11 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Komentar

manfaat plum images health.detik.com

Selain berperan memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu kanker, antioksidan penting dari buah plum dapat mencegah pikun karena membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel otak. Untuk meraih manfaat buah plum yang satu ini, cukup makan 3-4 buah plum dalam sehari. Plum masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Ternyata ada banyak manfaat buah plum untuk kesehatan. Apa saja?

Manfaat buah plum bagi wanita yaitu untuk kesehatan janin dan menjaga kondisi kulit. Oleh sebab itu tidak heran apabila buah yang memiliki rasa asam manis ini memiliki banyak manfaat.
Buah plum masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Buah plum adalah jenis tanaman yang masuk ke dalam genus Prunus dari famili Roseceae meliputi persik, aprikot dan nektarin. Khasiat buah plum yaitu untuk menurunkan berat badan, mencegah anemia, dan menurunkan resiko diabetes.

Manfaat buah plum

1. Menurunkan berat badan

Buah plum memiliki kalori yang rendah (46 kalori per 100 g) serta hanya mengandung asam lemak tidak jenuh. Buah plum memiliki rasa asam manis ini sangat cocok untuk diet dan memiliki aroma yang enak , sehingga cocok untuk diet.

2. Menjaga Kesehatan anda

Vitamin A sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah plum mengandung vitamin A yang tinggi, buah ini direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin menjaga kesehatan organ mata.

3. Menjaga resiko kanker

Buah plum memiliki kaya antioksidan seperti cryptoxantin, lutein, dan zeaxanthin. Zat-zat tersebut  mampu menghadang radikal bebas dan mampu menetralkan  yang akan menjadi penyebab terjadinya kanker

4. Menjaga kesehatan jantung

Zat mineral yang terkandung di dalam buah plum dapat mengendalikan kerja jantung dan tekanan darah manusia.

5. Mencegah anemia

Memakan makanan buah bit dapat mengurangi resiko penyakit anemia. Buah plum mengandung zat besi, sehingga buah ini memiliki kemampuan dalam mencegah anemia.

6. Menurunkan resiko diabetes

Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi orang-orang yang ingin diet gula. Karena adanya kandungan serat juga mampu membantu mengontrol gula darah meningkat akibat mengkonsumsi karbohidrat, pasalnya serat akan memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula.

7. Kesehatan janin

Buah plum mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat. Banyak ahli kesehatan merekomendasikan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi buah plum untuk menjaga kesehatan  janin.

8. Menjaga kondisi kulit

Khasiat buah plum yaitu menjaga kesehatan kulit, memberikan nutrisi karena kandungan vitamin dan mineralnya. Mengkonsumsi buah ini secara rutin membuat kulit memproduksi kolagen dan menjaga tingkat keelastisannya.

9. Keseimbangan elektrolit tubuh

Kandungan potasium efektif melindungi sel dan jaringan tubuh. Buah plum memiliki manfaat untuk mengatur kontraksi otot dan menyeimbangkan berbagai zat kimia dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh secara keseluruhan.

10. Melancarkan peredaran darah

Manfaat buah plum bisa kamu rasakan setiap hari karena dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan dapat menghindari berbagai gangguan seperti stroke, dan jantung.

Baca Juga :

11. Mengobati osteoporosis

Buah plum memiliki sumber penting yang bisa membangun tulang dan otot. Plum bahkan pecaya sebagai pengobatan osteoporosis, manfaat buah plum yaitu melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada tulang.

Efek samping plum

Setiap buah memiliki keuntungan yang baik dan yang kurang baik. Berikut efek samping buah bit jika dikonsumsi berlebihan.

1. Bahaya akrilamida

Buah plum memiliki akrilamida tinggi, akrilamida tidak ditemukan dalam makanan normal, kecuali jika dimasak pada suhu diatas 100 c

2. Plum menyebabkan diare

Serat tidak larut pada buah plum dapat menyebabkan diare. Plum adalah obat pencahar alami karena mengandung senyawa pencahar yang disebut sorbitol. Jadi kalau makan buah plum berlebihan akan menyebabkan diare.

3. Dapat menyebabkan gas usus dan kembung

Buah plum mengandung karbohidrat kompleks dan gula yang tidak sepenuhnya rusak di saluran pencernaan. Jika gula ada di usus besar, bakteri akan memberi makanan pada karbohidrat yang tidak dicerna.

Demikian artikel mengenai manfaat buah plum untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top