Perbedaan Metode dan Metodologi

 18 Oct 2019  Bima P

Perbedaan Metode dan Metodologi

Perbedaan metode dan metodologi - Image from pageuppeople.com

Mungkin banyak dari kita yang masih salah dalam menggunakan kata antara metode dan metodologi. 

Yang seharusnya kita menggunakan kata metode tapi malah metodologi kata yang kita gunakan dan begitu juga sebaliknya.

Lalu apa perbedaan metode dan metodologi? Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas perbedaan dari kedua kata tersebut.

Tentu saja untuk mengerti perbedaan dari kedua kata tersebut, pertama kita harus mengerti pengertian dari masing-masing kata tersebut.

Berikut adalah pengertian dan perbedaan metode dan metodologi.

Pengertian Metode

Secara harfiah, metode (method) artinya cara. Secara harfiah metode atau yang memiliki sebutan lain metodik berasal dari bahasa Yunani yaitu metha, (melewati atau melalui), dan hodos (cara atau jalan), jadi metode dapat diartikan cara atau jalan yang harus dilewati untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian secara umum atau secara luasnya adalah metode atau metodik artinya adalah ilmu mengenai jalan yang harus dilalui untuk mengajar anak didik agar bisa tercapai tujuan belajar mengajar

Menurut Prof. Dr.Winarno Surachmad (1961) mengungkapkan kalau metode mengajar merupakan cara-cara pelaksanaan dari pada siswa-siswa di sekolah. Menurut Pasaribu dan simanjutak (1982), mengungkapkan kalau metode adalah cara sistematik yang dipakai untuk menggapai tujuan.

Berikut artikel tentang karya ilmiah bagi anda yang sedang melakukan metodologi penelitian sebuah karya ilmiah:
1. Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
2. Contoh Landasan Teori
3. Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka dan Contohnya

Metode adalah cara atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Lalu ada satu istilah lainnya yang berkaitan dengan 2 istilah ini, yaitu teknik adalah cara yang spesifik dalam pemecahan masalah tertentu yang ditemukan dalam pelaksanaan prosedur.

Pengertian Metodologi

Seperti kata pengantar di atas, masih banyak yang meyakini bahwa kata metode dan metodologi adalah sama.

Menurut Noeng Muhadjir, perbedaan dari keduanya adalah bahwa metodologi penelitian membahas mengenai konsep teoritik bermacam-macam metode, baik dari kelebihan maupun kekurangannya dalam kajian ilmiah, yang selanjutnya dilanjutkan dengan memilih metode terbaik untuk dipakai. 

Kemudian untuk perbedaan secara teknis, metode penelitian mengemukakan mengenai metode-metode yang dipakai dalam penelitian.

Selain hal itu dengan redaksi yang ringkas, kita dapat mengartikan metodologi sebagai sebuah pengetahuan mengenai metode-metode yang dipakai dalam penelitian. 

Secara harfiah istilah Metodologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “metodos” dan “logos”. Kemudian kata “metodos” terdiri atas 2 suku kata yakni “metha” yang artinya melewati atau melalui “hosos" yang artinya cara atau jalan. 

Metode artinya sebuah jalan yang dilewati untuk mencapai tujuan. Sedangkan “logos” berarti ilmu. Jadi Metodologi adalah cara atau ilmu ilmu yang dipakai untuk menemukan kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas apa yang dikaji.

Ilmu terdiri dari 5 prinsip yaitu:

  • Orde (keteraturan)
  • ​Determinisme (sebab-musabab)
  • Parsimoni (kesederhanaan)
  • Empirisme (pengalaman yang bisa diamati)

Dengan prinsip-prinsip yang seperti itu maka terdapat banyak jalan untuk dapat menemukan kebenaran. Metodologi adalah sebuah teta cara yang menentukan proses penelusuran apa yang mau digunakan.

Perbedaan Metode dan Metodologi

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan secara ringkas perbedaan metode dan metodologi yaitu :

1. Berdasarkan Etimologi

  • Metode (method) berarti metode atau cara​
  • Metodologi terdiri dari dua suku kata yaitu method dan logos yang artinya adalah ilmu tentang metode

2. Berdasarkan Pengertian

  • Metode adalah “prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu.[1]”​
  • Metodologi adalah “prosedur ilmiah yang di dalamnya termasuk pembentukan konsep, preposisi, model, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri.[2]”

3. Berdasarkan Sifat

  • Metode bersifat Khusus. Metode lebih berkenaan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi.​
  • Metodologi bersifat General. Metodologi merupakan sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat.

Di atas adalah pembahasan tentang perbedaan metode dan metodologi lengkap dengan pengertiannya. Kami harap artikel ini dapat membantu anda dalam membedakan kedua istilah tersebut. Jika dirasa masih ada yang ditanyakan, silahkan berikan komentar di bawah.