9 Manfaat Minyak Ikan yang Luar Biasa

 16 May 2019  Wahyu Fajar
9 Manfaat Minyak Ikan yang Luar Biasa

Image source: idntimes.com

Apa saja manfaat minyak ikan? Minyak ikan sering kali menjadi salah satu bahan utama suplemen, baik dalam bentuk kapsul, pil, maupun cairan, untuk membantu mengatasi masalah kesehatan. Hal ini karena kandungan omega-3, yang bersumber dari beberapa macam ikan seperti tuna, salmon, hering, sarden, makarel, dan hati ikan kod.

Minyak ikan adalah salah satu sumber nutrisi yang juga baik untuk anak. Beberapa manfaat minyak ikan untuk anak harus Mama tahu! Minyak ikan dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Minyak ikan biasanya dijadikan sebagai salah satu bahan utama suplemen yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Minyak ikan dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Terdapat dua jenis asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi minyak ikan setiap hari. Apa manfaat dari minyak ikan yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat minyak ikan dan kaitannya dengan omega-3 di artikel wajibbaca.com berikut ini.

Baca Juga:

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dari minyak ikan jika dikonsumsi setiap hari.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Tahukah Anda bahwa minyak ikan bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik? Selain itu, mengkonsumsi minyak ikan juga dapat menurunkan trigliserida (sejenis lemak dalam tubuh yang bisa menjadi sumber energi) hingga sekitar 15-30 persen. Minyak ikan dapat mencegah plak yang terbentuk di arteri. Pada orang yang punya penyakit jantung,  minyak ikan dipercaya dapat mengurangi terjadinya aritmia yang fatal, yaitu ritme jantung abnormal yang bisa menyebabkan serangan jantung pada kasus tertentu.

2. Membantu mengobati gangguan mental tertentu

Otak Anda terdiri dari hampir 60 persen lemak, selain itu adalah asam lemak omega-3. Oleh karena itu, omega-3 sangatlah penting untuk fungsi otak yang normal.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang rendah. Mengkonsumsi minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental, seperti mengurangi risiko gangguan psikotik.

3. Membantu mengurangi berat badan dan lingkar pinggang

Obesitas secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak ikan dapat memperbaiki komposisi tubuh dan faktor risiko penyakit jantung pada orang gemuk. Ada juga penelitian yang mengatakan bahwa suplementasi minyak ikan tidak menurunkan berat badan pada individu yang obesitas secara signifikan, tetapi lebih mengurangi lingkar pinggang dan rasio pinggang terhadap pinggul. Agar lebih optimal kombinasikanlah mengkonsumsi minyak ikan dengan olahraga.

4. Membantu kesehatan mata, terutama pada usia lanjut

Lemak omega-3 merupakan bagian penting dari struktur mata. Faktanya, orang yang kurang mendapatkan asupan omega-3 memiliki risiko terkena gangguan mata yang lebih besar.

Seiring bertambah usia, kesehatan mata juga ikut menurun yang dapat menyebabkan degenerasi makular terkait usia (age-related macular degeneration atau AMD). Mengkonsumsi minyak ikan dapat membantu mencegah AMD, selain itu suplemen minyak ikan diyakini membawa hasil lebih optimal untuk kesehatan mata.

5. Mengurangi peradangan dan gejala inflamasi

Peradangan merupakan sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi dan mengobati luka. Hal ini dapat memperburuk beberapa penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, depresi dan penyakit. Minyak ikan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengobati penyakit yang menyebabkan peradangan kronis. Selain itu, suplemen minyak ikan yang dikonsumsi secara signifikan dapat mengurangi nyeri sendi pada penderita artritis reumatoid.

6. Bagus untuk kulit

Kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia serta mengandung asam lemak omega-3 yang banyak. Kesehatan kulit bisa menurun seiring bertambahnya usia. Ada sejumlah kelainan kulit yang bisa diperbaiki dari mengonsumsi minyak ikan, yaitu psoriasis dan dermatitis.

7. Membantu perkembangan janin dan kehidupan pertama bayi

Apa manfaat minyak ikan untuk ibu hamil? Asam lemak omega-3 dari minyak ikan sangat penting dikonsumsi ibu hamil. Selama masa kehamilan dan masa menyusui pada kehidupan awal bayi juga dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Suplemen minyak ikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui dipercaya dapat memperbaiki serta meningkatkan koordinasi tangan dan mata bayi.

8. Mengurangi lemak hati

Organ hati memproses sebagian besar lemak didalam tubuh Anda. Mengkonsumsi minyak ikan dapat memperbaiki fungsi hati dalam mencegah penyakit lemak di hati. Penyakit hati sering terjadi pada orang gemuk, sehingga pemberian suplemen ikan diyakini dapat membantu mengurangi lemak di hati.

9. Menurunkan risiko depresi dan kecemasan

Selain menyerang mental, depresi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Gangguan imun, gangguan pencernaan, gangguan jantung, dan masalah berat badan adalah beberapa di antaranya. Dalam sebuah penelitian, orang depresi berat memiliki tingkat omega-3 darah yang rendah. Oleh karena itu, omega-3 sangat diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gejala depresi. Dari sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa minyak ikan yang kaya akan EPA lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi daripada kandungan DHA.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat minyak ikan untuk kesehatan apabila dikonsumsi rutin. Selain itu, kombinasikan juga antara mengkonsumsi minyak ikan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal.

Demikian penjelasan tentang apa saja manfaat minyak ikan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR