10 Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Komentar
10 Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat beras hitam via doktersehat.com

Apakah Anda pernah mendengar tentang beras hitam? Mungkin belum banyak juga masyarakat yang belum tahu tentang beras hitam ini. Tak heran pengkonsumsian beras ini tidak populer seperti jenis beras pada umumnya. Sebenarnya beras hitam ini meski jarang dijumpai juga punya manfaat yang luar biasa. Penasaran apa manfaat beras hitam ini? Baca terus artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lengkap tentang manfaat beras hitam.

Tahukah Anda bahwa beras hitam adalah merupakan jenis beras langka dan sangat tua yang telah tumbuh di India selama berabad-abad lamanya. Meski pertama kali beras ini tumbuh di India, saat ini beras hitam juga bisa tumbuh di negara Asia tenggara terutama negara Indonesia.

Selain beras merah menjadi primadona masyarakat sebagai pilihan pengganti beras putih. Tapi sebenarnya ada manfaat beras hitam yang tidak kalah hebat dari beras merah. Manfaat beras hitam untuk kesehatan mengandung nutrisi selain sebagai makanan pokok pengganti nasi yang sehat dan tentunya aman untuk dikonsumsi.

Beras hitam memiliki banyak manfaat yang lebih untuk kesehatan dibandingkan dengan beras merah. Meski beras hitam bukan bahan pangan bukan obat, manfaat beras hitam ini sangatlah luar biasa. Hal ini diperkuat dengan adanya bukti-bukti penelitian dan medis yang telah dilakukan.

Nah, daripada Anda semakin penasaran tentang manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh. Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com telah merangkumnya dalam artikel berikut. Baca terus untuk mengetahui berbagai sifat gizi dan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi beras hitam ini.

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Apa manfaat dari beras hitam? Beras hitam termasuk dalam jenis beras dari spesies Oryza sativa L., termasuk beras ketan. Beras hitam memiliki tekstur lengket dan rasa gurih kacang, sehingga sangat cocok untuk dibuat bubur. Beras ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan beras putih. Berikut ini manfaat beras untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Tinggi kandungan antioksidan

Beras hitam punya kandungan antocyanin yang sangat tinggi. Selain kandungan antocyanin, beras hitam juga mengandung antioksidan, serat, dan vitamin E yang lebih tinggi daripada blueberry.

Kandungan antocyanin yang terdapat pada beras hitam telah diteliti mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi terhadap segala macam peradangan seperti asma, arthritis, hingga kanker. Memasukkan beras hitam dalam menu makan harian juga dipercaya mampu menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat dalam darah) dan meningkatkan kadar HDL, juga dikenal sebagai kolesterol baik. Sehingga cocok untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang melakukan program diet sehat.

2. Tinggi protein

Selain punya kandungan antioksidan yang sangat tinggi, beras hitam juga punya kandungan protein yang tinggi pula. Meski beras hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun kandungan serat dan proteinnya juga tidak kalah tinggi. Dalam satu porsi beras hitam kira-kira 100 gram terkandung sekitar 17% dari asupan protein harian Anda.

3. Kaya akan vitamin dan mineral

Perlu Anda ketahui juga, beras hitam juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor. Vitamin B kompleks yang terkandung dalam beras hitam dapat membantu tubuh melepaskan energi sehingga cocok dikonsumsi untuk Anda yang beraktivitas seharian penuh.

Sementara itu, kandungan magnesium dan zat besi dapat membantu mengurangi letih, lelah, dan lesu. Kandungan mineral seperti zinc yang terkandung dalam beras hitam juga akan mendukung kinerja sistem imun tubuh, sementara fosfor dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang lebih sehat.

Selain mengandung beberapa kandungan diatas, beras hitam juga mengandung riboflavin yang berperan penting dalam perlindungan sel oksidatif radikal bebas penyebab kanker.

4. Baik untuk detoks hati

Manfaat beras hitam selanjutnya yaitu punya peran penting untuk menjaga kesehatan hati, terutama dalam mencegah perlemakan hati alkoholik. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam beras hitam.

Hati merupakan salah satu organ tubuh terpenting manusia untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi. Selain itu, hati juga mengatur hormon dan membantu dalam detoksifikasi tubuh. Beras hitam punya peran penting untuk membantu hati menghilangkan zat-zat beracun. Hal ini karena kandungan fitonutrien yang secara signifikan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sekaligus membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.

5. Melindungi jantung

Selain baik utuk kesehatan hati, beras hitam juga mampu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik dalam jantung. Pengerasan dinding arteri merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang banyak mempengaruhi orang di seluruh dunia. Mengkonsumsi nasi hitam dalam menu harian dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total.

6. Melancarkan pencernaan

Beras hitam juga tinggi akan kandungan serat, yang mampu menambahkan massa dalam feses Anda. Karena kandungan serat yang tinggi ini, berbagai masalah pencernaan dapat diatasi dengan cepat. Serat yang terkandung didalamnya akan membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan meringankan sembelit.

7. Bebas gluten

Sama seperti jenis beras lainnya, beras hitam juga alami bebas gluten. Mungkin sebagian orang ada yang menderita alergi gluten, beras hitam ini bisa menjadi alternatif untuk membantu menghilangkan masalah pencernaan yang terkait dengan sensitivitas gluten. Penyakit Celiac adalah salah satu sensitivitas terhadap gluten, gejala dan efek sampingnya dapat merusak hingga peningkatan risiko sindrom usus bocor.

8. Baik untuk mencegah dan mengelola diabetes

Karena kandungan seratnya yang tinggi, beras hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Karena kandungan gula yang rendah, makan nasi hitam secara rutin juga dapat membantu Anda dalam mencegah risiko diabetes tipe 2 dan mengelola pra-diabetes. Nasi hitam memiliki indeks glikemik (GI) rendah untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang mampu mengontrol diabetes hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga:

9. Mengontrol berat badan

Mengkonsumsi beras hitam ternyata juga mampu untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena teksturnya lebih padat dan lebih kaya serat namun rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, manfaat beras hitam untuk diet juga mampu membantu tubuh untuk mengontrol asupan kalori dan akibatnya melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.

10. Meningkatkan ketajaman fungsi otak

Selain punya peran untuk melindungi tubuh terhadap kanker, kandungan antocyanin dalam beras hitam juga dapat meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak termasuk stres oksidatif. Stres oksidatif ini dapat menjadi penyebab penurunan memori dan peradangan dalam otak.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat beras hitam yang bisa Anda dapatkan. Perlu Anda ketahui juga, meski beras hitam punya manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Anda juga harus selalu berkonsultasi kepada dokter mengenai masalah kesehatan yang Anda alami.

Demikian penjelasan tentang manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.
Top