20 Macam Kreasi Botol Bekas Unik dan Sangat Bermanfaat

Komentar
20 Macam Kreasi Botol Bekas Unik yang Bisa Dicoba Daripada Dibuang
Image Source: rumahmesin.com

Sampah plastik mengganggu? Anda bisa memanfaatkan limbah plastik sebagai benda bernilai tinggi. Seperti kita ketahui jika sampah dari botol bekas sering dibuang begitu saja. Kerajinan tangan dari botol bekas adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyelamatkan lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan botol plastik bekas adalah bahan limbah anorganik yang sulit untuk terurai.

Selama ini hanya sedikit orang saja yang memanfaatkan botol bekas. Padahal, jika kita ketahui sebenarnya botol plastik ini bisa diubah menjadi berbagai macam kerajinan tangan. Kita mudah sekali menemukan berbagai macam macam sampah dari botol bekas yang bisa di buat kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat.

Anda memiliki tumpukan botol bekas di rumah yang tidak tahu mau diapakan? Botol plastik merupakan diantara jenis barang bekas yang tentunya dapat kita manfaatkan menjadi bahan kerajinan.

Yuk, kreasikan sampah botol menjadi kerajinan tangan dari botol bekas yang ramah lingkungan. Mulai dari membuat lampu, pot bunga, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Kreasi botol bekas yang bisa ditiru dirumah

1. Pot Bunga

Image Source: rumahmesin.com

Jika Anda suka bercocok tanam atau suka dengan berbagai macam bunga, mungkin ide kreatif ini layak Anda coba. Tanpa perlu repot membeli pot tanaman, Anda bisa berhemat dengan menggunakan botol minuman ukuran besar.

Buat kreasi botol plastik Anda menjadi berbagai macam pot bunga yang cantik dan menarik. Cara membuat kreasi botol bekas juga cukup mudah, dengan memotong botol menjadi dua atau tiga bagian, kemudian lapisi dengan cat berwarna sesuai dengan keingingan Anda. Jangan lupa untuk memberi lubang pada bagian bawah pot untuk bisa mengalirkan air.

2. Dompet


Image Source: glints.com

Botol plastik ini juga bisa kita olah menjadi dompet kain. Caranya cukup simpel, Anda tinggal menambahkan sebuah resleting atau zipper untuk menggabungkan potongan botol plastik sehingga bentuknya berubah menjadi dompet. Cukup simpel, kan?

3. Tempat Lilin Dekoratif


Image Source: liataja.com

Anda juga bisa memanfaatkan potongan botol plastik bekas menjadi tempat lilin. Kemudian bisa Anda percantik tampilannya dengan menambahkan pasir dan batu koral berukuran kecil, atau sesuai dengan kreativitas Anda.

Desain yang sederhana pun dapat terlihat menarik. Ternyata banyak hal kecil yang tidak kita perhatikan dapat dibuat menjadi barang yang bermanfaat, tempat dari lilin ini adalah contohnya.

4. Wadah Aksesoris


Image Source: dbs.com

Bingung dimana lagi menyimpan koleksi aksesori dan perhiasan yang sudah menumpuk? Yuk manfaatkan botol plastik bekas menjadi wadah. Anda cukup menggunakan sebatang besi dan sekrup untuk menahan potongan botol yang sudah dilubangi di bagian tengahnya. Tampilannya tak kalah cantik dengan tempat aksesori ala butik lho!

5. Tirai


Image Source: rumahmesin.com

Anda mungkin pernah melihat tirai berbahan plastik, tapi bagaimana dengan tirai dari potongan botol plastik? Ya, Anda bisa mengkreasikan potongan botol plastik ini menjadi tirai yang unik dan menarik.

6. Tempat Pensil


Image Source: wowkeren.com

Ya meskipun yang satu ini sudah umum dilakukan, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba membuat kreasi tempat pensil dari botol plastik yang baru. Agar terlihat menarik, Anda bisa menghiasnya dengan cat dekoratif atau menyematkan pita.

7. Tempat Koran


Image Source: rumahmesin.com

Daripada dibiarkan menumpuk dan mengganggu pemandangan, simpan koleksi koran atau majalah di dalam rak botol plastik. Anda bisa menggunakan botol plastik berkapasitas 1 liter yang sudah dipotong bagian atasnya.

8. Rak Buku


Image Source: fimela.com

Kini tak perlu khawatir lagi jika buku dan majalah kesayangan Anda sering berserakan di tempat tidur. Tanpa perlu membeli rak buku, sekarang Anda bisa menyimpan koleksi bacaan dengan rapi dengan menggunakan book organizer dari jerigen plastik bekas.

Cara membuatnya pun juga sangat sederhana, Anda hanya perlu memotong jerigen tersebut sesuai pola di gambar atas ini. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, Anda bisa menghiasnya hingga tak ada seorang pun yang menyadari kalau kreasi ini terbuat dari barang bekas.

9. Celengan


Image Source: rumahmesin.com

Mungkin tidak ada yang akan mengira kalau celengan lucu yang Anda buat ini terbuat dari botol bekas minuman. Selain menampung dan menyimpan koin-koin, celengan ini juga bisa digunakan sebagai pajangan di meja belajar atau kantor. Bahan yang Anda perlukan adalah botol minuman bekas, gunting atau cutter, selotip warna warni, dan kertas warna warni.

Cara membuatnya pun sederhana, pertama – tama belah botol plastik menjadi dua dan sesuaikan seberapa panjang celengan yang Anda inginkan. Gunakan selotip warna warni untuk merekatkan kembali botol tersebut. Anda juga bisa mengkreasikannya sesuai dengan keingingan.

