Bacaan Tahiyat Awal Lengkap Dengan Artinya

 29 Aug 2019  Taufiq F

Bacaan Tahiyat Awal Lengkap Dengan Artinya

Bacaan tahiyat awal - Image from mediaislami.net

Pada doa tahyat awal, atau doa tahiyat ada dua unsur bacaan yang harus terpenuhi yaitu bacaan tasyahud atau lebih dikenal dengan tahiyat dan bacaan shalawat kepada Rasulullah.

Jadi jika kedua unsur tersebut telah terpenuhi, maka doa tahyatul awal sudah dinilai cukup dan tidak perlu lagi ditambah dengan bacaan lain.

Duduk tahiyat awal dilakukan pada rakaat kedua, setelah sujud kedua, pada saat itu disyariatkan untuk membaca bacaan tahiyat awal kemudian setelah rakaat keempat atau rakaat terakhir dalam setiap sholat dianjurkan membaca bacaan tahiyat terakhir.

Sangat penting bagi umat islam untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai bacaan tahiyat awal dan akhir yang benar. Maka dari itu wajib baca pada kesempatan kali ini akan memberikan penjelasan tentang doa tahiyat awal.

Tidak dipungkiri di luar sana masih banyak yang belum menghafal dan memahami tentang bacaan tahiyat awal dan akhir ini.

Anjuran Membaca Bacaan Tasyahud Awal dan Akhir

Terkait bacaan sholat tasyahud akhir dan tasyahud awal terdapat beberapa riwayat dari Rasulullah. Dari setiap riwayat tersebut boleh dibaca ketika tahiyat akhir dan tahiyat awal.

Namun ada dua bacaan tahiyat awal dan akhir yang biasa dibacakan dalam sholat. Yaitu bacaan tahiyat yang bersumber dari sahabat Abdullah bin Abbas dan Abdullah bin Mas'ud

Berikut ini hadist riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Abbas tentang bacaan tahiyat :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعلمنا التشهد كما يعلمنا السورة من القرأن فكان يقول: التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

“Rasulullah Saw. mengajari kami bacaan tasyahud sebagaimana beliau mengajari kami surah Alquran. Kemudian Ibnu Abbas berkata; ‘Attahiyyatul mubarokatush sholawatut toyyibatu lillah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barokatuh. Assalaamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish sholihin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rosullah.

Artinya: "Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah.”

Dan bentuk doa tahiyat awal dan akhir dari Abdullah bin Mas'ud diriwayatkan oleh Imam Al bukhari dalam kitabnya Shahibul Bukhari yang menjelaskan tentang doa tahiyat akhir dan awal berikut ini:

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

“Attahiyyatu lillah, wash shalawatu wat thoyyibat. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wa barokatuh. Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish shoolihin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluh

Artinya: "Segala ucapan selamat bagi Allah, shalawat, dan kebaikan. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hambaNya dan utusanNya)".

Bacaan Sholat Tahiyat Awal Berdasarkan Hadist Diatas

Islam merupakan salah satu ajaran agama yang cukup luas maknanya dan juga cukup luas hal-hal yang perlu kita pelajari. Dan pastinya kita sebagai umat muslim tentu saja sudah diwajibkan agar bisa menjalankan ibadah sholat wajib yang terdiri dari 5 waktu secara rutin dan benar.

Oleh karena itu bagi kalian yang mungkin merasa sholatnya belum sesuai dengan anjuran yang ada, mungkin mulai sekarang bisa mencobanya untuk melatih diri selalu siap dan tepat waktu dalam menjalankan pondasi atau tiang kehidupan kita di dunia ini.

Ada hal penting yang lainnya yang harus dilakukan semasa membaca tasyahud awal serta bacaan tasyahud akhir dan artinya yaitu adanya gerakan yang harus mengangkat telunjuk.

Dalam gerakan doa terakhir sholat dan awal harus benar dan harus mengetahui posisi duduknya agar sesuai dengan makna sholat yang sudah dicontohkan Rasulullah SAW.

Oleh karena itu bagi kalian yang masih belum memahami bagaimana bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang lengkap anda bisa menyimaknya dalam penjelasan berikut ini.

Bacaan surat tahiyat awal dan doa attahiyat

Bacaan Tahiyat Awal Lengkap Dengan Artinya

Doa tahiyat awal - Image from mistamajahp.com

At’Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah.

As-Salaamu’Alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu’Alaina Wa’Alaa Ibaadillaahishaalihiin.

Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammad Rasuulullaah.

Arti tahiyat awal.


“Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah.

Keselamatan atas engkau wahai Nabi Muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya.

Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh – shaleh.

Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah “.


Bacaan doa tahiyat awal dan bacaan surat tahiyat akhir dibacakan pada saat tasyahud awal dalam sholat dan pada tasyahud akhir dalam sholat.

Itulah bacaan do a tahiyat awal dan doa sholat tahiyat akhir yang baik dan benar. Perlu kita ketahui bahwa urutan yang tepat saat membaca doa tahajud akhir dan awal yaitu terlebih dahulu membaca tahiyat awal kemudian doa tahyat akhir disertai bacaan tambahan tahiyat akhir.

Akan tetapi bagi anda yang juga ingin menghafalkan bacaan tahiyat awal, anda juga bisa dengan cara mendengarkan bacaan tahiyat awal dan akhir mp3 dan bisa download bacaan tahiyat akhir, tahiyat awal dan akhir mp3.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa memahami dengan mendalam dan bisa terus diamalkan dalam sholat.