11 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

 17 May 2019  Wahyu Fajar
11 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Image source: alodokter.com

Apa manfaat ubi ungu? Anda pasti sering menemukan makanan dari ubi ungu. Mungkin Anda juga sering mengkonsumsinya untuk camilan atau campuran makanan saja. Tapi, apakah Anda sudah tahu manfaat ubi ungu ini?

Makanan dari ubi ungu adalah makanan yang beragam dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Banyak sekali aneka olahan dari ubi ungu disini. Ketahui pula apa saja manfaat ubi ungu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ini. Ubi ungu sangat lezat sekali saat dikonsumsi sebagai camilan, apalagi dimakan dalam kondisi yang masih hangat. Mungkin sebagian orang pasti ada yang masih beranggapan kalau ubi ungu adalah makanan kampung.

Apa manfaat ubi ungu bagi kesehatan? Selain nikmat dan enak rasanya, beragam manfaat ubi ungu juga bisa Anda rasakan secara langsung. Mulai dari menjaga berat badan hingga menurunkan tekanan darah tinggi hingga menurunkan berat badan juga. Manfaat ubi ungu bagi kesehatan ini wajib dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi tubuh baik kalsium, vitamin, protein yang dibutuhkan tubuh.

Warna ungu ini alami dari ubinya, kandungan beta karoten merupakan antioksidan yang memberi warna ungu inilah pada ubi jalar. Apabila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, ubi ungu wajib dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda sehari-hari. Simak manfaat ubi ungu lainnya di sini.

Nah, daripada Anda penasaran apa manfaat ubi ungu untuk kesehatan? Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan yang luar biasa. Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga:

Kandungan ubi ungu

Ubi ungu mengandung banyak zat gizi penting seperti zat gizi makro yang terkandung di dalam ubi ungu. Salah satunya adalah karbohidrat dan protein. Tanaman ubi ungu juga mengandung serat makanan, antosianin, antioksidan dan lemak yang sangat sedikit.

Mineral yang dikandung oleh ubi ungu di antaranya adalah kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium. Ubi ungu juga punya kandungan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A.

Manfaat ubi ungu untuk kesehatan

Apa khasiat ubi ungu? Ada beberapa manfaat ubi ungu yang perlu kamu ketahui selain digunakan sebagai camilan. Berikut ini beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Siapa sih yang tidak mau sehat terus? Ubi ungu punya kandungan antosianin dan polifenol yang bisa menekan stres akibat kerusakan oksidatif di dalam tubuh. Kandungan antiosianin bisa merangsang antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Radikal bebas yang berhasil disingkirkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai enzim antioksidan akan mengalami peningkatkan produksi. Hal ini memberikan efek positif untuk pemecahan senyawa-senyawa yang beracun agar tubuh tidak mudah sakit.

2. Mengatasi penuaan dini

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan antioksidan yang terdapat pada ubi ungu ternyata bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Kandungan antosianin inilah yang mampu memperlambat penuaan sel-sel tubuh. Mengkonsumsi ubi ungu bisa memudarkan berbagai masalah penuaan dini seperti keriput, flek hitam, bintik-bintik usia, garis-garis halus, dan lainnya.

3. Mengurangi berat badan

Manfaat ubi ungu yang satu ini pasti sangat banyak dicari. Ubi ungu punya manfaat untuk menurunkan berat badan secara alami. Anda bisa mengkonsumsi ubi ungu tanpa takut akan kandungan lemak atau karbohidrat yang tinggi karena tidak akan membuat gemuk.

Selain itu, kandungan serat dari ubi ungu juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini pun bisa menahan Anda dari konsumsi berlebih sehingga penurunan berat badan lebih mudah dicapai.

4. Meredakan peradangan

TAhukah Anda jika ubi ungu ternyata mengandung zat yang bersifat antiinflamasi? Zat tersebut dipercaya mampu meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. Pengonsumsian ubi ungu ini akan menurunkan produksi TNF-alfa.

TNF alfa yang rendah akan menghambat terjadinya peradangan seperti radang sendi, radang tenggorokan, dan lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi ubi ungu.

5. Mengatasi infeksi

Selain dapat mengatasi berbagai masalah peradangan, manfaat ubi ungu juga bisa mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Dalam ubi ungu sendiri ada zat tertentu yang memiliki sifat antibakteri. Zat tersebut akan menyingkirkan berbagai bakter penginfeksi seperti E. Coli, Salmonella, dan lainnya yang dapat memicu timbulnya penyakit.

6. Mencegah penyakit kanker

Manfaat ubi ungu selanjutnya juga bisa mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit kanker. Mengapa? Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam ubi ungu mampu menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ubi ungu mampu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah merupakan sebuah kejadian yang bisa berakibat sanagt fatal. Oleh sebab itu, pembekuan darah harus segera dicegah sebelum terlambat. Bagaimana caranya? Anda bisa mencegah pembekuan darah ini dengan mengkonsumsi ubi ungu. Ubi ungu bisa mencegah pembekuan darah karena didalamnya mengandung asam klorogenik. Proses pembentukan benang-benang fibrin mengalami pengurangan dengan adanya asam klorogenik.

8. Menjaga kesehatan hati

Apakah Anda percaya jika ternya ubi ungu ini dapat menjaga kesehatan hati? Ubi ungu dipercaya bisa menjaga dan melindungi hati dari berbagai masalah kesehatan hati. Kandungan antosianin pada ubi ungu inilah yang akan menjaga organ hati agar tetap sehat untuk mengurangi kerusakan sel-sel hati akibat zat-zat beracun.

9. Mengobati penyakit diabetes

Manfaat ubi ungu bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Manfaat ubi ungu ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Pengonsumsian ubi ungu secara rutin bisa menjaga kadar gula darah Anda agar tetap dalam keadaan normal.

10. Mengobati penyakit tekanan darah tinggi

Apa manfaat ubi ungu bagi ibu hamil? Selain mengobati penyakit diabetes, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi ubi ungu. Manfaat ubi ungu bisa menurunkan tekanan darah agar tetap berada dalam kisaran normal. Apabila tekanan darah tak kunjung reda cobalah konsultasi ke dokter

11. Mengobati asam urat

Asam urat juga merupakan masalah medis yang penting untuk menjadi perhatian karena sering terjadi. Masalah asam urat perlu diobati segera agar tidak sampai parah. Ubi ungu memiliki manfaat untuk mengobati asam urat karena ubi ungu punya kandungan antosianin di dalamnya.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat ubi ungu yang bisa Anda dapatkan setelah mengkonsumsinya rutin. Selain dapat mengobati beragam penyakit yang telah disebutkan diatas, Anda juga perlu konsultasi kedokter untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

Demikian penjelasan tentang apa saja manfaat ubi ungu ini bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.