10. Wadah Multiguna


Image Source: rumahmesin.com

Selain memperpanjang umur barang bekas ini, Anda juga mendapatkan manfaat lain dari ide kreatif ini. Botol bekas dengan beragam bentuk bisa Anda ubah menjadi wadah multiguna. Sebagai tempat sikat gigi di kamar mandi hingga wadah alat tulis di meja kantor. Siapa yang akan menyangka kalau wadah tersebut adalah hasil kreasi Anda sendiri yang berbahan botol – botol bekas.

Cara membuatnya pun sederhana, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa botol plastik bekas apa saja dan kemudian potong bagian atas botol. Untuk mengubah bentuk botol, Anda bisa menggunakan alat setrika yang panas. Selanjutnya, kamu bisa menghias dengan cat air atau sticker lucu sesuai kesukaan Anda.

11. Sapu

Image Source: rumahmesin.com

Dengan sedikit usaha dan kreatifitas Anda juga dapat memanfaatkan kembali botol bekas menjadi sapu. Selain itu, kegiatan berkreasi ini dapat kita gunakan untuk menyalurkan hobi serta mengisi waktu luang.

Untuk membuat sapu dari botol bekas ini, peralatan yang diperlukan tidaklah rumit, cukup dengan menggunakan botol bekas, alat pemotong dan gagang yang terbuat dari kayu, Anda sendiri dapat membuatnya di rumah.

12. Kuas Lukisan

Image Source: rumahmesin.com

Kalau Anda menyukai hal-hal yang bersifat seni, mungkin Anda bisa membuat sebuah lukisan dengan menggunakan botol bekas sebagai pengganti kuas. Membuat lukisan dengan menggunakan bagian belakang botol bekas ini sangat mudah untuk dilakukan.

Peralatan yang dibutuhkan pun sangat sederhana namun mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Ide sederhana dan menarik, sebuah hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

13. Segel Plastik

Image Source: rumahmesin.com

Salah satu manfaat dari botol bekas yang cukup praktis adalah membuatnya sebagai penutup plastik. Yang Anda perlukan hanyalah memotong bagian atas botol dan menaruhnya pada plastik yang sudah terisi.

14. Peredam Suara

Image Source: rumahmesin.com

Siapa sangka, ternyata botol plastik ini memiliki kemampuan yang bisa meredam suara bising yang cukup baik. Anda bisa menyusun botol plastik sedemikian rupa di dalam ruangan. Salah satu contohnya adalah ruang kerja yang bisa Anda desain dengan menggunakan botol plastik sebagai media peredam suara bising.

15. Tempat Makan Hewan Peliharaan

Image Source: rumahmesin.com

Bagi Anda yang mempunyai hewan peliharaan seperti ayam, burung, kucing, dan sebagainya. Manfaatkan botol plastik ini sebagai tempat makan mereka. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan botol plastik yang ditusuk dengan kayu atau entong dimana saat burung memakan, nanti makanan dalam botol itu otomatis turun dan keluar lagi menggantikannya.

16. Alat Pengusir dan Pembasmi Nyamuk

Image Source: rumahmesin.com

Cara membuat alat pengusir dan pembasmi nyamuk dari botol bekas cukup sederhana. Pertama, Anda siapkan botol plastik bekas kemudian potong menjadi dua bagian. Bagian bawah diisi air gula dan ragi roti. Letakan bagian atas botol secara terbalik di atas potongan botol pertama. Bungkus botol tersebut dengan kertas bekas atau koran bekas. Letakkan di sudut ruangan yang gelap. Mudah dan simpel bukan?

17. Lampu Tenaga Surya

Image Source: rumahmesin.com

Mungkin cara ini bisa Anda gunakan terutama bagi Anda yang ingin menghemat penggunaan listrik. Cara membuat lampu tenaga surya dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol plastik bening. Isi botol dengan air jernih. Pasang botol di atas atap yang telah dilubangi sehingga sinar matahari masuk membus botol yang berisi air tadi.

18. Kanopi

Image Source: rumahmesin.com

Cara membuat kanopi atap rumah dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan banyak botol bekas. Isi botol bekas tersebut dengan air yang telah diberi warna. Gantung botol-botol tersebut secara rapat sehingga menjadi atap kanopi.

19. Alat Penyiram Tanaman


Image Source: kamubanget.com

Bagi Anda yang memiliki kebun di rumah, sekarang Anda bisa mengkreasikan botol plastik ini sebagai alat bantu untuk menyiram tanaman yang efektif.

Cara membuat semprotan untuk menyiram taman dari botol bekas cukup mudah. Siapkan botol bekas. Lubangilah botol tersebut dengan lubang yang banyak bisa menggunakan kawat atau paku yang dipanasi. Sambungkan bagian mulut botol dengan selang, ikat dengan kencang sehingga air keluar menyembur melalui lubang-lubang yang telah dibuat.

20. Lampion

Image Source: rumahmesin.com

Salah satu kreasi dari botol bekas ini memang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, tapi tidak ada salahnya juga kalau Anda mulai membuat berbagai macam lampion dari botol bekas ini. Selain bisa Anda gunakan sebagai dekorasi eksterior maupun interior rumah, lampion dari botol bekas ini juga bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis loh.

Cara membuat lampion dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol bekas dan sendok plastik. Potong bagian bawah botol dan potong juga gagang sendok. Tempelkan sendok-sendok tersebut di seluruh bagian botol.

Nah itulah beberapa macam cara kreasi botol bekas yang bisa Anda coba dirumah. Agar limbah plastik di masyarakat berkurang sehingga tidak mencemari lingkungan secara berlebihan.

Demikian cara kreasi dari botol bekas yang bisa ditiru. Semoga bermanfaat.
Top