Dengan demikian, tata krama berarti adab sopan santun, kebiasaan sopan santun.

Demikianlah penjelasan mengenai tata krama yang dapat wajibbaca.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.