Dokter Sebut 'Virusnya ganas', Bupati Situbondo Meninggal Setelah 3 Hari Kena Covid-19

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 27 Nov 2020

Dokter Sebut 'Virusnya ganas', Bupati Situbondo Meninggal Setelah 3 Hari Kena Covid-19

Bupati Situbondo, H. Dadang W. - Image from news.detik.com

Innalillahi wa inna illaihi rojiun 

Kabar duka datang dari Situbondo, diketahui Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meninggal karena Covid-19 di RSD dr Abdoer Rahem, pada Kamis (26/11/2020). Sekertaris Daerah Pemkab Situbondo ungkap analisa dokter yang menyebut, 'Virusnya ganas'

Dadang diketahui terpapar Covid-19 setelah mengikuti swab test pada Selasa (24/11/2020) dan hasilnya langsung keluar di hari yang sama. 

Kemudian Dadang masuk kategori orang tanpa gejala dan dirawat di RSD dr Abdoer Rahem, Situbondo.

Namun, setelah tiga hari sakit, tak disangka Dadang berpulang. Bupati Dadang diketahui juga memiliki penyakit bawaan yakni hipertensi. 

"Ya benar, 30 menit yang lalu (meninggal) karena Covid-19," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Akhmad Yulianto saat dihubungi Kompas.com, pada Kamis. 

Virusnya Ganas 

Belum bisa dipastikan kapan dan di mana Dadang pertama kali terpapar virus Covid-19. Hal ini dikarenakan sebelum dinyatakan positif, Dadang menjalani rutinitas yang padat selama beberapa minggu terakhir. 

Sejumlah kegiatan bupati yang terpantau dinas kesehatan di antaranya ialah menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Malang pada 16 November 2020. 

Tak hanya itu, ia juga menghadiri kegiatan Korpri di pesisir Kecamatan Panarukan pada Sabtu (21/11/2020). Selain dua kegiatan tersebut, masih ada aktivitas bupati yang merupakan acara di luar tugas kedinasan.

Sekertaris Daerah Pemkab Situbondo Syaiffulah menyebut, berdasarkan keterangan dokter, virus corona yang menyerang Bupati Dadang masuk kategori ganas.

"Menurut analisa dokter, virusnya ganas," kata dia. Bupati pun dimakamkan pada hari itu juga. 

Setelah meninggalnya bupati Situbondo tersebut, Pemprov Jawa Timur yang telah menerima laporan akan menunjuk Plh Bupati untuk mengisi kekosongan jabatan. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan duka mendalam atas kepergian Bupati Situbondo, Dadang. 

Khofifah turut mengenang almarhum adalah sosok kepala daerah yang pekerja keras, penuh integritas, dan juga sosok yang bertanggung jawab. 

Ungkapan belasungkawa tersebut diunggahnya di akun Instagram pribadi Khofifah, @khofifah.ip, pada Kamis sekitar pukul 17.30 WIB. 

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Telah berpulang ke rahmatullah Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, di RSUD dr Abdoer Rahem, Situbondo, usai menjalani perawatan medis akibat terpapar Covid-19, Kamis (26/11)," tulis Khofifah di akun Instagram-nya.

Untuk itu, jangan sekali-kali meremehkan virus corona ya, tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun berada demi mencegah penyebaran virus Covid-19. 

SHARE ARTIKEL