Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Tidak Benyek

 30 Apr 2019  Wahyu Fajar
Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Tidak Benyek

Image Source: jajanpinggiran.com

Apa cara pembuatan tape singkong? Tape singkong adalah tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh masyarakat Indonesia ini begitu disukai banyak orang, baik orang dewasa ataupun anak-anak.

Penasaran ingin mencoba membuat tape singkong? Simak cara berikut ini untuk mendapatkan hasil yang lembut dengan rasa yang manis legit hanya di artikel ini.

Tape merupakan salah satu jenis makanan fermentasi asli Indonesia yang terbuat dari berbagai bahan dengan kandungan karbohidrat. Meskipun banyak dijual dan mudah ditemukan, ternyata tape bisa kita buat sendiri lho di rumah. Cara buatnya gak ribet dan gak bakal mengecewakan Anda.

Bagaimana cara membuat tape singkong? Nah, ingin tahu bagaimana cara pembuatannya? Langsung saja kita simak cara membuat tape singkong manis dan enak dibawah ini.

Baca Juga:

Resep dan cara membuat tape singkong

Bahan-bahan membuat tape singkong

  • 1 kg singkong muda
  • 1 butir ragi tape
(Untuk bahan-bahannya sesuiakan saja kebutuhan Anda)

Cara membuat tape singkong

  1. Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm. Tidak dipotong juga sebenarnya tidak akan terlalu mempengaruhi hasil tape, hanya saja proses pembuatannya memerlukan ruang dan wadah yang lebih besar.
  2. Bersihkan lagi dalam air yang mengalir sehingga dipastikan bersih.
  3. Kukus singkong hingga matang, namun ingat jangan sampai terlalu lembek. Jika terlalu lembek, hasil akhir juga akan lembek dan mengandung banyak air.
  4. Angkat singkong dari kukusan dan biarkan dingin, dari sini sebisa mungkin untuk tidak menyentuh singkong secara langsung karena kontaminasi zat asing dapat mengganggu fermentasi. Gunakan sarung tangan atau cukup gunakan peralatan seperti garpu untuk menata singkong.
  5. Siapkan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar ataupun bakul. Alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar serta pinggirannya.
  6. Sementara itu, remukkan ragi diatas piring jika masih berbentuk bulatan.
  7. Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan sebagian ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburi lagi dengan ragi dan seterusnya jika sisa singkong masih ada.
  8. Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi menggunakan daun pisang, dan tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
  9. Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu. Jika sudah bertekstur lembut dan gampang ditusuk oleh garpu berarti tape singkong yang kita buat sudah jadi.
Nah, itulah cara membuat tape singkong yang bisa Anda coba dirumah. Tidak terlalu sulit dan kelihatan sepele namun juga memerlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebenarnya berlaku tidak hanya untuk pembuata tape, kehigienisan menjadi prasyarat sebuah penganan memiliki kualitas yang layak dan sehat.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara membuat tape singkong. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR