Umumnya Digunakan Untuk Diet, Ternyata Manfaat Beras Merah Bukan Cuma Itu

 11 Feb 2019  Wahyu Fajar
Umumnya Digunakan Untuk Diet, Ternyata Manfaat Beras Merah Bukan Cuma Itu
Image Source: pixabay.com

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada jenis beras lain yang juga mempunyai manfaat kesehatan untuk tubuh, yakni beras merah. Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet. Beras merah umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan karena beras merah mengandung gula yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan nasi putih. Disamping itu, beras merah juga sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Manfaat beras merah bagi kesehatan sangat banyak. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja manfaat untuk kesehatan tubuh agar mengetahui sumber karbohidrat yang lebih maksimal. Apa saja manfaat dari beras merah?

Manfaat beras merah untuk kesehatan

1. Mengontrol kadar kolesterol

Beras merah adalah pilihan yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat karena mengandung minyak alami. Sebuah penelitian investigatif mengungkapkan bahwa beras merah memiliki kualitas hipokolesterolemia, sehingga mengatur katabolisme kolesterol. Berisi nutrisi bermanfaat yang membantu metabolisme lipid dan glukosa.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak beras merah membantu dalam mencegah munculnya trigliserida hati karena konsumsi alkohol yang berlebihan karena adanya asam gamma-aminobutyric. Jadi, manfaat beras merah bagi kesehatan yang ini bisa diambil terutama yang sering mengonsumsi alkohol untuk mencegah kerusakan hati.

2. Mengontrol diabetes

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang kedua adalah mengontrol penyakit diabetes dan individu hiperglikemik. Beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang membantu dalam mengurangi lonjakan insulin dan membantu dalam stabilisasi kadar gula darah dalam tubuh. Asosiasi diabetes di Amerika merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral penting dalam makanan mereka. Sebuah studi perbandingan yang dilakukan dalam hal ini mengungkapkan bahwa beras merah kaya asam fitat, serat, dan polifenol penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

3. Mencegah obesitas

Apa manfaat beras merah untuk diet? Beras merah berperan dalam mengontrol berat badan bagi orang yang memerangi obesitas. Karena mengandung mangan yang membantu mensintesis lemak tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa konsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah memiliki efek positif pada tubuh sehubungan dengan pengurangan indeks massa tubuh (IMT) dan lemak.

Beras merah juga meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase, enzim antioksidan, yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL pada individu obesitas. Penelitian komparatif lain juga menganjurkan efek anti-obesitas dari beras merah yang dikecambahkan. Bagi yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, beras merah sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang diet.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Beras merah kaya akan selenium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Konsumsi biji-bijian seperti beras merah membantu mengurangi penyumbatan arteri karena penumpukan plak. Tindakan pelindung ini mengurangi risiko gangguan jantung seperti hipertensi tinggi dan penyakit vaskular. Studi yang dilakukan dalam hal ini menunjukkan bahwa jaringan di sekitar butir beras merah mengandung komponen yang bekerja melawan protein endokrin angiotensin II, yang memainkan peran utama dalam perkembangan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis.

5. Mencegah kanker

Apa manfaat beras merah bagi tubuh kita? Beras merah sangat membantu dalam pencegahan kanker usus besar, kanker payudara, dan leukemia. Efek menguntungkan ini dapat dikaitkan dengan keberadaan antioksidan kuat dan kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Kandungan serat yang ada dalam beras merah memiliki kemampuan untuk mengikat dirinya sendiri dengan racun-racun berbahaya yang menyebabkan kanker di dalam tubuh.

Komponen fenolik ini sangat berharga dalam menghambat proliferasi sel-sel kanker usus besar dan payudara. Penelitian lain mengungkapkan efek stimulasi beras cokelat berkecambah pada induksi apoptosis dan efek penghambatannya pada produksi sel-sel kanker leukimia. Selanjutnya, penelitian juga telah memvalidasi efek antitumor dari dedak beras merah untuk diet.

6. Menjaga kelembapan kulit wajah

Apa manfaat beras merah untuk wajah? Manfaat beras merah untuk kecantikan wajah yaitu mampu menjaga kelembapan kulit dan mengontrol minyak. Perawatan wajah menggunakan beras merah direkomendasikan untuk jenis kulit normal dan kulit berminyak. Kandungan dalam beras merah akan membantu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Pada kulit normal, beras merah akan mampu mengunci kelembapan pada kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang normal, jangan takut kulit menjadi kering dengan menggunakan masker beras merah ini.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Apa manfaat beras merah untuk ibu hamil? Manfaat beras merah untuk kesehatan yang ketujuh adalah meningkatkan kesehatan tulang. Beras merah sangat membantu untuk pertumbuhan tulang yang sehat terutama ibu hamil. Karena beras merah kaya akan magnesium dan kalsium, yang dapat menyediakan struktur fisik tulang. Kandungan beras merah yang kaya magnesium mencegah demineralisasi tulang dan bermanfaat untuk kondisi medis seperti arthritis dan osteoporosis.

8. Meningkatkan pertumbuhan bayi

Apa manfaat beras merah untuk bayi? Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam beras merah. Beberapa nutrisi tersebut, yaitu protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan zink. Sejumlah nutrisi ini pastinya nutrisi ini diperlukan oleh bayi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat bayi, sehingga juga membantu melancarkan sistem pencernaan bayi. Gula yang terkandung dalam beras merah juga relatif sedikit sehingga, aman untuk kadar gula darah bayi.